Masuk Dunia Kampus, Mahasiswa Harus Punya Aplikasi Ini

Masuk Dunia Kampus, Mahasiswa Harus Punya Aplikasi Ini
info gambar utama

Memasuki dunia kampus akan ada banyak hal-hal baru datang bagi kamu. Sebagai seorang mahasiswa, pastinya kamu dituntut untuk dapat memiliki hal-hal yang digunakan untuk menunjang aktivitas perkuliahan. Salah satunya, ada pada aplikasi yang sebaiknya kamu tahu dan punya.

Berstatus sebagai mahasiswa, kamu tak akan jauh atau lepas dari namanya aplikasi-aplikasi yang akan membantu kamu dalam penyelesaian segala tugas maupun yang berkaitan dengan dunia kampus.

Rasanya akan rugi ketika mahasiswa tidak mengetahui pasti aplikasi macam apa itu dan apa fungsinya. Berikut ini aplikasi yang harus mahasiswa tahu.

  1. Publish and Perish

Terdengar asing dengan publish and perish? Bagaimana kalau google scholar? Nah, pasti lebih sering terdengar, bukan. Publish and perish akan membantu kamu untuk menemukan sumber-sumber informasi jurnal dari google scholar, scopus, dan lain-lain. Jadi, publish and perish memberikan satu aplikasi lengkap yang terdiri dari jurnal-jurnal lainnya.

  1. SPSS (Statistical Program for Social Science)

GoodMates salah satu anak statistika? Pasti tak asing dengan yang satu ini. SPSS untuk anak statistika sangat berguna dalam menganalisis data-data statistika. Namun, SPSS tak hanya khusus mahasiswa statistika. GoodMates jurusan selain statistika pun akan membutuhkan SPSS untuk mengolah data skripsi, misalnya karena di dalam SPSS kamu dapat membuat laporan dengan berbagai bentuk, seperti grafik, tabulasi, diagram, dan lain-lain.

  1. Microsoft Lens

Apa kamu termasuk dalam mahasiswa beruntung karena dosen rajin mengirimkan materi? Namun, ketika menyalin dalam catatan perlu waktu lama karena materi yang banyak. Kalau sudah begitu GoodMates harus memiliki microsoft lens. Sangat sederhana dan mudah, kamu hanya perlu foto bagian tulisan kemudian microsoft lens akan menampilkan semua tulisan yang masuk dalam foto. Kamu pun tinggal menekan tombol copy, deh.

  1. Mendeley

Yang satu ini sudah akrab terdengar, ya, pasti. Dalam penyusunan daftar pustaka, kampus tak seperti ketika kamu duduk di bangku SMP atau SMA yang mana sumber-sumber yang dibaca hanya tinggal disalin dan masuk dalam daftar pustaka. Di dunia kampus, tak semudah itu. kamu perlu menyusun daftar-daftar sumber tersebut dengan benar dan sesuai kaidah sebetulnya. Dengan begitu, mayoritas dosen akan menyarankan mahasiswa untuk mengunduh mendeley yang berguna dalam pembuatan daftar pustaka.

  1. Zoom dan Screen Recorder

Nah, kalau kombinasi ini akan sangat berguna untuk mahasiswa yang masih dalam sistem pembelajaran online. Ketika penyampaian materi dari dosen biasanya memanfaatkan zoom. Sedangkan, screen recorder berguna bagi kamu yang suka melakukan aktivitas lain ketika dosen sedang menjelaskan materi. Jadi, kamu dapat merekamnya maupun untuk mengulang kembali saat ada penyampaian yang kurang kamu dengar.

  1. Notion

Mahasiswa yang sudah dipenuhi kegiatan-kegiatan dan hampir kesulitan dalam mengatur waktu maka kamu akan memerlukan notion. Notion sama hal nya seperti catatan yang mungkin sudah menjadi bawaan dari hand phone yang sedang kamu gunakan. Perbedaannya, notion terlihat lebih jelas dan menampilkan fitur semacam notes atau to do list yang mudah untuk dibaca dan diatur.

Selain itu, kamu dapat menggunakan tema-tema menarik yang terlihat makin nyaman ketika membaca kegiatan-kegiatan apa yang akan dilakukan. Namun, memang sebagian orang berpikir penggunaan notion rumit dan lebih mudah dicatat dengan notes biasa, tetapi semua kembali lagi pada kebiasaan dan kenyamanan kamu untuk menggunakan yang seperti apa.

Itu dia enam aplikasi yang akan menunjang mahasiswa dalam menghadapi dunia kampus yang tiap hari makin kompleks.

Referensi: twitter @collegemenfess | Statistics Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini