Healing Forest untuk Hilangkan Stres Sembari Wisata Alam

Healing Forest untuk Hilangkan Stres Sembari Wisata Alam
info gambar utama

Dewasa ini, perjalanan liburan tak hanya sekadar untuk bersenang-senang atau melepas penat setelah sibuk dengan aktivitas sehari-hari, tetapi juga bagian dari healing atau penyembuhan dari stres.

Salah satu konsep liburan yang menawarkan pengalaman wisata alam sekaligus menenangkan pikiran dikenal dengan istilah healing forest. Istilah ini mengacu pada kegiatan liburan dan penyembuhan di hutan.

Di Jepang, ada konsep serupa bernama shinrin-yoku yang dikenalkan oleh Qing Li, penulis buku “Forest Bathing: How Trees Can Help You Find Health and Happiness” yang mengatakan bahwa berjalan di hutan dan merasakan suasana hijau di alam adalah salah satu cara mengobati penyakit di tubuh dan menenangkan pikiran.

Secara harfiah, shinrin dalam Bahasa Jepang berarti hutan dan yoku berarti mandi. Sederhananya, shinrin-yoku diartikan mandi di hutan, dalam Bahasa Inggris juga disebut sebagai forest bathing.

Pengaplikasian shinrin-yoku bukan benar-benar mandi di hutan, olahraga, hiking, atau jogging. Anda hanya perlu berada di alam dan terhubung dengan alam melalui penglihatan, pendengaran, rasa, penciuman, dan sentuhan. Dengan membuka panca indera, kegiatan ini akan menjadi jembatan antara diri kita dan alam semesta.

Untuk mencoba konsep liburan tersebut, Anda bisa mengikuti program healing forest di Ranca Upas.

Healing Forest, program baru Ranca Upas

Saat mengikuti program Healing Forest di Ranca Upas, Anda akan dibawa berjalan-jalan ke dalam hutan dan berdiam diri agar bisa berkenalan dengan alam sekitar. Perlu diketahui bahwa Ranca Upas memiliki luas area sekitar 215 hektare dan daerahnya berada pada ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Udara di sana cenderung sejuk dan masih segar sehingga pengunjung akan betah berlama-lama di alam.

Suhu udara di sana rata-raya sekitar 17-20 derajat Celsius pada siang hari dan di sekitarnya merupakan kawasan hutan lindung yang dihuni berbagai flora seperti pohon huru, hamirug, jamuju, kihujan, kitambang, kurai, pasang, dan puspa.

Setelah menikmati ketenangan di alam bebas, peserta akan diajak melakukan mindfulness yoga. Berbeda dari yoga jenis lain, mindfulness yoga berfokus pada perhatian dan kesadaran pikiran serta tubuh. Praktik mindfulness sendiri dikenal sebagai kesadaran penuh pada setiap aktivitas untuk menciptakan fokus dan waspada pada segala hal yang dilakukan. Mindfulness yoga juga dianggap sebagai bentuk meditasi dengan mengamati pikiran dan perasaan saat melakukan pose yoga sederhana.

Dari yoga, peserta kemudian akan diajak berpartisipasi dalam kelas seni sederhana, sesi bertukar pikiran, dan acara ditutup dengan berendam kaki di onsen. Paket Healing Forest ini bisa diikuti dengan membayar Rp300 ribu per paket dengan minimal pemesanan untuk lima orang dan maksimal 20 orang per sesi.

Healing Forest hanya dilakukan seharian, tetapi peserta juga bisa bermalam di Ranca Upas dengan berkemah untuk menikmati waktu di alam lebih lama dan bebas.

Menikmati wisata alam Ranca Upas

Bagi yang belum familiar dengan nama Ranca Upas, kawasan tersebut sebenarnya merupakan bumi perkemahan yang ada di Bandung, Jawa Barat. Lokasi tepatnya berada di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung. Bila datang dari Kota Bandung, jaraknya sekitar 50 kilometer.

Ranca Upas awalnya dikenal sebagai salah satu tempat pelatihan Kopassus karena merupakan hutan belantara dengan rawa-rawa yang luas. Setelah bebas dari hewan buas, Ranca Upas menjadi hutan lindung oleh pihak Perhutani dan sebagian lahannya dibuka untuk tempat perkemahan. Sebelum ramai dikunjungi wisatawan, kawasan ini dulunya terkenal sebagai tempat ospek universitas di sekitar Bandung atau acara-acara perkemahan sekolah hingga perkantoran.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah, tak perlu repot-repot membawa perlengkapan sendiri, sebab pihak pengelola menyediakan penyewaan kemah lengkap, mulai dari tenda berbagai ukuran, sleeping bag, dan matras.

Berlibur di kawasan ini rasanya kurang lengkap bila belum mengunjungi area penangkaran rusa. Dari tempat tersebut, pengunjung bisa menyaksikan rusa-rusa yang hidup bebas di habitat aslinya. Selain berfoto bersama rusa, pengunjung juga bisa memberinya makan berupa wortel yang dijual di area penangkaran.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Ranca Upas, misalnya menikmati permainan seperti flying fox, water ball, cargo net, shake stairs, dan naik perahu di kolam permainan. Ada pula kolam pemandian air panas yang cocok udara di sana yang dingin.

Dari kawasan Ranca Upas, pengunjung juga sebenarnya bisa menjelajahi daerah sekitar Ciwidey yang memang memiliki beragam objek wisata. Sebut saja Kawah Putih, Situ Patenggang, Bukit Jamur Rancabolang, dan Perkebunan Teh Rancabali.



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Dian Afrillia lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Dian Afrillia.

DA
MI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini