Peran Penting Cacing Tanah Bagi Keberlangsungan Ekosistem

Peran Penting Cacing Tanah Bagi Keberlangsungan Ekosistem
info gambar utama

Cacing tanah berperan penting dan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan ekosistem. Meski banyak orang menganggap cacing tanah adalah hewan yang menjijikkan, tetapi hewan melata satu ini bisa menjadi tanda bahwa terjadinya sebuah ekosistem yang sehat.

Seperti namanya, cacing tanah adalah orgasme yang hidup di dalam tanah. Cacing tanah termasuk dalam klasifikasi fillum annelida atau annelids, merujuk pada tubuh cacing yang terdiri dari segmen seperti cincin.

Banyak orang tidak mengetahui bahwa cacing tanah mampu mengubah sifat fisik, kimia, dan biologi dari profil tanah. Cacing menjadi kontributor utama yang menjalankan tugas memperkaya dan memperbaiki tanah bagi tumbuhan, hewan, dan manusia.

Selain hal tersebut, ada beberapa manfaat lain dari cacing tanah bagi ekosistem. Berikut penjelasannya.

1. Tingkatkan Struktur Tanah

Illustrasi fungsi cacing tanah | Foto: Unsplash
info gambar

Fungsi cacing tanah yang pertama adalah meningkatkan struktur tanah. Hal ini karena cacing tanah mampu mengubah struktur lingkungan mereka sendiri. Beragam jenis cacing dapat membuat liang horizontal dan vertikal.

Baca juga:Segera Menjadi Warisan Budaya Dunia, Inilah 6 Jenis Jamu dan Filosofinya

Tak hanya itu, sebagian cacing juga bisa hidup sangat dalam di tanah. Adanya liang tersebut akan membuat oksigen bisa masuk dan karbon dioksida bisa keluar meninggalkan tanah. Bahkan, kotoran pada cacing juga penting untuk struktur remah tanah yang halus.

2. Dekomposisi Tanah

Illustrasi fungsi cacing tanah | Foto: Unsplash
info gambar

Cacing tanah berperan penting dalam aktivitas memecah bahan organik mati atau dekomposisi. Nantinya, dekomposisi akan melepaskan nutrisi pada tumbuhan dan hewan mati, serta membuat tumbuhan hidup siap menggunakannya.

Tugas dari cacing tanah adalah memakan bahan organik dan memecahnya menjadi potongan-potongan kecil. Hal ini akan memungkinkan bakteri dan jamur untuk memakan dan melepaskan nutrisi.

3. Meningkatkan Drainase

Illustrasi fungsi cacing tanah | Foto: Unsplash
info gambar

Tak kalah penting, cacing tanah juga berfungsi untuk mendukung drainase air di tanah. Penyaluran dan penggalian oleh cacing dapat mengendurkan dan mengaerasi tanah sekaligus meningkatkan drainase tanah. Itu sebabnya, tanah yang banyak cacing dapat mengering hingga 10 kali lebih cepat daripada tanah tanpa cacing.

Di tanah tanpa pengolahan yang banyak memiliki cacing, infiltrasi air bisa mencapai enam kali lebih besar daripada tanah budidaya. Rongga tanah yang muncul akibat cacing juga berfungsi sebagai lorong untuk kapur dan material lainnya.

Baca juga:Auto Bersih! Ini Upaya Swedia Mengolah Sampah dengan Waste For Energy

4. Meningkatkan Ketersediaan Hara

Illustrasi fungsi cacing tanah | Foto: Pixabay
info gambar

Fungsi cacing tanah selanjutnya bisa membantu meningkatkan ketersediaan hara. Artinya, fungsi tersebut bisa terjadi dalam dua cara, yakni memasukkan bahan organik ke dalam tanah dan membuka nutrisi yang ada dalam orgasme mati serta materi tanaman.

Nutrisi-nutrisi seperti fosfor dan nitrogen, akan tersedia lebih mudah bagi tanaman setelah cacing tanah mencerna dan mengekskresikan dalam cetakan. Cacing tanah juga membantu mengambil nutrisi melalui profil tanah dan mendekatkannya dengan akar tanaman.

5. Menyuburkan Tanah

Illustrasi fungsi cacing tanah | Foto: Pexels
info gambar

Fungsi yang sudah banyak masyarakat ketahui adalah menyuburkan tanah. Ya, cacing tanah berperan penting dalam membantu menyuburkan tanah. Penyebabnya karena cacing tanah bertugas mencampur lapisan dan memasukkan bahan organik ke dalam tanah.

Baca juga: Tak Hanya Email, Aktivitas Internet Lain Bisa Sebabkan Emisi Karbon

Terjadinya proses pencampuran tersebut akan membantu menyuburkan tanah dengan membiarkan bahan organik menyebar melalui tanah. Nutrisi yang ada di dalamnya juga akan tersedia bagi bakteri, jamur, dan tanaman. Cacing tanah yang sudah mati juga kaya akan protein yang berfungsi mengembalikan nitrogen ke tanah.

Nah, itulah beberapa fungsi cacing tanah yang sangat bermanfaat bagi ekosistem. Meskipun tampak menjijikan, cacing tanah nyatanya memiliki dampak positif dan berperan penting untuk banyak hal termasuk menyuburkan tanah.

Referensi: Liputan6 | Merdeka

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini