Tips Sukses Jadi Anak Magang Penuh Kesan

Tips Sukses Jadi Anak Magang Penuh Kesan
info gambar utama

Melakukan kegiatan magang merupakan bagian dari pelatihan kerja di sebuah perusahaan, untuk menerapkan kompetensi yang telah dipelajari selama masa pendidikan. Magang dapat menjadi kesempatan berharga, karena bisa merasakan pengalaman terjun langsung untuk memahami sistem kerja profesional di dunia kerja sesungguhnya. Selama menjalani magang, Kawan akan banyak menerima pengetahuan dan pengalaman baru, sehingga lebih siap menghadapi dunia kerja.

Jangan biarkan masa magang Kawan berlalu begitu saja. Ciptakanlah kesan positif, sehingga Kawan tidak mudah dilupakan. Berikut beberapa tips magang yang perlu Kawan terapkan.

Ilustrasi | Foto: pexels.com
info gambar

1. Kenali perusahaan tempat magang

Sebelum memulai magang, Kawan harus mengenal betul perusahaan yang akan menjadi tujuan tempat magang. Maka dari itu, penting bagi Kawan melakukan riset. Kawan dapat mencari informasi dengan membaca situs perusahaan, atau bertanya pada kenalan yang bekerja di perusahaan tersebut. Pahami juga budaya di sana untuk mempersiapkan diri dengan baik.

Setelah mengetahui informasi tentang perusahaan, bisa jadi Kawan akan semakin tertarik dan termotivasi untuk bekerja di sana karena perusahaan menawarkan beberapa hal yang sesuai dengan keinginan Kawan. Seperti suasana kantor yang kekinian, rekan kerja yang mendukung, pengalaman belajar menyenangkan, adanya pelatihan pengembangan diri, dan sebagainya.

2. Disiplin dan menjaga etika

Tahukah Kawan? Kawan dapat membentuk kesan pertama mengenai diri Kawan hanya dengan 7 detik. Jadi, selalu sebarkan energi positif kepada sekitar, ya. Jangan menganggap magang menjadi hal sepele. Kawan harus tetap disiplin dan menjaga etika sebaik mungkin.

Upayakan datang tepat waktu, bahkan sebaiknya datang sebelum waktu yang ditentukan. Junjung tinggi etika kerja dan sikap sopan, serta patuhi aturan yang berlaku. Sebab, ini dapat menciptakan reputasi baik bagi Kawan.

3. Sesuaikan diri dengan budaya perusahaan

Penting untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru. Pasalnya, setiap perusahaan pasti memiliki budaya yang berlaku dalam bentuk aturan tak tertulis. Oleh karena itu, Kawan harus memperhatikannya.

Berpenampilan dengan rapi, sopan, dan nyaman, serta selaraskan dengan penampilan karyawan yang ada di perusahaan tersebut. Namun, tetap jadi dirimu sendiri, ya. Sikap ini akan memperlihatkan seberapa profesionalnya Kawan saat bekerja, dan juga menjadi refleksi dari kepribadian.

4. Belajar proaktif dan selesaikan kewajiban tepat waktu

Kawan, buktikan bahwa Kawan mampu belajar dengan cepat dan perusahaan tidak salah memilih. Atur waktu secara bijak dan selesaikan kewajiban dengan tepat waktu. Jangan menunda pekerjaan, meski perusahaan memberi kebebasan dan tak mengawasi.

Kawan harus menjadi anak magang yang proaktif dan penuh inisiatif. Jika kewajiban telah selesai, Kawan dapat bertanya apakah ada pekerjaan lain yang bisa dibantu. Pelajari semua yang Kawan bisa. Tunjukkan bahwa Kawan memiliki nilai tambah dengan etos kerja yang baik. Dengan begitu, perusahaan layak mempertimbangkan Kawan di kemudian hari untuk menjadi karyawan tetap di tempat magang tersebut.

5. Aktif bertanya dan minta tanggapan

Tak perlu sungkan untuk bertanya dan meminta arahan jika belum paham dengan tugas yang diberikan. Hindari sikap ceroboh dan terburu-buru. Periksa ulang pekerjaan sebelum diserahkan agar minim kesalahan. Namun, jika membuat kesalahan, Kawan harus bisa menerima kritik dan saran.

Selalu biasakan meminta tanggapan dari rekan kerja sebagai evaluasi kinerja. Dengarkan evaluasi tersebut dan terapkan untuk tugas berikutnya. Dengan begitu, Kawan akan lebih mudah menguasai bidang pekerjaan dan memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Ilustrasi | Foto: pexels.com
info gambar

6. Bangun relasi dan komunikasi yang baik

Menjalin relasi dan melakukan komunikasi dengan baik selama magang akan sangat mempermudah pekerjaan. Kawan bisa mulai berkenalan dengan rekan-rekan kerja. Jauhkan sikap tak peduli saat bekerja, dan jadilah orang yang ringan tangan serta mudah bekerja sama.

Tampillah sebagai pribadi yang ramah dan menyenangkan, sehingga banyak rekan kerja yang merasa nyaman dan senang menjalin relasi dengan Kawan. Jadi, meskipun masa magang telah selesai, Kawan masih tetap bisa menjalin komunikasi dengan senior di tempat magang.

7. Ucapkan terima kasih

Ingatlah untuk berterima kasih kepada perusahaan dan rekan kerja yang telah membantu Kawan selama masa magang. Jika tidak bisa mengucapkan secara langsung, Kawan dapat menulis ucapan terima kasih dengan tulisan tangan disertai menuliskan kebaikan-kebaikan mereka. Sampaikan betapa Kawan menghargai sikap baik dan penerimaan mereka atas kehadiran Kawan.

Itulah tips yang bisa Kawan lakukan ketika sedang melakukan magang. Jangan sia-siakan waktu dan kesempatan masa magangmu, ya. Tinggalkan jejak penuh kesan bagi rekan kerja dan perusahaan. Selamat magang dan semoga sukses! (RIF)

Sumber: Cermati.com | Hipwee

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Kawan GNFI Official lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Kawan GNFI Official.

Terima kasih telah membaca sampai di sini