Sejarah Hari Ini (24 Maret 1956) - Peresmian Stadion Siliwangi Diwarnai Kemenangan Timnas

Sejarah Hari Ini (24 Maret 1956) - Peresmian Stadion Siliwangi Diwarnai Kemenangan Timnas
info gambar utama

Stadion Siliwangi yang terletak di Jalan Lombok, Bandung, Jawa Barat merupakan stadion sepak bola milik klub Persib Bandung. Stadion ini dibangun di atas tanah milik Komando Daerah Militer (Kodam) pada 1 Januari 1954.

Pada 24 Maret 1956 atau tepat 10 tahun peristiwa Bandung Lautan Api, Stadion Siliwangi diresmikan. Menurut laporan Java Bode, peresmian stadion dilakukan pada pukul tiga sore dan dihadiri Panglima Tentara dan Teritorium III, Kolonel Inf Alexander Evert Kawilarang.

Stadion Siliwangi.
info gambar

Acara pembukaan stadion diwarnai upacara kemiliteran serta pengibaran bendera nasional. Selain itu, pihak panitia juga melepaskan beberapa lusin burung merpati dan balon udara yang mengusung bendera bertuliskan Stadion Siliwangi.

Selepas upacara, sebuah laga persahabatan sepak bola juga dihelat. Dijadwalkan saat itu timnas Indonesia mesti berhadapan dengan kesebelasan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD).

Timnas Indonesia yang dilatih pelatih asing Antun "Toni" Pogacnik bermain full team. Sejumlah pilar andalan mengisi lini depan, seperti Jasrin Jusron, Jusuf Siregar, Andi Ramang, Djamiat Dalhar, dan Aang Witarsa.

Timnas Indonesia versus TNI AD di Stadion Siliwangi.
info gambar

Perwakilan PSMS Medan, Jusuf Siregar, disebut menjadi penampil terbaik di laga tersebut. "Jusuf Siregar masih menjadi salah satu penyerang terbaik Indonesia, dengan tembakan berbahaya di kedua kakinya," lapor surat kabar De Nieuwsgier.

Timnas Indonesia masih terlalu tangguh bagi TNI AD. Mereka saat itu mampu menang telak dengan skor 5-1.

---

Referensi: Java Bode | Star Weekly | De Nieuwsgier

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

Terima kasih telah membaca sampai di sini