Resep Makanan Simple Ala TikTok untuk Anak Kos

Resep Makanan Simple Ala TikTok untuk Anak Kos
info gambar utama

Kegiatan memasak untuk anak kos biasanya terhalang peralatan dan anggaran. Untuk menyiasatinya, berbagai tips masakan simpel yang tertuju khusus untuk pelajar atau pekerja yang tinggal di kos-kosan tersebar di berbagai media sosial, salah satunya TikTok.

Cukup banyak kreator yang mengunggah konten masakan anak kos di TikTok dan mendapat banyak apresiasi dari warganet. Biasanya, resep masakan yang meraih banyak pujian adalah yang menggunakan peralatan seadanya, serta bahan-bahan yang murah dan banyak tersedia di pasaran.

Berhubung banyak kampus dan kantor telah kembali buka untuk kegiatan secara luring, mungkin Goodmates juga sudah mulai tinggal di kosan dan butuh referensi masakan simpel namun bercita rasa bintang lima. Tenang, artikel ini akan memberimu kumpulan resep makanan simple dan enak dari berbagai konten kreator TikTok.

1. Tahu Katsu

Tahu katsu ala anak kos | Foto: @ktanyabulan/TikTok
info gambar

Seorang pengguna TikTok bernama Dara dengan username akun @ktanyabulan membagikan resep makanan anak kos “mewah” bernama tahu katsu. Yap, terinspirasi dari resep ayam katsu, Dara mengganti daging ayam dengan tahu putih yang harganya jauh lebih murah.

Untuk membuatnya, Goodmates harus menyiapkan tiga kotak tahu dalam wadah. Hancurkan tahu dengan garpu lalu masukkan satu butir telur, irisan bawang putih, daun bawang, 2 sendok makan (sdm) tepung maizena, dan 1 sdm tepung serbaguna. 

Baca juga:Intip 5 Alasan Pentingnya Mengikuti UKM, Mahasiswa Wajib Tahu!

Setelah semua bahan tersebut tercampur rata, bentuk menjadi lonjong, seperti ayam katsu pada umumnya. Bila sudah, baluri dengan tepung roti lalu goreng dengan minyak secukupnya. Pastikan kedua sisi matang dan tahu katsu pun siap terhidang bersama nasi dan saus kacang (opsional).

2. Oseng Tempe Saus Tiram

Oseng tempe saus tiram dan nasi hangat | Foto: @vynamonicca/TikTok
info gambar

Resep kali ini datang dari pengguna @vynamoniccaaa yang membagikan resep oseng tempe saus tiram ala anak kos. Hanya berbekal bahan utama tempe seharga Rp2.500, Goodmates bisa menyajikan makanan yang “wah” meskipun sedang di kosan.

Cara membuatnya, tumis 3 bawang putih dan 4 bawang merah yang sudah kamu potong atau menggunakan blender. Lalu masukkan air, 2 sdm kecap manis, 2 sdm saus tiram ke dalam wajan dan aduk merata. Jangan lupa tambahkan garam dan penyedap secukupnya.

Setelah air mendidih, masukkan potongan cabai, bawang bombay, dan daun bawang. Terakhir, masukkan potongan tempe yang sudah tergoreng dan jadilah oseng tempe saus tiram yang menggugah selera.

3. Tumis Tomat Telur

Tumis tomat telur yang menyehatkan | Foto: @masakbarengcicik/TikTok
info gambar

Bosan dengan olahan telur yang itu-itu saja? Goodmates mungkin ingin mencoba membuat hidangan tumis tomat telur dari resep pengguna TikTok @masakbarengcicik. Tak perlu ribet, yang pertama orak-arik telur kemudian sisihkan. Meski orak-arik, pastikan ukuran potongan telur tidak terlalu kecil, ya!

Baca juga:Minuman Energi Alami dan Menyehatkan, Wajib Kamu Coba!

Setelah itu, tumis bawang putih, daun bawang, dan potongan tomat hingga layu. Masukkan sedikit air, saus tomat, gula, dan kecap asin secukupnya. Langkah terakhir, masukkan telur orak-arik dan voila, tumis telur tomat siap untuk terhidang bersama nasi hangat.

4. Oreo Cheesecake

Ilustrasi oreo cheesecake simpel dan enak | Foto: @Nesya_Ratri10/Cookpad
info gambar

Bosan dengan olahan makanan asin? Goodmates juga bisa membuat masakan kue yang simpel, yaitu Oreo Cheesecake yang resepnya ada di akun TikTok @cookpad_id. Untuk membuatnya, Goodmates membutuhkan Oreo kemasan 137 gram. 

Pisahkan biskuit dengan krim isiannya, lalu hancurkan biskuit tersebut hingga menyerupai bubuk. Kemudian, tuang 250 ml susu cair ke dalam panci dan masukkan krim Oreo serta keju parut. Tambahkan 4 sdm susu kental manis lalu aduk rata.

Baca juga: Ciptakan Presentasi yang Memukau Lewat 4 Tools Ini

Setelah itu, masukkan larutan 2 sdm maizena dan keju parut. Aduk merata lalu matikan kompor setelah adonan mengental. 

Siapkan gelas atau wadah lain yang ingin Goodmates gunakan kemudian tata cheesecake secara berselang-seling antara bubuk biskuit dan adonan yang Goodmates buat di panci tadi.  Beri topping keju parut sesuai selera dan Goodmates bisa menikmati kue ini setelah menyimpannya dalam lemari pendingin selama satu jam.

Itulah beberapa resep masakan di TikTok yang bisa Goodmates coba, khususnya saat berada di kos-kosan. Semoga bermanfaat!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini