Jangan Menyesal Bersikap Bodo Amat, Ini 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan

Jangan Menyesal Bersikap Bodo Amat, Ini 5 Manfaat yang Bisa Kamu Dapatkan
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Pernah gak sih kamu mendapatkan pandangan negatif dari teman kamu? orang-orang yang mendapat hal itu sebagain besar pasti akan marah atau nangis bahkan dijadikan tempat overthinking sampai akhirnya, waktu kamu terbuang percuma, stres bahkan tidak fokus pada kehidupan. Coba deh, bersikap bodo amat.

Bodo Amat

Sebagian besar menganggap bahwa bodo amat adalah sikap cuek atau ketidakpedulian yang masuk dalam ranah negatif. Padahal, sikap bodo amat adalah sebuah pilihan dalam tindakan kita dalam menyelesaikan masalah, jadi bukan berarti sikap bodo amat semuanya negatif yah!

Bersikap bodo amat yang dimaksud disini adalah kemampuan dalam mengatur mana proriatas utama dan mana yang bukan, tentunya yang menjadi proriatas utama adalah diri kamu sendiri. Diri kamu yang menjadi kendali atas tujuan kamu, pandangan negatif orang lain yang sifatnya tidak membangun, itu tidak berhak mempengaruhi emosi bahkan kendali hidup kamu.

Dalam komunitas lingkungan, kita di tuntut untuk mengikuti hal-hal yang menghabiskan materi dan waktu dalam suatu tujuan, namun ketika tidak bisa memberikan segala bentuk ekspektasi mereka kepadamu, mereka bisa saja memandangmu negatif atau paling terburuk mengucilkanmu.

Pernah dengar kalimat ini “Orang yang sangat peduli enak dimanfaatkan”.

Oleh karena itu, untuk menghindari segala kemungkinan terburuk, mulailah membiasakan sikap bodo amat, bukan untuk hal negatif atau membenci, tetapi untuk dirimu sendiri dalam melatih mentalmu, mencintai dirimu sendiri,mengatur waktumu, dll.

Berikut 5 manfaat yang bisa kamu dapatkan dari bersikap bodo amat.

  1. Kurangi Overthinking dan Insecure

Seru senang kebahagiaan gadis

Overthinking adalah sebuah kebiasaan ketika seseorang memikirkan sesuatu secara terus menerus, sedangkan insecure adalah perasaan tidak percaya diri.

Dari sikap bodo amat, kamu akan terhindar dari pemikiran yang berlebihan karena kamu tahu bahwa memikirkan hal tersebut akan membuat cemas, dan gak ada manfaatnya sama sekali untuk diri. Selain itu juga menumbuhkan kepercayaan terhadap diri sendiri karena sebelumnya kamu fokus dan mencintai dirimu.

  1. Hidup Lebih Tenang

happy girl

Terkadang dengan banyaknya drama atau pemikiran yang berlebihan membuat diri menjadi sibuk pada hal-hal yang tidak bermanfaat dan menganggu aktivitas keseharian.

Bersikap bodo amat akan menjauhi hal-hal yang menganggu sehingga apapun aktivitas kamu akan dilakukan dengan tenang.

  1. Fokus Pengembangan Pribadi dan Tujuan

man study

Siapa sangka, dari bersikap bodo amat akan membawa kamu menjadi pribadi yang berkembang, coba banyangkan ketika kamu sudah bisa mempriotaskan diri kamu, kamu akan bisa fokus dalam pengembangan diri tentang kehidupan. Selain itu, kamu juga bisa fokus untuk mengejar tujuan atau cita-cita kamu.

  1. Minimalkan Drama

ilustrasi teman minim drama

Dalam suatu komunitas, kadang kala banyak drama yang datang, baik disengaja atau tidak disengaja. Hal tersebut tentu menganggu karakter kamu, bisa jadi dari drama tersebut membawa kamu menjadi pribadi yang emosional maupun pribadi yang mudah stress.

Dari bersikap bodo amat, kamu mudah menemukan komunitas yang baik untuk mengembangkan pribadi, juga mudah melihat komunitas yang jika dilakukan hanya membuang waktu, dari kemudahan itu, kamu bisa bergaul dengan orag-orang yang minim drama.

  1. Pendirian Kuat

berkomunikasi

Sebelum membiasakan sikap bodo amat, mungkin kamu pernah mendengar perkataan seseorang namun karena kurangnya pendirian, kamu menerima dan setuju apa yang dikatakan dan bisa saja kamu implementasikan dalam hidup kamu padahal perkataan tersebut belum tentu bermanfaat.

Dari bersikap bodo amat, kamu akan jauh mempunyai pendirian yang kuat dan tetap mempertahankan prinsip kamu walaupun kamu sedang berdebat dengan orang lain yang jelas-jelas sangat disegani, itu karena kamu tidak peduli siapa dia dan menyamaratakan setiap individu sehingga kamu lebih skeptis dan tidak mudah ditipu. Selain itu, kamu akan memiliki pendirian yang kuat.

 

Referensi: Yoursay | IDN Times

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini