Sejarah Hari Ini (9 Maret 2014) - Museum Angkut, Tempat Koleksi Transportasi Zaman Baheula

Sejarah Hari Ini (9 Maret 2014) - Museum Angkut, Tempat Koleksi Transportasi Zaman Baheula
info gambar utama

Museum Angkut menjadi salah satu destinasi wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu, Jawa Timur.

Musum ini dibangun oleh Jawa Timur Park Group yang sebelumnya pernah membangun sejumlah proyek tempat wisata, di antaranya Batu Secret Zoo, Jatim Park I, dan Eco Green Park.

Dibuka pada 9 Maret 2014, Museum Angkut Batu Malang telah mendapat sertifikat sebagai satu-satunya tempat wisata pertama berkonsep angkutan di Indonesia.

Di Museum Angkut pengunjung tak hanya disuguhkan dengan koleksi jenis-jenis kendaraan zaman dulu hingga sekarang, tapi juga belajar menyetir pesawat terbang.

Koleksi otomotif jadul di Museum Angkut Malang
info gambar

Bukan pesawat terbang sungguhan tentunya, karena pengalaman belajar terbang dilakukan lewat flight simulator dengan replika pesawat.

Museum Angkut menyimpan koleksi yang dibagi beberapa zona, yakni Zona Edukasi, Zona Batavia dan Sunda Kelapa, Zona Jepang, Zona Amerika, Zona Flight Training, dan Zona Eropa.

Di dalamnya ada kurang lebih dari 300 koleksi alat transportasi yang terpajang di atas area seluas 3,8 hektare ini.

Selain tempat koleksi, pengunjung juga bisa rehat di kawasan kuliner di restoran terapung atau yang disebut Pasar Apung.

Menurut Travels Promo, pengunjung bisa masuk ke Museum Angkut dengan tiket Rp80 ribu per orang.

---

Referensi: Sri Januarti Rahayu, "Buku Pintar Museum di Indonesia & Dunia" | Maria Fransiska Merind, "Telusur Jawa Timur"

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini