Ayo, Jangan Malas Cuci Tangan Biar Hidup Sehat!

Ayo, Jangan Malas Cuci Tangan Biar Hidup Sehat!
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Dalam menjaga kesehatan tubuh dapat diawali dari hal-hal yang sangat sederhana. Misalnya seperti mencuci tangan. Maka upayakan dimulai sejak saat ini jadikanlah rajin mencuci tangan sebagai salah satu bagian dari gaya hidup Anda.

Dimana hal yang harus diketahui bahwa tangan ialah merupakan sebuah organ tubuh yang sangat vital yang dipergunakan unntuk menunjang berbagai aktivitas dalam kehidupan hari-hari.Selain itu dengana tangan inilah yang membuat tercipta berbagai karya-karya indah. Namun, hal yang harus dipahami bahwa dari tangan jugalah berbagai jenis penyakit dapat menular.

Mirna sukoyati merupakan mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang sering melakukan kegiatan sosial dengan orang lain. Dan dia pernah melakukan penyuluhan tentang kebersihan salah satunya cuci tangan.

“Hal ini tentnya tanpa kita disadari dimana aktivitas yang kita lakukan sehari-hari membuat tangan kita selalu bersentuhan secara langsung dengan berbagai benda-benda, misalnya sperti pulpen, lalu keyboard computer, atau yang paling sering septi gagang pintu dan benda-benda lain. Namun sementara itu, kita tidak pernah tahu, apakah pada semua benda-benda yang kita pegang itu sudah terbebas dari berbagai kuman dan virus?” Ujar Mirna

Nah, oleh sebab itu guna mencegah bakteri atau virus tersebut yang sudah berpindah ke dalam tubuh kita dengan perantara melalaui tangan tersebut, maka ada baiknya jika kita selalu mencuci tangan, terutama ketika sebelum dan juga sesudah makan.

Dengan maraknya berbagai jenis virus yang baru belakangan ini, dengan rajin mencuci tangan rasa bisa dijadikan sebagai salah satu senjata dasar untuk mengatasinya. Manfaat dari rajin mencuci tangan khususnya dalam kesehatan memang sudah sangat diakui. Namun nyatanya, masih sangat terdapat orang yang tidak meau melakukannya. Padahal, sangat seiring kita melakukan berbagai aktivitas yang mana aktivitas tersebut tentunya melibatkan tangan diantaranya, sehingga akhirnya tangan pun akan dipenuhi berbagai kuman, bakteri, dan juga virus yang nantinya akan memasuki tubuh Anda.

“Kuman dapat masuk kedalam tubuh manusia tidak harus dengan hanya melalui mulut saja, melainkan bisa juga dengan melalui mata atau hidung.” Ujar Mirna

Namun beberapa jenis penyakit infeksi umumnya dapat menyebar hanya dengan melalui kontak tangan ke tangan, misalnya seperti demam biasa (common cold), flu dan sejumlah kelainan yang terjadi di system pencernaan misalnya seperti diare. Selain itu yang tidak kalah penting ialah ketika kita sudah menangani atau membersihkan sampah. Maka dengan kita selalu mengawali rutinitas, atau hendak maka, minum, belajar, bekerja upayakan untuk mencuci tangan terlebih dahulu agar bisa mencegah penyakit yang bisa saja menyerang anak.

Maka untuk itu, upayakanlah untuk selalu mebiasakan mencuci tangan dan mengajrkannya pada anak sejak dini. Menjaga kesehatan tubuh bisa dimulai dari hal-hal yang paling sederhana. Mencuci tangan misalnya. Mulai sekarang jadikan cuci tangan sebagai bagian dari gaya hidup Anda.

“Tangan adalah organ tubuh yang paling vital untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Dari tangan inilah akan tercipta karya-karya indah. Namun, dari tangan jugalah berbagai penyakit bisa menular. Tanpa disadari aktivitas sehari-hari membuat tangan selalu bersentuhan dengan benda-benda, mulai pulpen, keyboard computer, gagang pintu dan benda-benda lain. Semenara itu, kita tidak pernah tahu, apakah benda-benda yang kita pegang tersebut bebas dari kuman dan virus?” Ujar Mirna

Nah, untuk mencegah bakteri atau virus berpindah ke dalam tubuh, ada baiknya lakukan cui tangan, khususnya sebelum dan sesudah makan. Ditengah maraknya berbagai virus baru belakangan ini, cuci angan menjadi salah satu senjata dasar untuk mengatasinya.

Manfaat cuci tangan untuk kesehatan memang sudah diakui. Namun, masih banyak orang yang enggan melakukannya. Padahal, seiring aktivitas yang Anda lakukan, tangan pun akan dipenuhi kuman, bakteri, dan virus yang sudah siap memasuki tubuh Anda.

Tak harus masuk melalui mulut, tapi bisa melalui mata atau hidung. Penyakit infeksi umumnya menyebar melalui kontak tangan ke tangan, termasuk demam biasa (common cold), flu dan beberapa kelainan system pencernaan seperti diare.

Cuci tangan juga diwajibkan sebelum dan sesudah menyiapkan makanan, terutama sebelum dan secepatnya setelah memegang daging mentah, ayam atau ikan. Mencuci tangan juga menjadi sangat penting sebelum makan, setelah menyentuh hidung, setelah batuk atau bersin ke tangan, sebelum atau setelah menangani luka atau sayatan, sebelum atau sesudah menyentuh orang sakit atau terluka. Dan yang tidak kalah penting adalah setelah menangani sampah. Mencuci tangan dapat mencegah sakit pada anak. Utuk itu, biasakan cuci tangan pada anak sejak dini. Untuk membiasakan anak mencuci tangan, berikan contoh. Cucilah tangan bersama anak.

 

Referensi:Dinas Kesehatan

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini