Ini Dia Warna Pantone yang Akan Menjadi Tren pada 2022

Ini Dia Warna Pantone yang Akan Menjadi Tren pada 2022
info gambar utama

Setiap akhir tahun, pasti bermunculan berbagai flashback hal apa saja yang sudah dilakukan sepanjang 2021. Tak hanya itu, bermunculan pula berbagai prediksi. Mulai dari tren fesyen hingga tren desain interior, bermacam-macam prediksi tren untuk tahun depan terus bermunculan. Tak terkecuali dengan tren warna tahun 2022 yang baru saja dirilis oleh Pantone pada Desember lalu.

Pantone Color Institute merupakan sebuah unit bisnis yang menyoroti warna yang sedang musim, menentukan warna Pantone setiap tahun, juga meramalkan tren warna global dan memberi saran kepada perusahaan tentang warna untuk identitas visual produk merk miliknya.

Perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 50-an ini, mulai mengeluarkan trend color of the year semenjak tahun 2000 dan rutin merilis perkiraan tren warna setiap tahunnya. Pada 2020 lalu, Pantone menetapkan dua warna yaitu abu-abu dan illuminating yang mirip dengan warna kuning cerah yang lembut.

Kedua warna ini dipilih bukan tanpa alasan. Warna kontras dipilih untuk menyampaikan pesan harapan dan kekuatan di tengah segala ketidakpastian. Berdasarkan pernyataan oleh Leatrice Eiseman, Direktur Eksekutif Pantone Color Institute kedua warna ini melambangkan praktis dan kokoh tetapi pada saat yang sama menghangatkan dan optimis.

Pantone dengan pesan khusus

Pantone 2022 | Foto: Pantone.com
info gambar

Warna yang dipilih untuk tahun 2022 juga memiliki pesan khusus. PANTONE 17-3938 Very Peri merupakan warna yang dipilih untuk warna tahun 2022. Warna ini memiliki warna biru yang mempunyai nada ungu-merah. Mengutip dari situs resminya, warna Very Peri menampilkan sikap yang ceria, gembira dan kehadiran dinamis yang mendorong kreativitas dan ekspresi imajinatif yang berani.

Mengutip pernyataan resmi Leatrice Eiseman, Direktur Eksekutif Pantone Color Institute melalui situs resmi Pantone. Kita memasuki dunia perubahan sehingga pemilihan Pantone Very Peri akan membawa perspektif dan visi baru dari keluarga warna biru terpercaya.

Tercinta juga mencakup kualitas warna biru, tetapi pada saat yang sama dengan warna merah dan violet, Pantone Very Peri menampilkan sikap kegembiraan dan mendorong berani berkreativitas serta imajinasi yang ekspresif.

Namun, bagaimana caranya Pantone menentukan warna-warnanya? Pemilihan warna ini tidak mudah. Dibutuhkan banyak pertimbangan yang matang serta menganalisis tren untuk sampai kepada pemilihan setiap tahunnya.

Setiap tahun ketika sudah waktunya menentukan The Pantone Color of The Year, dilansir dari situs resmi milik Pantone, ahli warna Pantone akan menyisir dunia untuk mencari pengaruh warna baru. Analisis ini dapat mencakup mulai dari industri hiburan, film, koleksi seni, semua bidang desain, tujuan wisata populer, gaya hidup baru, gaya bermain dan kondisi sosial ekonomi.

Foto: webdesignerdep
info gambar

Banyak desainer dan produser dari seluruh dunia yang bergantung pada kemampuan Pantone dalam menentukan warna untuk membantu mereka mendefinisikan, mengkomunikasikan dan mengontrol warna dari inspirasi hingga realisasi.

Mengutip penjelasan oleh Pantone, standar warna dianggap penting sebab setiap merk barang membutuhkan identitasnya untuk menciptakan asosiasi dan harapan, memicu citra dan ingatan mental.

Dalam pengembangkan produk, warna yang tepat dapat menjadi pembeda dan menarik perhatian pembeli. Sebuah studi bahkan menunjukkan bahwa pada warna yang tepat dapat meningkatkan pengenalan masyarakat terhadap tingkat pengenalan merek yang mencapai sampai 87 persen.

Apabila Goodmates merupakan seorang fashion enthusiast atau sedang menjalankan bisnis di bidang pakaian atau aksesoris dan riasan, mungkin warna Very Peri satu ini dapat menjadi salah satu tambahan ide baru.

Referensi: Distractify | Pantone | Fimela

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini