Mengembangkan Minat dan Potensi Diri Melalui Volunteering

Mengembangkan Minat dan Potensi Diri Melalui Volunteering
info gambar utama

Pernahkah GoodMates mendengar istilah Self Development? Penggunaan ungkapan ini cukup sering di masa kini.

 Self development merupakan istilah bermakna pengembangan diri yang bertujuan untuk mengenal diri lebih dalam, terutama minat dan bakat yang dimiliki. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan potensi diri, sehingga dapat digunakan untuk memperoleh impian atau cita-cita.

Kesadaran untuk pengembangan potensi diri adalah kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh setiap orang, terutama anak muda yang sedang mempersiapkan diri untuk berkarier di dunia kerja. Persaingan yang terjadi di era teknologi saat ini begitu sengit. Keterampilan akademis yang diperoleh selama pendidikan tidak lagi mampu menjadi jaminan untuk dapat menjadi yang terbaik.

Dibutuhkan nilai tambah yang dapat meningkatkan peluang untuk memenangkan kompetisi. Pengembangan diri menjadi pilihan yang tepat untuk hal ini. Tingkat kebutuhan terhadap self development ini terwujud dari pesatnya program yang ditawarkan. 

Banyak acara self development yang diselenggarakan oleh berbagai pihak. Misalnya saja kegiatan webinar dengan topik yang memaparkan kiat pengembangan diri. Ada pula kegiatan berupa pelatihan tentang sebuah kompetensi dan banyak kegiatan lainnya.

Dari banyaknya cara untuk mewujudkan self developmentvolunteeringmerupakan salah satu bentuknya. Volunteering merupakan kegiatan sukarela yang diadakan oleh pihak tertentu kepada setiap individu yang tertarik untuk bergabung. Karena sifatnya yang sukarela, maka kegiatan volunteeringtidak mengikat bagi para pesertanya.

Biasanya, volunteering berisi tentang aktivitas yang berhubungan dengan masyarakat luas. Lalu, mengapa kegiatan volunteering dapat menjadi cara untuk mengembangkan diri? Berikut adalah penjelasannya.

Memperkaya Keterampilan 

Volunteering pada umumnya membuka berbagai posisi dalam pelaksanaannya. Posisi ini juga memiliki kualifikasi masing-masing. Dengan terlibat dalam volunteering, GoodMates dapat mencoba kesempatan pada posisi yang sebelumnya belum pernah dijalani.

Dari sini, Goodmates akan menemukan keterampilan dan pengalaman yang baru. Goodmates juga dapat mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan diri, sehingga dapat mengetahui minat dan potensi yang ada.

Mengasah Leadership Skill

Kemampuan kepemimpinan merupakan hal paling dicari saat ini. Ini sering dijadikan sebagai salah satu kualifikasi dalam sebuah proses seleksi. Kepemimpinan bukan hanya berbicara tentang kemampuan untuk dapat memimpin orang lain, namun juga tentang keterampilan untuk memimpin diri sendiri dan kesanggupan untuk dapat dipimpin.

GoodMates dapat meningkatkan skill ini dalam program volunteering. Selama program berlangsung, GoodMates akan berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain. Di sinilah kepemimpinan akan berkembang.

GoodMates akan belajar untuk mengikuti arahan yang ada, menggeser idealisme pribadi untuk kepentingan bersama, serta mencoba untuk memberi dan menerima pendapat. Jadi, selama mengikuti volunteering, pastikan GoodMates menikmati setiap prosesnya.

Memperluas Koneksi

Salah satu keuntungan mengikuti volunteering adalah bertambahnya jejaring pertemanan yang GoodMates miliki. GoodMates berkesempatan untuk mengenal berbagai macam sifat setiap pribadi dan akan berkenalan dengan banyak individu dari berbagai latar belakang yang berbeda.

Dengan memperluas koneksi, GoodMates sudah mempersiapkan masa depan dengan lebih baik. Bukan tidak mungkin relasi yang didapat pada saat volunteering akan berguna di kemudian hari. Karena itu, usahakan agar koneksi yang didapatkan tetap bertahan meskipun program yang dilaksanakan sudah berakhir.

Melibatkan Diri Dalam Kegiatan Sosial

Karena sifat volunteering bertujuan untuk masyarakat luas, maka GoodMates pasti berkaitan dengan bidang sosial. Saat ini, aktivitas yang GoodMates lakukan untuk masyarakat dapat menjadi poin plus untuk profil GoodMates. Oleh karena itu, sebisa mungkin libatkan diri dalam kegiatan volunteering untuk meningkatkan jiwa sosial.

GoodMates, demikian penjelasan mengenai self development melalui kegiatan volunteering. Semoga, GoodMates dapat meningkatkan kapasitas diri dan memberi dampak positif bagi masyarakat melalui kegiatan volunteering.

 

 

 

 

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini