Mie Ongklok, Mie Legendaris Wonosobo

Mie Ongklok, Mie Legendaris Wonosobo
info gambar utama

Wonosobo merupakan daerah di Jawa Tengah yang sebagian besar wilayahnya adalah Dataran Tinggi Dieng. Dieng terkenal dengan julukannya sebagai Negeri Di Atas Awan. Hal ini dikarenakan lokasinya berada di ketinggian, yang membuat udara ataupun cuaca disini selalu dingin. Dieng pun merupakan salah satu wisata unggulan di Jawa Tengah. Sehingga tak heran banyak wisatawan yang datang kesini dan membuat momen tak terlupakan.

Jika GoodMates berkunjung ke Wonosobo, kurang lengkap rasanya kalau tidak mencicipi kuliner khasnya yang legendaris ini, yaitu Mie Ongklok. Mie Ongklok adalah mie kuning dengan isian cacahan kol dan daun bawang yang disiram dengan kuah kental gurih dan saus/ sambal kacang.

Dinamakan Mie Ongklok

Menurut berbagai info, awal mula mie ini diberi nama mie ongklok karena kata ongklok sendiri digunakan untuk menyebutkan peniris yang terbuat dari anyaman bambu yang digunakan untuk merebus mie, kol serta kucai. Proses perebusan yang dilakukan, yaitu dengan cara dicelup-celup dalam air panas ini disebut di ongklok. Sehingga masyarakat sekitar kemudian menyebutnya dengan sebutan mie ongklok.

Rasa Mie Ongklok

Rasa dari mie ongklok ini berbeda dengan mie pada umumnya. Mie Ongklok disiram dengan kuahnya yang terasa segar, gurih dan manis. Kuahnya bertekstur kental, berasal dari campuran tepung kanji yang biasa disebut loh atau lo. Bumbunya pun cukup simpel mulai dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, lengkuas, ebi, garam dan gula jawa. Bumbu ini lalu dicampur air dan dikentalkan dengan larutan tepung kanji. 

Apalagi mie ongklok ini akan semakin nikmat rasanya bila disandingkan dengan sate sapi dan tempe komul atau atau geblek, yakni makanan yang terbuat dari singkong yang biasanya dijual di setiap kedai-kedai mie ongklok. Benar-benar bikin nagih! Harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 15.000 an aja!

Mie Ongklok
Mie Ongklok | Dokumen Pribadu
Tempe Komul
Tempe Komul | Dokumen Pribadi

Mie Ongklok Longkrang

Waktu saya kesini, saya singgah di Mie Ongklok Longkrang. Kedai ini dikenal sebagai generasi Mie Ongklok pertama yang kelezatannya tak berubah sejak dulu. Letak kedai ini tidak jauh dari Alun-Alun Wonosobo, tepatnya di Jl. Pasukan Ronggolawe No. 14, Longkrang.

Kedainya tidak besar, dimana area makannya terbagi menjadi dua, yaitu area dalam dan area luar. Untuk cara pesan makanannya disini, GoodMates harus mengantri terlebih dahulu untuk mendapatkan nomer  antrian lalu menyebutkan pesanannya. Setelah pesanan siap dihidangkan, nomer yang dimiliki GoodMates akan dipanggil. Lalu cukup dengan melambaikan tangan saja ke staf yang mengantarkannya.

Mie Ongklok Longkrang
Mie Ongklok Longkrang | Dokumen Pribadi

Wah kalau GoodMates memiliki rencana untuk berkunjung ke Wonosobo, wajib banget mampir dan coba Mie Ongklok yang legendaris ini yaa. Mie Ongklok banyak berjejer di sepanjang jalan kok! Jadi GoodMates tidak perlu khawatir akan kehabisan. Atau udah pernha ada yang coba Mie Ongklok ini? Selamat berkuliner~

 

Referensi: Detik Food 

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini