Destinasi Wisata Batam, Liburan 3 Negara

Destinasi Wisata Batam, Liburan 3 Negara
info gambar utama

Siapa tak kenal dengan Kota Batam? Sebuah Pulau yang dibangun oleh Alm. BJ. Habibie pada awal tahun 1960 ini terkenal dengan logistik minyak bumi-nya yang terdapat di Pulau Sambu.

Kemudian pada pemerintahan orde baru tahun 1973, Pulau Batam dijadikan sebagai zona ekonomi khusus untuk menyaingi Singapura. Melalui Badan Otorita Batam yang diketuai oleh BJ. Habibie, Batam menjelma menjadi salah satu daerah dengan tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia.

Jembatan Barelang (Batam-Rempang-Galang) dibangun sebagai lambang keberhasilan pembangunan di Pulau Batam. Letaknya yang strategis di antara 2 negara , Singapura dan Malaysia, menjadikan Batam sebagai pintu masuk pelancong yang ingin liburan ke Indonesia.

Ketika mengunjungi kota Batam, Kawan GNFI tidak hanya bisa berwisata di kota ini saja, Kawan juga disuguhkan dengan berbagai destinasi dari dua negara lainnya. Ada apa saja, ya? Yuk, disimak!

Kepri Coral Resort Batam

Kepri Coral Resort Batam

Pulau Kepri Coral adalah tempat wisata di Batam berkelas internasional yang telah dibuka sejak Januari 2019 lalu. Terletak di Jembatan 6 Barelang, Kepri Coral Resort Batam menawarkan wisata Island Hopping yang sensasional.

Kepri Coral Island merupakan paket wisata bahari yang berbeda dari yang sudah ada sebelumnya. Memadukan konsep glamping dengan Water Sport Edventures. Ditambah Sea Aquarium Apung menjadikan Kepri Coral Package sebagai tempat wisata mengagumkan di Batam.

Pulau Ranoh Batam

Pulau Ranoh Batam

Pulau Ranoh adalah satu dari banyak obyek wisata dari gugusan Pulau Abang, Batam, Kepulauan Riau. Pulau Ranoh memiliki pasir pantai yang menimbulkan pada pemukaannya, sehingga membentuk sebuah semenanjung kecil ke laut dalam dengan air laut yang jernih dan tenang.

Adapun aktivitas yang bisa dijajal sekaligus menjadi unggulan adalah water sports. Di sana, wisatawan bisa keliling perairan menggunakan perahu kano, bermain banana boat, jetski, ocean rafting, water floating, flying fish, dan snorkeling.

Sea Forest Adventure Park

Sea Forest Adventure Park - Tempat Wisata Tour Batam

Sea Forest Adventure Batam sebuah taman seluas 10 hektar yang dipenuhi dengan banyak kegiatan luar ruangan. Ini seperti olimpiade yang bertemu dengan rumah goyang, dengan penjaga untuk membuat Kawan tidak tenggelam.

Pa-Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage

Pa-Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage Batam

Vihara ini terletak di atas bukit. Keberadaannya menarik perhatian traveler setelah sejumlah foto dari spot menarik seputar vihara menyebar di media sosial. Apabila bertandang ke Vihara Pa Auk Tawya Vipassana Dhura Hermitage, sekitar jarak 1 km menjelang vihara, bangunannya sudah bisa terlihat. Vihara yang terletak di Pulau Rempang, setelah Jembatan 4 Barelang ini digunakan untuk sembahyang dan meditasi para pemeluk agama Budha.

Nongsa Point Marina & Resort

Nongsa Point Marina & Resort

Tempat ini merupakan sebuah penginapan dengan pemandangan yang mempesona. Kawan tidak bisa masuk ke area ini jika tidak bisa menunjukan bukti Reservasi Hotel. Biasanya tour and travel Batam menjual paket free and easy Nongsa Point Marina & Resort untuk bisa menikmati suasana indah di sini.

The Illusion

The Illusion Batam

Tempat ini merupakan tempat bagi Kawan yang menyukai swafoto. Ada banyak foto ilusi yang menakjubkan menjadi latar belakang untuk membuat foto Kawan menjadi menarik. Untuk harga tiket masuknya sekitar Rp80.000/orang, ya.

Taman Engku Putri dan Welcome to Batam

Tempat Wisata Taman Engku Putri Dan Welcome To Batam - Tempat Wisata Tour Batam

Taman Engku Putri Dan Welcome To Batam menjadi tempat berkumpul warga Batam di sore hari. Ada banyak jajanan khas Kepulauan Riau di tempat ini. Terletak di pusat Kota Batam, menjadikan Taman Engku Putri dan Welcome To Batam wajib Kawan singgahi saat liburan Ke kota ini.

Jembatan Barelang

Jembatan Barelang Batam - Tempat Wisata Tour Batam

Jembatan Barelang menghubungkan Pulau Batam, Pulau Rempang, dan Pulau Galang. Nama Barelang sendiri adalah singkatan dari Pulau Batam, Rempang, dan Galang . Dijuluki sebagai ”Golden Gate”-nya indonesia, Jembatan Barelang menjadi tempat yang wajib dikunjungi saat Kawan berlibur ke Batam.

Tempat ini sangat ramai saat sore hari. Banyak penjual jajanan rakyat yang bisa Kawan nikmati di sini, seperti jagung bakar, kepiting rebus, dan kelapa muda.

Pulau Galang Ex Penampungan Vietnam

Pulau Galang Eks Penampunagn Vietnam - Tempat Wisata Tour Batam

Nama Pulau Galang sudah terkenal dari dulu. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di mancanegara, khususnya Vietnam. Duluny , pulau tersebut sempat menjadi kampung pengungsian warga Vietnam pada tahun 1979-1996.

Kampung Vietnam itu kemudian menjadi salah satu objek wisata yang berada di Pulau Galang. Di tempat itu hingga saat ini masih terdapat peninggalan dari pengungsi Vietnam dan masih dijaga dan dilindungi.

Selain tempat wisata di atas, pastikan jika Kawan berlibur ke Batam untuk membawa pasport, ya. Karena kurang lengkap rasanya main ke batam tanpa berwisata ke luar negeri yang dekat dari sana.

Untuk mencapai Singapore dan Johor Baru dari Batam, Kawan hanya memerlukan waktu kurang lebih 1 jam 20 menit dengan menggunakan kapal cepat. Untuk harga tiket Ferry Batam Singapore dan Batam Johor baru hanya sekitar Rp350.000/orang (Pergi-Pulang).

Jadi, jika Kawan punya rencana berlibur, Pulau Batam bisa menjadi pilihan untuk bisa menikmati sensasi liburan di 3 Negara, yaitu Indonesia, Singapura, dan Malaysia.*

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini