Wajib Tahu, 5 Cara Mudah Terjemahkan Buku dalam Bahasa Inggris

Wajib Tahu, 5 Cara Mudah Terjemahkan Buku dalam Bahasa Inggris
info gambar utama

Banyak metode pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris kita, salah satunya dengan cara membaca buku dalam bahasa inggris. Dengan sering membaca buku dalam bahasa inggris, maka semakin banyak kosakata dalam bahasa inggris yang dapat kalian temukan dan kuasai. Namun, kita sering merasa jenuh atau cepat merasa bosan saat membaca buku dalam bahasa inggris, karena kita harus menerjemahkan kosakata yang rata-rata banyak yang belum kita ketahui tersebut. Berikut 5 cara mudah untuk menerjemahkan buku dalam bahasa inggris agar kamu bisa lebih efektif ketika membaca buku bahasa inggris, jadi tidak perlu memerlukan waktu yang terlalu lama untuk sekedar menerjemahkannya dengan membuka kamus satu persatu!

1. Menggunakan Google Spreadsheet

Kalian bisa membuat tabel dengan dua bagian, satu tabel berisi kosakata bahasa inggris dan satu lagi di sampingnya berisi tabel kosakata arti dalam bahasa indonesianya. Tenang, kalian tidak perlu satu-satu menterjemahkan kata-kata bahasa inggris dalam tabel tersebut dengan menggunakan google translate atau di kamus! Kalian cukup menggunakan rumus =GOOGLETRANSLATE(cell;”en” ; ”id”). ‘en’ dan ‘id’ merupakan kode  yang artinya untuk terjemahan dari bahasa inggris ke bahasa indonesia.  Tidak hanya bahasa inggris ke indonesia saja, semua bahasa bisa untuk diterjemahkan lewat rumus spreadsheet ini, kalian bisa cari kode bahasa lainnya di google ya!

2. Menggunakan website Oxford Learner’s Dictionaries

Untuk kalian yang kemampuan bahasa inggris nya sudah lebih mahir dan sudah banyak kosakata bahasa inggris yang dikuasai, kalian wajib banget untuk menggunakan website oxfordlearnersdictionaries.com ini. Agar kalian lebih mudah memahami kosakata dengan definisi bahasa inggris. definisi dari arti kata di dalam website ini juga sangat mudah dimengerti. Kalian bisa simpan kosa kata yang sudah kalian cari definisinya tersebut ke dalam notes di smartphone kalian.

3. Membaca Melalui Kindle

Kindle merupakan sebuah perangkat untuk membaca buku  yang bentuknya mirip seperti sebuah tablet, dengan menggunakan ini kamu bisa membaca buku tanpa bisa terdistraksi hal-hal lain, salah satu manfaat membaca dengan menggunakan kindle adalah kamu bisa menerjemahkan atau mengetahui definisi sebuah kata dengan mudah. Kindle membantu penggunanya untuk bisa secara langsung mencari definisi/arti dari sebuah kata hanya dengan sekali tap. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa membaca lebih banyak mengenai arti kata itu di Wikipedia atau menerjemahkan kalimat yang kurang dimengerti. Jadi kalian tidak perlu repot-repot untuk menuliskan terjemahannya satu-satu,bukan?

4. Membaca Melalui Aplikasi Reader di Playstore

Kalau kalian mungkin belum mempunyai cukup uang untuk membeli kindle, kalian bisa menggunakan aplikasi reader di playstore seperti aplikasi bernama Moon+ Reader atau aplikasi sejenisnya dengan sekali tap pada kata yang kita pilih, kita bisa langsung menerjemahkannya. Rekomendasi aplikasi lainnya jika buku kalian merupakan buku berbentuk fisik bisa menggunakan aplikasi berbayar TextGrabber, caranya yaitu kalian harus mengarahkan kamera smartphone kalian ke teks buku yang tidak dapat dipahami. Nantinya TextGrabber akan langsung menerjemahkannya ke bahasa yang kalian pilih.

5. Mencatat Kosakata dengan Sticky notes

Untuk kalian yang masih suka dengan teknik menerjemahkan dengan cara menulis tetapi tidak mau merasa bosan dalam menerjemahkan bukunya, Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya sticky notes! sebuah kertas kecil yang ada perekat di bagian belakangnya dengan beberapa warna dan bentuk yang cerah dan lucu. Dengan menempelkan sticky notes di kerta buku yang sedang kalian baca, kalian bisa menuliskan kosakata yang belum kamu pahami di buku tersebut, lalu ketika kalian sudah selesai membaca, kalian bisa mencarinya arti dari kosakata tersebut menggunakan aplikasi penerjemah di handphone seperti u-dictionary dan aplikasi sejenisnya. Dengan menggunakan sticky notes ini maka buku bacaan bahasa inggris kalian tidak akan kotor karena coretan kalian dan juga lebih rapi dalam mengelompokkan kosakatanya sesuai halaman bukunya.

Berikut merupakan tips cara mudah untuk menerjemahkan buku dalam bahasa inggris, jadi tidak ada alasan lagi ya untuk malas membaca buku bahasa inggris !

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini