5 Tips Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman di Masa Pandemi

5 Tips Perjalanan Mudik Aman dan Nyaman di Masa Pandemi
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Menjelang hari raya Idulfitri, momen mudik lebaran menjadi tradisi masyarakat Indonesia yang tidak pernah terlewati. Apalagi pemerintah sudah mengeluarkan pernyataan bahwa tahun ini sudah boleh melakukan mudik ke kampung halaman tercinta dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada.

Mengingat dua tahun belakangan ini, masyarakat tidak bisa melakukan mudik karena khawatir akan meningkatkan kasus COVID-19 di Indonesia. Mudik lebaran yang merupakan kegiatan masyarakat Indonesia tidak pernah absen untuk terlewat.

Banyak hal positif yang dapat kita ambil dari kegiatan tradisi mudik ini salah satunya menjaga keakraban dan silaturahmi antar masyarakat. Selain itu, mudik juga sebagai kegiatan melepas rindu kepada orang tua dan sanak saudara. Momen mudik lebaran kali ini pastinya sudah sangat Goodmates nantikan, ya.

Sebelum melakukan perjalanan mudik lebaran, ada bebarapa hal yang harus kamu persiapkan, agar perjalanan mudik lebaran tahun ini aman dan nyaman walaupun di masa pandemi seperti ini. Berikut tujuh tips mudik aman dan nyaman yang bisa Goodmates catat.

1. Persiapkan Kesehatan Diri dan Keluarga

Kegiatan Vaksinasi | Foto: Unsplash
info gambar

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan semua anggota keluarga dalam keadaan sehat. Kamu bisa melakukan dengan mengecek kondisi tubuh di faskes kesehatan terdekat.

Tak lupa, kamu juga harus sudah melakukan vaksin lengkap dan booster sebagai persyaratan melakukan perjalanan mudik yang telah pemerintah tetapkan. Selain itu, diimbau bagi para pemudik yang memilki riwayat penyakit tertentu untuk membawa obat-obatan pribadinya.

Baca juga: Ragam Manfaat Membaca Al-Qur'an di Bulan Ramadan

2. Persiapkan Kendaraan

Mobil | Foto: Unsplash
info gambar

Bagi kalian yang melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi prima dengan mengecek kelayakan kendaraan serta melakukan perawatan kendaraan secara berkala.

Hal ini penting kamu lakukan, untuk meminimalisir kejadian yang tidak kita nginkan serta mengurangi peluang terjadinya kecelakaan lalu lintas saat melakukan perjalanan mudik. Selain itu, bagi kalian yang mudik dengan transportasi umum, usahakan memilih jadwal keberangkatan tidak terlalu dekat dengan hari lebaran.

Tujuannya untuk menghindari kerumunan serta penumpukan penumpang. Pastikan jadwal keberangkatan dengan detail dan rinci agar tidak salah hari maupun waktu keberangkatan.

3. Membawa Perlengkapan Pribadi

Salat | Foto: Suarasumbar
info gambar

Di masa pandemi seperti ini, penting sekali menyiapkan perlengkapan pribadi untuk kamu bawa saat melakukan perjalanan mudik.

Perlengkapan pribadi berupa perlengkapan salat, makan maupun masker agar terhindar bertukar kontak fisik dengan orang lain supaya menghindari penyebaran virus COVID-19.

Baca juga: Olahraga Saat Puasa, Kenali Jenis dan Waktu Terbaiknya

4. Menyiapkan Beragam Hiburan

Mendengarkan Musik | Foto: Musiklik
info gambar

Hal ini bisa Goodmates persiapkan agar perjalanan mudik lebaran terasa menyenangkan dan tidak membosankan. Menyiapkan buku bacaan atau mengunduh serial film atau lagu favorit untuk menemani perjalanan mudik menjadi hal yang bisa Goodmates lakukan.

Tujuan tentu untuk mengusir kebosanan dan kejenuhan saat melakukan perjalanan mudik. Jika membawa anak kecil, Goodmates bisa membawa mainan kesukaannya.

Baca juga: Ragam Tradisi yang Hanya Ada Saat Ramadan

5. Dapatkan Informasi Seputar Mudik Lebaran

Ponsel untuk cari informasi | Foto: Pexels

Goodmates bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang tepat dan akurat seputar informasi mudik, seperti prakiraan cuaca, informasi rute perjalanan, dan area istirahat sementara terdekat yang bisa kamu akses informasinya melalui internet.

Tips dan informasi di atas bisa Goodmates catat dan lakukan agar perjalanan mudik tahun ini bisa berjalan lancar. Selamat merayakan hari raya dengan sukacita di kampung halaman, ya.

Referensi: Deskjabar | Galamedia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini