Pesona Sapo Juma Berlatar Danau Toba

Pesona Sapo Juma Berlatar Danau Toba
info gambar utama

#WritingChallengeGNFI #CeritadariKawanGNFI

Menyimpan banyak pesona dari segala sudut, tidak heran jika Danau Toba dikenal menjadi destinasi utama di Sumatra Utara. Namun, tidak hanya danau yang memiliki keindahan, banyak pula lokasi wisata eksotis yang bisa dikunjungi oleh wisatawan di sekitar wisata Danau Toba. Sapo Juma adalah salah satu destinasi wisata taman bunga yang memiliki latar Danau Toba.

Sapo Juma berasal dari bahasa Batak Karo, yakni 'sapo' yang berarti pondok dan 'juma' yang berarti ladang. Nama Sapo Juma dipilih karena lokasinya yang sangat rindang serta dipenuhi banyak tanaman. Mulai dari bunga kecil hingga berbagai macam pohon yang menyerupai perkebunan, serta tempat berteduh layaknya sebuah pondok.

Pemandangan Sapo Juma dari atas | Foto: Youtube Go Adventure Indonesia
info gambar

Lokasi Sapo Juma tidak jauh dari Air Terjun Sipiso-Piso, hanya berjarak sekitar 900 meter atau menghabiskan waktu sekitar 15 menit. Tepatnya, Sapo Juma berada di Jalan Tongging-Silalahi, Tongging, Merek, Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

Rute menuju Sapo Juma bisa melalui beberapa alternatif, yakni melalui gerbang retribusi kemudian pilih jalur kanan di persimpangan. Rute lain, bisa melewati Gajah Bobok atau pun bisa melewati jalur Lintas Merek – Sidikalang. Untuk memasuki area Sapo Juma, cukup dengan membayar Rp20.000 per orang sudah bisa menikmati banyak fasilitas, termasuk parkiran yang aman.

Menyusuri Hamparan Pesona Sapo Juma

Hamparan taman bunga di Sapo Juma | Foto: Eljohnnews
info gambar

Luasnya hamparan bunga beraneka warna menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bunga yang ditata dan dikelola dengan baik, menambah pesona jika dipandang dari jauh. Di tengah taman juga terdapat tapak sehingga alas kaki kita tidak perlu terkena tanah atau merusak tanaman.

Taman bunga berada di puncak perbukitan Tongging dengan bentuk lokasi yang melandai seperti lembah. Di bagian tengah taman dibangun gazebo unik nan mewah berwarna putih yang bisa digunakan untuk beristirahat sekaligus menara pandang karena dari gazebo, pemandangan terlihat indah dan jelas ditambah pesona Danau Toba dari kejauhan.

Yang menjadikan kawasan wisata ini istimewa adalah panorama eksotis Danau Toba. Oleh karena itu, wisatawan dominan menempuh perjalanan yang jauh menuju Sapo Juma untuk menikmati keindahan alamnya yang langsung menghadap ke Danau Toba. Mata akan dimanjakan dengan pesona telaga vulkanik terbesar dengan angin sepoi yang berhembus menambah suasana ketenangan.

Gazebo di Sapo Juma | Foto: Travelspromo
info gambar

Setiap kaki melangkah, akan selalu ada tempat bagi para wisatawan untuk bersantai dan beristirahat, seperti bangku panjang dari kayu, bangku terbuat dari batu, ayunan panjang, gazebo, bahkan pondok. Hamparan rumput di kawasan Sapo Juma menambah suasana asri.

Sapo Juma juga menyediakan sebuah kafe dan restoran yang terdapat hidangan pilihan untuk santap kuliner para wisatawan. Hidangan yang disediakan diolah dari bahan organik dengan racikan bumbu spesial ala Sapo Juma.

Bagi para pecinta alam, Sapo Juma menjadi pilihan yang tepat untuk berkemah, karena pihak pengelola menyediakan area kemah yang langsung menghadap Danau Toba. Lokasi yang tidak landai dan tidak curam akan memudahkan wisatawan untuk membangun tenda, serta didukung dengan fasilitas seperti toilet dan ketersediaan air, serta tempat ibadah.

Jika Kawan ingin lebih lama di sana, Kawan juga bisa memesan homestay dengan harga sekitar Rp600.000 per malam untuk 2 orang per kamarnya. Kemudian untuk berkembah. tenda dewasa dibanderol seharga Rp150.000 per malam dan untuk anak-anak Rp90.000 per malam. Menyewa atribut kemah lainnya seperti sleeping bag Rp25.000 per satuan.

Sapo Juma sebenarnya adalah sebuah villa atau guest house yang langsung menghadap ke arah Danau Toba dan yang membuatnya menarik adalah beragamnya jenis tumbuhan yang dirawat oleh pihak pengelola. Dengan perpaduan keindahan Danau Toba dan lahan luas yang berisi bunga beraneka warna, villa ini menjadi tempat menginap yang sempurna.

Tidak hanya untuk berkunjung dan menginap, lokasi ini juga sering dijadikan tempat prewedding. Hal yang berbeda dan unik adalah tidak adanya sampah di sekitar Sapo Juma. Sedari awal memasuki jalan area Sapo Juma, wisatawan dikelilingi oleh taman yang berpagar di sebelah kanan dan kiri wisatawan dengan jalan yang bersih tanpa sebiji sampah.

Begitu juga di dalam taman dan area penginapannya. Objek wisata ini juga memiliki kamar mandi yang unik dan bersih, serta tempat sampah yang tersedia juga menjadi poin utama dalam berwisata.

Tidak hanya Sapo Juma yang menawarkan pemandangan Danau Toba secara langsung, Kawan bisa mencari destinasi menarik lainnya melalui Instagram Atourin. Kamu juga bisa melihat pengalaman unik dari traveller lainnya, serta tips dan trik untuk berlibur.

Referensi:Travels Promo | Eljohnnews

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini