Infrastruktur Daring Pendukung Pembelajaran di Rumah

Infrastruktur Daring Pendukung Pembelajaran di Rumah
info gambar utama

Terhitung sejak Maret 2020 lalu, pandemi COVID-19 yang bermula merebak dari salah satu daerah di Negara China, menemukan titik temunya di Indonesia. Dampak yang ditimbulkan begitu besar dan mempengaruhi berbagai komponen serta lapisan masyarakat. Berbagai macam sektor dalam negeri terganggu dan terhambat, pun tidak sedikit dari mereka yang menghentikan kegiatannya ber-operasi. Terkhusus pada sektor pendidikan, dimana pandemi COVID-19 menghambat pergerakan sistem yang pada akhirnya mengharuskan pemerintah untuk membuat kebijakan pendidikan yang baru, berupa kegiatan pembelajaran yang dilakukan di rumah secara daring. Hal tersebut merupakan tindakan preventif dari pemerintah untuk mengurangi dan menghambat penyebaran virus COVID-19 lebih banyak.

Aktivitas dan kegiatan pembelajaran di rumah dalam masa pandemi COVID-19, mengandalkan kekuatan teknologi dan telekomunikasi. Berbagai metode dan infrastruktur pendukung pembelajaran berbasiskan teknologi dan telekomunikasi seperti situs web dan aplikasi di inisiasi dan terus diperkenalkan serta disosialisasikan kepada berbagai pihak, sebagai langkah perubahan kebijakan sistem pembelajaran. Namun, tidak sedikit juga yang menyerukan ketidak-setujuan terhadap kebijakan yang diterapkan, dengan dalih bahwa kebijakan terseut dapat menurunkan produktifitas para pelajar dan mahasiswa.

Kini, ragam infrastruktur gratis di situs web, serba-serbi aplikasi pada gawai pun kian terus bertambah macam dan fungsinya, mengikuti banyaknya permintaan, minat, perubahan serta kebutuhan akan platform dan situs belajar dengan efektivitas yang tinggi. Berikut beberapa aplikasi dan situs web apik yang dapat mempermudah kegiatan pembelajaran, juga meningkatkan produktifitas pelajar dan mahasiswa saat di rumah.

  1. Polar (getpolarized.com)

Beberapa pelajar dan mahasiswa mungkin belum mengenal situs web satu ini. Dilansir dari laman Polar (getpolarized.com), berbagai fitur apik seperti anotasi, flashcards, progress tracking, flagging dan reviews disediakan demi memudahkan pengguna dalam membaca. Tidak hanya itu, fitur folder juga filter untuk dokumen yang ditandai atau diarsipkan, dapat digunakan untuk membuat bacaan yang ingin dibaca lebih terprioritaskan dan terkelola dengan baik.

Berbagai fiturnya juga tentu mempermudah pengguna dalam menggunakan jurnal atau buku, seperti menandai, mengutip dan mencari rujukan, yang tentunya sangat memudahkan mahasiswa dalam pengerjaan tugas, terutama untuk para pejuang skripsi! Situs ini dapat menampung semua bacaan pada satu tempat (epub, pdf, halaman web) sebanyak hingga 100 dokumen secara gratis, atau berlangganan untuk menampung dokumen lebih banyak.

Situs ini juga dapat mengurutkan bacaan berdasarkan kolom apa pun untuk membuat antrean membaca, mencampur, serta mencocokan yang di atas untuk membuat menyesuaikan repositori pengguna.

  1. Goodwall

Berbeda dengan aplikasi untuk pelajar atau mahasiswa pada umumnya yang bertujuan sebagai penyedia layanan pendidikan, seperti kelas online dan kursus, aplikasi Goodwall mengutamakan fitur dan fungsinya pada social networking, informasi dan penyediaan beasiswa, peluang pekerjaan, perlombaan, sharing, pitching ideas, bergabung dengan berbagai komunitas, program kerelawanan dan masih banyak hal lainnya.

Dilansir dari situs resmi Goodwall (goodwall.io), aplikasi ini telah menghubungkan lebih dari 1 juta lebih pelajar dari 150 lebih negara di dunia, hal tersebut tentunya merupakan ajang baik bagi para pelajar dan mahasiswa Indonesia untuk mengembangkan eksistensinya, menyebarkan ide dan program-program terkait isu-isu atau krisis-krisis yang ada atau memperluas jaringan, relasi dan koneksi secara global. Teman-teman pengguna dapat mengakses dan mengunggah aplikasi ini pada PlayStore atau App Store secara gratis. Tidak hanya itu, berbagai kesempatan juga ditawarkan demi meningkatkan produktifitas pelajar dan mahasiswa.

  1. Slidesgo (slidesgo.com)

Slidesgo, merupakan situs web menarik lainnya yang dapat meningkatkan produktifitas pelajar dalam hal presentasi. Sebanyak 600+ template dengan tema dan desain yang bervariasi, di sediakan dan dapat diunggah secara gratis di situs ini. Selain menyediakan berbagai background atau template untuk powerpoint yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, Slidesgo juga menyediakan berbagai tips dan tutorial untuk membuat presentasi yang menarik, memikat dan efektif.

  1. Office Lens

Mem-foto papan tulis, dokumen atau tugas yang buram dan tidak presisi, sering kali mengganggu dan menyulitkan banyak orang, terutama bagi pelajar dan mahasiswa yang tidak jarang untuk mem-foto beberapa informasi atau catatan yang tidak sempat tertulis. Aplikasi satu ini tidak kalah menarik dari aplikasi dan situs web yang telah dibahas, lho! Terobosan dari Microsoft Office ini sangat memudahkan pelajar dan mahasiswa dalam mendapatkan informasi dari dokumen, papan tulis, kartu nama, memo atau apa pun yang berisi teks, baik berupa ketikan atau tulisan tangan agar lebih jelas, rapi dan presisi.

Hebatnya, aplikasi ini dapat menangkap gambar atau tulisan dari berbagai sudut, dan menghilangkan bayangan yang terkadang mengganggu penampilan dari foto itu sendiri, menjadikannya foto yang rapi, jelas, presisi dan mudah dilihat. Aplikasi ini dapat diunggah secara gratis di PlayStore dan App Store. Sangat cocok untuk pelajar dan mahasiswa yang ingin mengubah tulisan tangan menjadi sebuah dokumen yang interaktif.

Itu dia beberapa infrastruktur pendukung pembelajaran berupa aplikasi dan situs web yang bisa di dapatkan dan di aplikasikan secara gratis, yang dapat meningkatkan produktifitas dan kinerja kita dalam pengerjaan tugas dan kegiatan pembelajaran dirumah. Jangan lupa untuk tetap semangat belajar dan belerja, stay safe dan stay healthy!

Penulis: Syifa Nur Faridah Maryono - Mahasiswa Universiti Utara Malaysia

Editor: Tim Pengolah Artikel PPI Dunia

"Program Menulis Bersama PPI Dunia"

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini