Indonesia Raih Juara Pertama di Festival Itaewon 2022 Melalui Budaya, Kebaya dan Batik

Indonesia Raih Juara Pertama di Festival Itaewon 2022 Melalui Budaya, Kebaya dan Batik
info gambar utama

Berbicara mengenai budaya, tentu eksistensi Indonesia tak perlu diragukan. Keragaman suku, bangsa, dan budaya membuat Indonesia makin ingin di cari tahu oleh mancanegara. Seperti kesuksesan Indonesia pada ajang Festival Itaewon 2022.

Itaewon Global Village Festival atau Festival Itaewon merupakan acara budaya tahunan yang diselenggarakan di Itaewon, Korea Selatan oleh Itaewon Tourism Zone Association. Festival ini berlangsung pada 15-16 Oktober 2022.

Pada tahun ini menjadi penyelenggaran Festival Itaewon kembali setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi. Diikuti oleh berbagai negara-negara yang ada di dunia, termasuk Indonesia. Tiap negara yang ikut dalam festival ini memiliki booth masing-masing yang mempresentasikan negaranya.

Kabar baik dan membanggakan yang hadir adalah Indonesia berhasil meraih juara pertama dalam Festival Itaewon 2022. Indonesia unggul dibandingkan empat negara finalis, yaitu Filipina, Ukraina, Nigeria, dan Kolombia.

Komponen penilaian yang menarik para juri, meliputi parade kebaya, adat, dan batik yang ditampilkan secara apik dan menarik.  Selain itu, ada pula penampilan Tarian Gantar Belian dari Kalimantan yang begitu tercermin bagaimana jiwa gotong royong masyarakat Indonesia.

Meskipun diselenggaran di Korea Selatan, antusiasme penonton pun tak hanya berfokus pada parade negara sendiri. Namun, diperlihatkan juga pada tiap penampilan negara yang ada.

Total ada 14 negara yang masing-masing memiliki booth sendiri agar pengunjung dapat belajar dan tahu akan negara-negara lain serta ikut serta dalam kegiatan budaya sekaligus juga dapat membeli kerajinan khas dari tiap negara yang ada.

Foto: kemlu.go.id

Indonesia sendiri diwakili oleh kurang lebih 150 masyarakat Indonesia yang sedang berada di Korea Selatan, terutama diambil dari bagian Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul. Barisan awal parade, terlihat perempuan-perempuan yang mengenakan kebaya dan kain nusantara.

Pakaian adat, batik, dan tenun khas dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia. Pada 15 Oktober 2022 sebagai hari berakhirnya parade, tiap negara menampilkan pertunjukan budaya tepat dihadapan jajaran Walikota Itaewon.

Pada 16 Oktober 2022 menjadi hari diumumkannya sang pemenang. Indonesia sebagai juara pertama yang menerima gold prize sebesar 5 juta won. Diketahui pula, hampir 1 juta masyarakat lokal dan mancanegara hadir dalam Festival Itaewon 2022. Selain itu, terdapat juga penampilan budaya diiringi live musik, kesenian dan makanan.

Keikutsertaan Indonesia dalam ajang Festival Itaewon 2022 ini tak lepas dari acara tahunan KBRI Seoul, yaitu Festival Indonesia yang mana pelaksanaannya sama dengan diselenggarakannya Festival Itaewon.

Oleh karena itu, dari KBRI Seoul memutuskan untuk Indonesia ikut bergabung dalam perayaan Festival Itaewon 2022. Atas kemenangan ini, tentunya menjadi semangat baru bagi KBRI dimanapun berada.

Dalam Festival Itaewon, Indonesia tak hanya sekadar eksis. Namun, KBRI Seoul juga menjadikan Festival Itaewon 2022 sebagai sarana mempromosikan Indonesia melalui parade budaya dan ekonomi kreatif Indonesia serta booth. Dengan begitu, budaya, kebaya, dan batik makin diketahui mancanegara.

Siapa sangka pula, Indonesia berhasil menyabet posisi pertama. GoodMates, ini menjadi salah satu pembuktian bahwa budaya Indonesia, terutama kebaya dan batik sangat menarik mancanegara. Harapannya, Indonesia dapat terus mampu bersaing untuk menunjukkan kebudayaan khasnya yang luar biasa.

Referensi: Kemlu | The Korea Herald

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini