10 Provinsi dengan Museum Terbanyak di Indonesia

10 Provinsi dengan Museum Terbanyak di Indonesia
info gambar utama

Kawan GNFI, Indonesia memiliki banyak sekali sejarah dari masa ke masa. Selain itu negara ini juga memiliki beragam budaya, seni dan adat yang perlu diketahu generasi muda saat ini dan generasi mendatang. Museum adalah salah satu tempat yang menyimpan segudang informasi budaya, seni, adat istiadat hingga sejarah Indonesia yang tersusun rapi.

Dari museum seseorang bisa mengetahui dan mempelajari peristiwa dan keberagaman tersebut. Museum sebagai tempat menyatukan keberagaman Indonesia serta pelestarian budaya dan oleh karena itu penting adanya museum di suatu daerah.

10 Provinsi Pemilik Museum Terbanyak di Indonesia
info gambar

Menurut data dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Indonesia memiliki total 439 museum yang tersebar di penjuru negeri. Berikut 10 Provinsi yang memiliki jumlah museum terbanyak di Indonesia

  1. Jawa Timur
Museum Tubuh Bagong © batukita.com
info gambar

Jawa Timur memiliki 63 museum dari total 439 museum di Indonesia. Beragam tema museum bisa ditemukan di sini mulai dari museum satwa, seni, angkutan, arkeolog, sejarah, militer, tubuh manusia hingga kesehatan jiwa ada di Jawa Timur.

  1. Jawa Tengah
Museum Lawang Sewu © bobo.grid.id
info gambar

Selisih satu angka di bawah Jawa Timur, Jawa Tengah memiliki 62 museum yang bisa dijelajahi. Beberapa museum yang khas Jawa Tengah seperti Museum Lawang Sewu, Museum Keraton Surakarta dan Museum Batik Pekalongan sayang sekali untuk dilewatkan jika berada di Jawa Tengah.

  1. DKI Jakarta
Museum Nasional © kemdikbud.go.id
info gambar

Selain Fatahillah, Jakarta memiliki banyak museum yang sayang dilewatkan salah satunya Museum Nasional Republik Indonesia. Museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara ini terdiri dari museum arkeologi, sejarah, etnografi dan geografi. Saat ini Jakarta tercatat memiki sebanyak 61 museum.

  1. Jawa Barat
Museum Geologi Bandung © barayakita.ocm
info gambar

Setiap provinsi memiliki museum khas nya masing-masing. Di Jawa Barat sendiri ada 41 museum yang tersebar di berbagai Wilayah seperti Ciamis, Karawang, Cirebon, Bogor, Depok, Subang dan yang paling banyak berada di Bandung.

  1. DI Yogyakarta
Museum Gunungapi Merapi © nativeindonesia.com
info gambar

Selain pergi ke Malioboro tak ada salahnya menyempatkan safari sejarah di museum-museum Yogyakarta. Provinsi ini memiliki sebanyak 35 museum yang menunggu untuk dijelajah, seperti Museum Gunungapi Merapi, Museum Benteng Vredeburg, Museum Nasional Jogja dan masih banyak lainnya.

  1. Bali
Museum The Blanco © pegipegi.com
info gambar

Dari total 33 museum, dua museum di Bali berhasil memenangkan kategori Museum Unik dan Museum Bersahabat dari ajang Indonesia Museum Award (IMA) 2019 lalu. Museum pulau dewata yang membawa penghargaan tersebut adalah The Blanco Renaissance untuk kategori Museum Bersahabat dan Museum Patung Burung Universitas Udayana untuk Museum Unik.

  1. Sumatera Utara
Museum Negeri Sumatera Utara © tempatwisata.pro
info gambar

Masyarakat Sumatera Utara maupun wisatawan bisa mengunjungi museum-museum yang ada di Sumatera Utara. Berikut beberapa rekomendasi museum versi tripadvisor.com yaitu Rumah Thong A Fie, Pusat TB Silalahi (Museum Balige), Museum Huta Bolon Simanindo Batak, Rachmat International Wildlife Museum & Gallery, dan terakhir Museum Negeri Provinsi Sumatera Utara.

  1. Sulawesi Selatan
Museum La Galigo © flickr.com
info gambar

Dari 16 museum di Sulawesi Selatan, terdapat salah satu museum tertua di Sulawesi Selatan yaitu Museum La Galigo yang dulu bernama Celebes Museum dan didirikan tahun 1938 oleh pemerintah Hindia Belanda. Di museum ini terdapat peninggalan kerajaan-kerajaan yang pernah berkuasa di Sulawesi Selatan yakni Kerajaan Luwu, Bone, Gowam Sawitto, dan Wajo.

  1. Sumatera Barat
Museum Adityawarman © ttnotes.com
info gambar

Sebanyak 12 museum di Indonesia berasal dari Provinsi Sumatera Barat. Museum Gudang Ransum Sawahlunto di Sumatera Barat berhasil memenangkan Indonesia Museum Award 2019 lalu dengan kategori Museum Lestari. Museum Gudang Ransum Sawahlunto juga berhasil menjadi satu-satunya pemenang dari Sumatera dengan satu piala dari total lima nominasi penghargaan.

  1. Aceh
Museum Tsunami Aceh © bisnis-cdn.com
info gambar

Jika berbicara mengenai museum di Aceh mungkin yang terlintas di pikiran adalah Museum Tsunami Aceh. Museum tersebut dibangun pada 2008 dan dibuka untuk umum pada 2011. Museum ini didirikan untuk mengenang peristiwa tsunami aceh pada 26 Desember 2004 silam, sekaligus sebagai simbol kebangkitan masyarakat Aceh. Selain Museum Tsunami Aceh masih ada delapan museum lainnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Sumber : databoks.katadata.co.id | detik.com | kumparan.com | tripadvisor.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini