Percepat Pemulihan Ekonomi, Investree Lakukan Beragam Kolaborasi

Percepat Pemulihan Ekonomi, Investree Lakukan Beragam Kolaborasi
info gambar utama

Pemulihan Ekonomi akibat pandemi Covid-19 ini tak bisa dilakukan sendirian. Perlu usaha bersama-sama di berbagai sektor untuk mempercepat pemulihan ekonomi ini. Investree, pionir fintech lending, melakukan beragam kolaborasi dengan rekanan strategis guna mendukung pemulihan ekonomi Indonesia saat ini.

Sejak pertengahan tahun 2020 lalu, beragam kolaborasi dilakukan Investree dengan berbagai pihak yang memiliki perhatian yang sama untuk mendorong pemulihan ekonomi. Pada September 2020 bersama dengan Bank Mandiri, Investree bersinergi untuk mengoptimalkan penyaluran dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Oktober 2020, Investree bekerja sama dengan eFishery untuk mendistribusikan pembiayaan senilai RP 30 miliar kepada pembudidaya ikan. Kolaborasi berikutnya pada November 2020, dengan Gramindo Berkah Madani, menyalurkan bantuan pembiayaan kepada perempuan tanpa akses ke bank (unbankable). Desember 2020 menggaet SIPLah Blibli untuk menyalurkan pembiayaan bagi penjualnya.

Kolaborasi berbagai pihak terus dilakukan sepanjang tahun 2021, salah satunya dengan Andalin digital freight forwarder, dengan memberikan akses pembiayaan bea cukai dan pajak bagi para klien Andalin.

Berbagai kolaborasi yang dilakukan, selain untuk menjaga bisnis UKM tetap berputar, juga bertujuan untuk merealisasikan semangat ​“lebih dari sekadar platform pinjam meminjam online​”. Investree perlahan telah bergeser dari pionir ​fintech lending menjadi solusi digital bagi UKM.

Co-Founder & CEO Investree, Adrian Gunadi berharap bahwa hal ini dapat memulihkan dan memperkuat bisnis para peserta yang tergabung di dalam lembaga yang bekerja sama dengan Investree, dapat menaikkan kelas mereka, dan membuat UKM semakin berdaya pasca pandemi.

Bersama Kita Bisa

Investree berkomitmen tak hanya fokus pada keberlangsungan bisnis, lebih dari itu, karena salah satu tujuan perusahaan adalah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia, di masa pandemi melalui aksi kemanusiaan dan filantropi.

Investree yang kini berkembang menjadi solusi bisnis digital terintegrasi bagi para pelaku UKM melalui bendera program CSR bernama “TreeCare”, melakukan inisiatif dengan menggalang donasi dan meluncurkan kerja sama dengan platform penggalangan dana Kitabisa.com dan Oxygen for Indonesia.

Kerja sama penggalangan donasi itu difokuskan untuk menyediakan alat bantu pernapasan atau oksigen konsentrator bagi rumah sakit-rumah sakit di Indonesia yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Nah, bagi Anda yang ingin berdonasi, donasi ini dapat melalui laman Kitabisa.com yang sudah berjalan sejak 23 Agustus hingga 30 September 2021, bisa mengunjungi laman di tautan ini.

Tahun kedua pandemi

Sudah memasuki tahun kedua, situasi pandemi Covid-19 di Indonesia masih cukup memprihatinkan. Menurut data dari Worldometer, Indonesia merupakan negara kedua dengan jumlah penambahan kasus harian Covid-19 tertinggi di dunia.

Dilansir dari situs Covid19.go.id per 17 Agustus 2021 lalu, setiap hari terdapat 20.741 kasus baru dan 1.180 kematian. Hal senada juga disampaikan oleh Kemenkes yang mencatat sekiranya ada lebih dari 350 ribu kasus aktif yang dilaporkan, dan sebanyak 74 ribu orang membutuhkan bantuan oksigen untuk bertahan hidup.

Itulah yang melatarbelakangi kerja sama Investree melalui TreeCare untuk melakukan gerakan donasi. Lain itu, Investree juga membuka kesempatan kepada pemangku kepentingan maupun masyarakat luas untuk berpartisipasi.

“Pandemi yang masih berlangsung merupakan titik balik bagi setiap individu maupun organisasi. Dalam menjalankan usaha, profit bukan lagi tujuan utama,'' kata Adrian.

Lebih lanjut, Adrian menyebutkan bahwa tujuan utamanya saat ini adalah mencapai pertumbuhan dan kesejahteraan secara kolektif agar kehidupan menjadi lebih baik.

Catatan lain menyebut, sebanyak 7.400 orang di Indonesia membutuhkan akses oksigen dengan konsentrasi tinggi dalam proses penyembuhan Covid-19, menurutnya inilah momentum paling tepat bagi TreeCare untuk menyumbang suatu gerakan positif yang dampaknya masif juga bermanfaat untuk mempercepat pemulihan pandemi.

''...Di sini, kami mengajak Borrower, Lender, Rekanan, hingga masyarakat dari Sabang sampai Merauke untuk ikut serta berdonasi bersama Investree melalui platform Kitabisa.com menyediakan oksigen konsentrator bagi mereka yang membutuhkan,” tambahnya.

Target donasi

Gerakan donasi yang ditargetkan dalam kerja sama ini diharapkan bisa menyentuh angka Rp300 juta. Untuk mencapai target tersebut, Investree sendiri sebagai perusahaan turut berdonasi dana melalui halaman pada Kitabisa.com sebesar 70 persen dari target.

Sementara 30 persennya diharapkan dapat diperoleh dari donasi semua pemangku kepentingan Investree meliputi karyawan, Borrower, Lender, Rekanan, Investor, dan Regulator serta masyarakat luas. Dalam memberikan donasi perusahaan, Investree menggunakan Dana Ta’zir.

Dana Ta’zir didapatkan dari denda keterlambatan yang diberikan kepada Penerima Pembiayaan layanan Investree Syariah akibat tidak mampu memenuhi kewajibannya dalam mengembalikan pembayaran pada tanggal jatuh tempo sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati.

Hal ini sekaligus menjadi bukti komitmen layanan Investree Syariah yang senantiasa mengikuti prinsip Islam dalam menjalankan kegiatannya.

“Setelah dana terkumpul sesuai target, Kitabisa.com akan berkoordinasi dengan Tim Kampanye Oxygen for Indonesiauntuk penyediaan oksigen konsentrator,'' terang Adrian.

''...Setelah itu, penyebaran atau pengalokasiannya akan mengikuti rekomendasi dari Kementerian Kesehatan, rumah sakit-rumah sakit di Indonesia mana yang sedang sangat membutuhkan bantuan ini. Sehingga bisa dipastikan donasi yang akan Investree dan masyarakat berikan tepat sasaran.”

Selama periode penggalangan dana--40 hari--itu, masyarakat dapat menyalurkan donasi penyediaan oksigen konsentrator yang digagas oleh Investree melalui TreeCare dan Kitabisa.com.

Semua pihak yang terlibat berharap donasi ini dapat mempercepat pemulihan pandemi Covid-19, agar negeri kembali pulih dan bangkit. Penggalangan donasi oleh Investree bersama dengan Kitabisa.com dan Oxygen for Indonesia ini adalah salah satu kegiatan TreeCare.

Melalui berbagai aktivitas kolaborasi lainnya, Investree juga terus berkomitmen memperkuat UKM dan masyarakat, terutama dalam mendapatkan akses pembiayaan dan kesehatan, mendorong literasi keuangan secara digital, dan mendukung pergerakan sosial demi kesejahteraan masyarakat luas. (adv)

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Mustafa Iman lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Mustafa Iman.

Terima kasih telah membaca sampai di sini