Ada di Sumatra, Inilah 3 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia

Ada di Sumatra, Inilah 3 Jalan Tol Terpanjang di Indonesia
info gambar utama

Jaringan jalan merupakan unsur utama dalam mendukung konektivitas pergerakan barang dan jasa dari suatu tempat ke tempat lain. Sejak 2015, pemerintah gencar membangun infrastruktur, terutama jalan tol guna mempercepat akses pegerakan barang dan jasa tersebut.

Hingga akhir tahun 2020, panjang jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia adalah 2.346 kilometer. Target Rencana Strategis (Renstra) Kementerian PUPR tahun 2019--2024 adalah pembangunan 2.500 kilometer jalan tol baru. Dengan demikian, panjang jalan tol operasional di tahun 2024 akan melebih 4.500 kilometer.

Dari banyaknya ruas tol yang sudah beroperasi sejak tahun 1987 hingga tahun 2021, terdapat 3 ruas jalan tol yang dinobatkan sebagai ruas tol terpanjang di Indonesia dan seluruhnya berada di Pulau Sumatra. Berikut 3 jalan tol tersebut

1. Ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka)

Jalan Tol Terpeka
info gambar

Jalan tol yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada November 2019 ini memiliki total panjang 189 kilometer, yang membentang dari Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung hingga Kabupaten Ogan Komering Ilir, Provinsi Sumatra Selatan.

Beroperasinya Jalan Tol Terpeka ini akan memangkas waktu tempuh dari Palembang menuju Lampung yang tadinya 10 jam menjadi hanya 3 jam saja. Selain itu, jalan tol ini juga mendapatkan pengakuan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai ruas tol terpanjang di Indonesia.

2. Ruas Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter)

Jalan Tol Bakter
info gambar

Ruas tol Bakter merupakan ruas tol terpanjang kedua di Indonesia. Sebelum didapuk menjadi ruas tol terpanjang kedua, ruas tol yang memiliki total panjang 141 kilometer ini juga pernah dinobatkan menjadi ruas tol terpanjang pertama setelah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2019.

Titik 0 kilometer pada jalan tol Trans Sumatra sendiri berada di Jalan Tol Bakter, yang merupakan pintu masuk dari Pulau Jawa menuju Pulau Sumatra.

3. Ruas Tol Pekanbaru-Dumai (Pekdum)

Jalan Tol Pekdum
info gambar

Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai (Pekdum) memakan waktu selama 2 tahun 9 bulan. Peresmian dioperasikannya jalan tol ini ialah pada September 2020 lalu yang dilakukan secara live streaming, karena dilaksanakan di masa Pandemi COVID-19.

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai ini memiliki panjang 131 kilometer dan memiliki 5 buah terowongan perlintasan satwa, untuk pergerakan gajah dan beruang yang ada di habitatnya.

Hingga tahun 2020 lalu, Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) yang beroperasi sepanjang 647 kilometer memiliki sebanyak 9 ruas dari total keseluruhan Jalan Tol Trans Sumatera sepanjang 2.987 kilometer.

Ruas tol tersebut terdiri dari koridor utama sepanjang 2.068 kilometer dan pendukung sepanjang 919 kilometer yang membentang dari Lampung hingga Aceh sebagai koridor utama beserta jalan pendukung.

Itulah 3 jalan tol terpanjang yang ada di Indonesia. Sebagai informasi, urutan keempat ialah Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) dan urutan kelima Jalan Tol Solo-Ngawi.*

Referenai:pu.go.id | Kompas

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

CA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini