Kiat Tingkatkan Motivasi untuk Diri Sendiri

Kiat Tingkatkan Motivasi untuk Diri Sendiri
info gambar utama

Seiring bertambahnya usia, ada banyak tugas dan tanggung jawab yang harus kita lakukan setiap harinya. Terkadang ada hari yang sangat melelahkan, tetapi harus kita hadapi dengan semangat. Mempertahankan hal tersebut tentu akan memengaruhi motivasi diri.

Sebagian dari Goodmates mungkin akan mengalihkan perhatian pada hal-hal yang kurang penting karena kekurangan motivasi diri. Untuk itu, penting bagi kita untuk mengenali diri sendiri mulai dari karakter, kebiasaan, kelemahan, serta kekurangan diri.

Ada kalanya, memotivasi diri sendiri butuh kita lakukan. Jika kesulitan untuk mengenal diri sendiri, berikut kiat yang bisa Goodmates coba untuk memotivasi diri sendiri.

1. Batasi Penggunaan Media Sosial

Ilustrasi bermain medsos | Foto: Unsplash
info gambar

Tidak bisa kita mungkiri, di era globalisasi ini kebutuhan akan media sosial (medsos) menjadi sangat penting kpersonal branding yang paling efektif dan efisien.

Namun, di balik itu semua ada banyak dampak negatif yang bisa timbul lewat bermain medsos. Kita bisa saja insecure karena melihat kehidupan orang lain yang mungkin kelihatan lebih baik dan menyenangkan. Padahal, kita sendiri belum tentu mengenal orang tersebut.

Untuk itu, Goodmates sebaiknya bijak dalam menggunakan media sosial. Cara sederhana yang bisa kamu coba ialah dengan memasang alarm untuk membatasi pemakaian media sosial tertentu.

Baca juga: Melihat Eksistensi Organisasi Kala Pandemi

2. Cari Teman Suportif

Ilustrasi bersama teman | Foto: Unsplash
info gambar

Berteman itu seharusnya tidak pilih-pilih. Pada kenyataannya, tidak semua orang bisa nyambung atau sefrekuensi dengan orang lain. Bahkan, ada beberapa teman yang toxic dan suka melakukan playing victim.

Oleh sebab itu, ada baiknya Goodmates usahakan untuk cari teman yang bisa mendukung dan pastinya sefrekuensi. Sebab, berteman dengan orang yang mampu memberikan feedback positif dan suportif akan membuat kita mampu memberikan hal yang sama.

Baca juga: Kegiatan Produktif yang Bisa Bikin Mahasiswa Glow Up

3. Melakukan Hobi Baru

Sedang membaca buku | Foto: Unsplash
info gambar

Sebagian dari Goodmates mungkin sudah melupakan hobi lama karena sibuk dengan tugas dan tanggung jawab saat ini. Ada baiknya jika kita mengulik kembali kegiatan yang mungkin pernah menjadi motivasi hidup.

Tidak hanya itu, Goodmates juga bisa mulai untuk mencari hobi baru supaya kegiatan dan rutinitas yang kamu jalani tidak membosankan. Jika sebelumnya kamu suka membaca buku, cobalah untuk membuat review buku supaya masih sejalan dengan hobi kamu sebelumnya.

4. Bangun Sikap Percaya Diri

Mendengarkan musik membuat percaya diri | Foto: Pexels
info gambar

Percaya diri dapat menjadi arogansi atau kesombongan jika mulai dengan motivasi yang salah. Namun, percaya diri dapat menjadi daya tarik bagi Goodmates jika mulai dengan motivasi yang benar. Lalu, bagaimana membangun sikap percaya diri yang positif?

Membangun sikap percaya diri yang benar dapat mulai dengan menerima diri sendiri. Menerima diri sendiri bukan berarti mudah merasa cukup, tetapi dapat memperbaiki kesalahan maupun kekurangan dari diri sendiri. Sejatinya, tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini.

Baca juga: Tetap bugar Saat Puasa? Ikuti Langkah Olahraga yang Tepat

5. Istirahat Teratur

Sedang tidur dan istirahat di sela aktivitas | Foto: Unsplash
info gambar

Di tengah kesibukan, istirahat menjadi hal yang penting. Istirahat sederhana yang dapat Goodmates lakukan ialah tidur siang kurang lebih selama 15 hingga 30 menit. Tidur siang akan lebih rileks jika berada pada lingkungan yang tenteram dan nyaman.

Demikianlah tips motivasi diri bagi Goodmates yanMerdekag mungkin sedang mengalami jenuh dalam hidup. Pada dasarnya, semua hal di atas harus mulai dari niat dalam diri masing-masing. Sejauh apa diri kita melangkah, pasti akan sampai pada tujuan yang kita mau.

Referensi: Alodokter | Yoursay | Merdeka

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini