Terapkan Mindfulness dalam Keseharian, Ini Manfaat yang Bisa Mahasiswa Nikmati

Terapkan Mindfulness dalam Keseharian, Ini Manfaat yang Bisa Mahasiswa Nikmati
info gambar utama

Sebagai mahasiswa tengah melakoni perkuliahan online, dalam setiap ertemuan kelas online, mengerjakan tugas, diskusi dengan teman sekelompok, hingga mencari referensi tugas kuliah membuatmu terpapar pada layar gadget sepanjang hari. Ketika hal ini berlangsung pada rentang waktu lama, otomatis berdampak pada kesehatan Goodmates.  Wajar jika Goodmates mulai merasa tertekan, bosan, kecemasan soal sampai kapan ini berlanjut, hingga kewalahan menggarap tugas yang mengantre panjang. Hal tersebut bisa berdampak pada kacaunya aktivitas harian, seperti malas makan, jarang olahraga, kurang istirahat, dan sulit tidur. Kabar baiknya, Goodmates bisa mencoba praktik Mindfulness untuk menangani situasi tersebut.

meditasi melatih fokus dan kesadaran
info gambar

Apakah Goodmates tahu apa arti dari Mindfulness? atau bahkan mungkin sebagian Goodmates pernah mencoba mempraktekkannya? Yuk cari tahu lebih banyak tentang Mindfulness.

Menurut Germer, Siegel, dan Fulton (2005) mendefinisikan Mindfulness sebagai bentuk perhatian penuh pada kondisi saat ini dan bisa menerimanya dengan penuh kesadaran. Mindfulness adalah salah satu jenis meditasi yang dapat melatih seseorang untuk fokus terhadap keadaan sekitar dan emosi yang dirasakan serta menerimanya secara terbuka. Manfaat meditasi Mindfulness tidak hanya sebatas kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Tujuan dari Mindfulness yaitu :

1. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Melatih diri agar lebih fokus dengan keadaan emosi diri dan sekitar supaya menerima dengan hati yang lapang. Melalui panca indra, pengelolaan emosi yang stabil, dan merasakan secara utuh apa yang dirasakan. Sekalipun Goodmates bisa melakukan banyak tugas dalam satu waktu, besar kemungkinan hasil yang dicapai tidak maksimal. Dengan praktik mindfulness, Goodmates bisa memusatkan seluruh energi yang dimiliki untuk fokus pada satu hal saja. Memang ini terdengar sulit, tetapi berlatih rutin bisa membantu Goodmates.

2. Mencapai kesadaran penuh untuk menjalani hidup

Dalam hal ini Mindfulness meningkatkan kesehatan psikologis, seperti mampu menjadikan daya ingat yang lebih baik dan dapat mengelola rasa sakit dengan cara memperhatikan emosi. Selain itu bermanfaat menjadikan pola pikir yang lebih positif, bekerja semakin produktif mencapai tujuan, dan lebih bahagia dengan menjalani kehidupan nyata. 

3. Memaafkan diri untuk mencintai diri dan menjalani hari dengan penuh rasa syukur

Rasa syukur yang amat terdalam merupakan tujuan dari pikiran Mindfulness ini. Menerapkan mindfulness bisa membantu Goodmates untuk terus melatih rasa syukur dengan menyadari bahwa harga diri Goodmates sangat berharga. Dengan begini, Goodmates akan lebih mencintai diri kalian sendiri.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Psikoterapis telah menyatakan bahwa Mindfulness bermanfaat dalam mengatasi stres, gangguan makan, gangguan obsesif kompulsif, hingga depresi. Mindfulness dapat mengurangi rasa cemas berlebih. Teknik mindfulness justru mendorong Goodmates untuk lebih fokus pada stres yang dirasakan dan membuka pikiran Goodmates untuk menghadapi stress dengan lebih positif. 

5. Membangun Kecerdasan Emosional dan Sosial yang Lebih Baik

Praktik mindfulness akan membawa Goodmates hadir secara utuh pada setiap momen. Setelah terbiasa demikian, Goodmates dapat lebih peka akan kehadiran orang lain, berikut menyadari emosi yang diekspresikan orang di sekitar. Dengan begitu, tumbuh perasaan empati yang membuat Goodmates bisa merespons kebutuhan mereka secara tepat.

6. Meningkatkan Daya Ingat

Penelitian ilmiah telah membuktikan hal ini. Saat Goodmates mendengarkan secara aktif perkuliahan, Goodmates cenderung memperhatikan situasi terkini. Hal tersebut membuat kesadaran Goodmates menjadi terlatih untuk fokus pada di sini dan kini.  Alhasil, Goodmates menyerap informasi yang disampaikan secara terstruktur dan lebih mudah diingat setelahnya. Bahkan, Goodmates bisa mudah mengenali apa saja yang tertuang dalam catatan karena Goodmates menuliskan setiap kata dengan cermat. Hal tersebut mengungkapkan bagaimana mendengarkan aktif bisa meningkatkan daya ingat sekaligus performa akademik kamu di kampus.

Mindfulness therapy diyakini dapat membantu Goodmates dalam meningkatkan awareness terhadap diri sendiri maupun hal-hal disekitar Goodmates. Goodmates dapat menikmati dan menyadari setiap perasaan, pikiran, dan sensasi tanpa menghakimi momen tersebut. 

Ada beberapa jenis terapi yang bergantung pada teknik Mindfulness, yakni Mindfulness-Based Stress Reduction, Dialectical Behavior Therapy (DBT), Acceptance and Commitment Therapy (ACT), and Mindfulness-Based Cognitive Therapy.

Yuk kenali lebih jauh mengenai mindfulness therapy!

1.Mindfulness-Based Cognitive TherapydanMindfulness-Based Stress Reduction

Dengan terapi ini, Goodmates akan diajak untuk merubah pikiran Goodmates terhadap pengalaman di masa lalu, yang membuat Goodmates khawatir dan cemas untuk mengurangi stres atau tekanan.

MBCT merupakan pengembangan dari MBSR. MBCT berasal dari terapi kognitif dengan teknik meditasi Mindfulness, yoga, dan kegiatan yang berorientasi pada pikiran yang berfokus ke dalam diri. Meskipun banyak jenis terapi Mindfulness yang lain, namun MBCT masih diyakini sebagai metode yang efektif untuk mengobati dan mencegah orang yang mengalami depresi. Meditasi Mindfulness melatih orang-orang dengan mode pikiran yang berkaitan dengan suasana hati. Dengan terapi ini, Goodmates akan diajarkan untuk mengubah sikap berdasarkan bagaimana cara Goodmates berpikir.

2. Dialectical Behavior Therapy (DBT) dan Acceptance and Commitment Therapy (ACT)

Meskipun DBT dan ACT menggunakan strategi perhatian dan penerimaan, strategi ini berkembang secara berbeda dan, kadang-kadang, memiliki tujuan dan peran yang berbeda dalam terapi. Dalam DBT, penerimaan dan perhatian diajarkan sebagai keterampilan perilaku, dan sebagai sikap dan perilaku yang digunakan oleh terapis dan klien. Sebaliknya, penerimaan dan perhatian dalam ACT biasanya tidak diajarkan sebagai keterampilan perilaku dan umumnya digunakan untuk melemahkan faktor verbal yang mempromosikan dan mempertahankan penghindaran pengalaman.

Mengubah gaya hidup tentu bukan pekerjaan yang dapat selesai dalam semalam. Goodmates pun tidak perlu terbebani untuk segera berubah. Goodmates dapat mencoba dengan aksi kecil dari salah satu aspek dalam hidup Goodmates yang paling mendesak untuk diubah.

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini