Mengenal Dunia Kreatif Lebih Dekat Bersama Komunitas Inside Kastil

Mengenal Dunia Kreatif Lebih Dekat Bersama Komunitas Inside Kastil
info gambar utama

Berbicara tentang dunia kreatif, saat ini sudah semakin banyak komunitas serta kegiatan-kegiatan yang mulai aktif di Indonesia. Hal tersebut tentunya membawa angin segar bagi para pekerja kreatif yang dulunya terpandang sebelah mata oleh sebagian orang.

Dengan adanya komunitas serta kegiatan yang berbau seni dan kreativitas, masyarakat mulai mengenal lebih jauh lagi tentang dunia kreatif. Selain itu, muncul pula seniman-seniman baru yang semakin gencar untuk berkolaborasi dan menampilkan karyanya.

Salah satu komunitas kreatif yang ada di Indonesia ialah Inside Kastil. Komunitas yang berbasis di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau ini menjadi wadah buat siapapun yang ingin belajar dan berkarya. Penasaran? Simak informasi selengkapnya.

Awal Mula Terbentuknya Inside Kastil

Karya seni di Jumpa Creative Showcase | Foto: Dokumentasi Inside Kastil
info gambar

Berangkat dari keresahan sekumpulan pemuda Pekanbaru yang kesulitan menemukan lingkungan yang bergerak di bidang kreatif, Nana selaku pendiri dan teman-temannya membuat Kastil Creative. Sebuah agensi kreatif yang berdiri sejak 2017. Inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Inside Kastil.

Pada awalnya, Inside Kastil merupakan bagian dari program kegiatan Kastil Creative yang berfokus dalam memberikan edukasi seputar dunia kreatif. Kegiatan tersebut berupa talkshow dan workshop yang membahas seputar foto produk, desain, branding, dan lainnya.

Baca juga: Memaknai Arti Diam Lewat Komunitas Pantomim Indonesia

Seiring berjalannya waktu, Kastil Creative menginisiasi pameran karya seni yang bernama Jumpa Creative Showcase. Sebuah acara yang mempertemukan para pekerja kreatif dan penikmat seni di Pekanbaru untuk saling berbagi karya.

Pada 2020, Jumpa Creative Showcase Vol. 1 terlaksana di Peterseli Kitchen Pekanbaru. Acara tersebut melibatkan belasan seniman Pekanbaru dari berbagai usia yang sudah berkarier di kancah nasional hingga internasional. Di antara karya seni yang ada berupa lukisan, handcraft, ilustrasi, instalasi visual, dan masih banyak lagi.

Kemudian pada 2021, Jumpa Creative Showcase kembali hadir untuk Vol. 2. Kali ini, Kastil Creative membuka kesempatan bagi para seniman atau pelaku kreatif yang bergerak di bidang visual art untuk mengisi dan meramaikan acara.

Setelah melalui proses seleksi, terdapat 20 seniman lokal yang terpilih untuk menampilkan karyanya di Jumpa Creative Showcase Vol. 2.

Baca juga: Melihat Ragam Tradisi Minum Teh di Berbagai Belahan Dunia
Bapak Gubernur Provinsi Riau melihat karya para seniman| Foto: Dokumentasi Inside Kastil
info gambar

Selain pameran karya seni, Jumpa Creative Showcase Vol. 2 memiliki acara puncak, yakni Creativepreneur Gathering dan Soft Opening Dapoer Creative. Acara yang berupa talkshow tersebut mendatangi Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, serta Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau Roni Rakhmat.

Banyaknya respon positif yang datang membuat Nana tergerak untuk lebih serius lagi mengembangkan kegiatan-kegiatan Inside Kastil. Guna menjangkau lebih banyak lagi pekerja kreatif, seniman, dan penikmat seni di Pekanbaru, pada awal 2022 Nana bersama teman-temannya sepakat menetapkan Inside Kastil sebagai komunitas kreatif.

Dengan begitu, nantinya Inside Kastil hanya berfokus untuk mengadakan kegiatan dan program edukasi seputar dunia kreatif. Lalu, Kastil Creative akan khusus untuk aktivitas bisnis saja.

Ruang Aman Belajar dan Berkarya

Pertemuan anggota komunitas Inside Kastil | Foto: Dokumentasi Inside Kastil
info gambar

Kini, Inside Kastil memiliki 30 anggota baru yang berasal dari latar belakang berbeda. Di antaranya ada dari kalangan siswa, mahasiswa, hingga pekerja.

Adapun 30 anggota tersebut terbagi menjadi 4 kelompok. Setiap kelompok akan mendapat tantangan untuk merancang dan melaksanakan project.

Baca juga:Saingi iPhone 13, Nokia Rilis Konsep Ponsel Boba Lewat Seri Edge 2022

Project tersebut berupa talkshow, seminar, dan pameran fashion. Keempat project nantinya menjadi rangkaian kegiatan Inside Kastil menjelang acara puncak Jumpa Creative Showcase Volume III.

Tidak terbatas di dunia kreatif saja, di komunitas ini para anggota bisa belajar dan berbagi ide di bidang apapun. Misalnya ada anggota yang ahli di bidang tertentu, anggota lain pun bisa belajar tentang bidang tersebut.

Harapannya Inside Kastil bisa menjadi wadah bagi siapapun yang ingin belajar, berbagai ide, dan berkarya bersama. Bagi Goodmates yang tertarik gabung di Inside Kastil, rekrutmen anggota baru rencananya akan hadir pada 2023. Untuk informasi lainnya silakan kunjungi instagramnya di @inside_kastil.

Referensi: Wawancara bersama tim Inside Kastil

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini