Deretan Jurusan dengan Prospek Kerja di Bidang Digital

Deretan Jurusan dengan Prospek Kerja di Bidang Digital
info gambar utama

Profesi kerja yang bergerak di bidang industri digital kian berkembang. Belakangan ini, cukup banyak perusahaan membuka lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi digital. Potensi ini patut dipertimbangkan, terlebih untuk GoodMates yang tengah berada di tahun akhir SMA. 

Menurut World Economic Forum (WEF), ada empat profesi yang akan sangat dibutuhkan di era digital, yakni analis data dan ilmuwan, spesialis artificial intelligence (AI), spesialis pemasaran dan strategi digital, dan spesialis transformasi digital. Selain keempat profesi tersebut, era digital juga menciptakan lapangan profesi lain, misalnya pekerjaan yang berhubungan dengan media sosial.

Untuk bisa bekerja di industri digital tersebut, ada beberapa jurusan yang bisa GoodMates tekuni. Simak sampai akhir, berikut ulasan tujuh jurusan yang memiliki prospek kerja di bidang digital.

Baca Juga: Berstatus Jadi Mahasiswa, Sudah Ada Skill Ini Belum?

Matematika dan Statistika

Jurusan yang berhubungan dengan logika berhitung seperti Matematika dan Statistika berpotensi besar dalam industri digital. Pasalnya, salah satu kebutuhan dalam industri ini ialah pengolahan data dalam jumlah besar. Untuk mengolah data tersebut, umumnya perusahaan akan mencari lulusan dari dua jurusan ini.

Matematika dan Statistika merupakan jurusan yang mempelajari seluk-beluk angka, hitungan, dan terapannya. Mahasiswa jurusan ini belajar mengumpulkan, menganalisis, dan menyajikan data kuantitatif. Hal tersebut selaras dengan apa yang dibutuhkan dalam profesi data scientist atau data analyst

Bisnis Digital

Baru-baru ini, banyak universitas di Indonesia yang membuka jurusan Bisnis Digital. Mulai dari perguruan tinggi negeri hingga swasta mulai menerima mahasiswa untuk jurusan ini. Hal tersebut karena bisnis digital di Indonesia menunjukkan perkembangan yang sangat pesat.

Online shop, marketplace, atau e-commerce semakin merajalela. Untuk itu, diperlukan pekerja yang mampu mengelola jalannya bisnis digital tersebut. Dengan berkuliah di jurusan ini, maka potensi diterima bekerja di startup populer akan semakin besar.

Desain Komunikasi Visual (DKV)

Industri digital erat kaitannya dengan desain. Tampilan visual memiliki peranan besar untuk menunjang jalannya industri ini.Sebab itu, banyak perusahaan yang mencari pekerja dengan kemampuan desain yang luar biasa.

Beberapa profesi yang berhubungan dengan desain di era digital, di antaranya ialah UI/UX designer, web designer, layouter, atau animator. Desain Komunikasi Visual (DKV) merupakan jurusan yang sesuai dengan profesi tersebut. Dalam jurusan ini, mahasiswanya dilatih menumbuhkan kepekaan seni, sekaligus mempraktikkan ilmu desain melalui berbagai perangkat yang ada.

Baca Juga: Masuk Dunia Kampus, Mahasiswa Harus Punya Aplikasi Ini

Digital Marketing

Nyaris seluruh perusahaan yang bergerak di bidang bisnis digital, membutuhkan seorang pemasar digital atau digital marketer. Jika GoodMates, berkuliah di jurusan Digital Marketing bisa menjadi pilihan tepat untukmu. Saat ini, jurusan Digital Marketing sudah tersedia di beberapa kampus Indonesia.

Jurusan Digital Marketing mengajarkan mahasiswanya terkait pengetahuan, teori, dan analisis pemasaran. Selain itu, mahasiswa di jurusan ini juga belajar seluk-beluk pengambilan keputusan yang berhubungan dengan pertimbangan bisnis, serta kiat-kiat memasarkan produk untuk menjangkau konsumen melalui media digital.

Cyber Security

Kebocoran data belakangan ini marak terjadi di Indonesia. Sebut saja viralnya aksi Bjorka, hacker yang membocorkan data penting milik pemerintah. Fenomena ini memperkuat alasan bahwa keamanan siber, khususnya di tanah air, perlu diterapkan dan diperkuat.

Jurusan Cyber Security menyediakan wadah untuk mempelajari keamanan siber tersebut. Mahasiswa jurusan ini diajarkan teknik merancang sistem keamanan di dunia digital. Beberapa mata kuliah yang dipelajari pada jurusan Cyber Security, antara lain, cyber security analysis and method, data structures, computer network, dan network programming.

Teknik Informatika

Teknik Informatika merupakan ilmu yang mempelajari prinsip, teori, dan penerapan yang berhubungan dengan komputer, serta sistem dan perangkat informasi. Dapat dikatakan, jurusan Teknik Informatika merupakan salah satu fondasi dari berjalanya teknologi digital. Tidak heran, lulusan jurusan ini sangat potensial di era digital.

Beberapa prospek kerja setelah berkuliah di jurusan Teknik Informatika ialah programmer, web designer, software developer, dan network support engineer. Jurusan ini juga cukup populer. Buktinya, banyak kampus yang membuka jurusan Teknik Informatika dan peminatnya di kalangan calon mahasiswa juga meningkat dari tahun ke tahun.

Ilmu Komunikasi

Jurusan dengan prospek kerja di bidang digital yang terakhir ialah Ilmu Komunikasi. Jurusan ini mempelajari proses penyampaian pesan secara efektif dengan berbagai medium yang tersedia. Tidak hanya publik speaking, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi juga belajar strategi komunikasi, kepenulisan, bahkan juga teknik produksi karya visual.

Ilmu Komunikasi termasuk ilmu yang berdiri atas pencampuran berbagai bidang ilmu lainnya, seperti psikologi, sosiologi, politik, bisnis, dan seni. Tidak heran, jurusan Ilmu Komunikasi memiliki prospek kerja yang luas. Beberapa profesi yang membutuhkan lulusan Ilmu Komunikasi ialah media social specialist, public relations, copywriter, dan marketing communication.

Baca Juga: Menjadi Mahasiswa Kupu-kupu, Untung atau Buntung?

Tujuh jurusan di atas dapat menunjang performa GoodMates jika ingin berkarier di bidang digital. Jadi, jurusan apa yang akan kamu pilih?

Referensi: Kompas | UMT | UMN

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini