Produk Lokal Mobil Suzuki Dominasi Penjualan Domestik

Produk Lokal Mobil Suzuki Dominasi Penjualan Domestik
info gambar utama

Kawan GNFI, di saat pasar kendaraan roda empat nasional turun sekitar 50 persen pada tahun 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mampu bertahan cukup baik pada periode Januari-Desember 2020 dengan raihan wholesales 65,9 persen dan retail sales 70,4 persen jika dibandingkan dengan performa periode yang sama tahun 2019.

Kendaraan buatan dalam negeri yang diproduksi di Cikarang dan Tambun, Bekasi, mendominasi raihan tersebut dengan kontribusi lebih dari 90 persen terhadap total penjualan nasional Suzuki selama 2020.

''Tahun 2020 adalah tahun yang berat untuk industri otomotif. Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta melakukan adaptasi operasional diler selama saat pandemi dengan Suzuki Hygiene Commitment,'' terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, dalam siaran pers perusahaan, Rabu (13/1/2021).

''..Kontribusi produk lokal Suzuki tahun 2020 sebesar 91,1 persen untuk wholesales dan 90,6 persen untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri.”

Suzuki Carry pikap dan XL7 mendominasi

Suzuki carry pikap
info gambar

Dalam catatan itu, kendaraan produksi lokal yang berkontribusi paling tinggi pada penjualan tahun lalu adalah New Carry pikap dan XL7. Sepanjang 2020, wholesales New Carry pikap berkontribusi sebesar 57,6 persen, sementara retail sales-nya berkontribusi 57,9 persen terhadap penjualan nasional Suzuki.

Boleh jadi, moncernya Suzuki Carry pikap dikarenakan kebutuhan logistik di masa pandemi Covid-19 yang begitu tinggi, sehingga layanan pengiriman barang antar perusahaan pun memiliki permintaan yang tak sedikit.

Untuk kendaraan penumpang, Extraordinary SUV Suzuki, yakni XL7, menjadi kontributor terbesar dengan raihan 14,9 persen untuk wholesales, dan 11,8 persen untuk retail sales. XL7 menjadi salah satu tulang punggung (backbone) penjualan Suzuki beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4 persen pada wholesales dan 13,3 persen pada retail sales.

Suzuki MPV XL7
info gambar

''Terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk Suzuki, terutama produk buatan dalam negeri. Dukungan dan kepercayaan masyarakat di tahun 2020 serta semangat keberadaan Suzuki yang telah mencapai 50 tahun di Indonesia semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi pada pemulihan industri otomotif Tanah Air,'' ucap Donny.

''...Tidak hanya itu, kami juga terus memastikan seluruh operasional Suzuki di Indonesia termasuk diler serta produk yang diterima konsumen sesuai dengan protokol kesehatan dan telah melalui proses desinfektan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan,'' pungkasnya.

Selain New Carry pikap, XL7, dan All New Ertiga, produk lainnya yaitu APV dan Karimun Wagon R juga merupakan produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki baik di dalam negeri maupun pasar ekspor.

Artikel ini dibuat oleh Penulis Terverifikasi GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini