10 Pantai di Jawa Tengah yang Bagus

10 Pantai di Jawa Tengah yang Bagus
info gambar utama

Berencana untuk berlibur ke pantai? Wah, pasti seru nih kalau melakukan perjalanan untuk menikmati semilir angin berhembus dan mendengar suara ombak yang menderu serta melihat matahari terbenam.Tapi, biasanya sih orang-orang akan memilih Bali untuk menikmati pantainya yang memesona. Padahal beberapa pantai Jawa Tengah tak kalah cantik dan memesona yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati itu semua loh!

Banyak pantai Jawa Tengah yang tidak kalah cantik dan seksi dari pantai yang ada di Bali, memang belum banyak yang menjelajahi pantai di sini! Namun, jika Anda sudah berkunjung sekali ke salah satu pantai Jawa Tengah dijamin pasti akan kembali untuk berkunjung kembali terlebih bagi Anda yang ingin menikmati suasana pantai yang tenang.

10 Rekomendasi Pantai di Jawa Tengah yang Tak Kalah Cantik dari Bali

1. Pantai Pulau Panjang

Ingin menikmati pesona pantai alam yang nyaman dengan ombak yang tenang? Pantai Pulau Panjang bisa menjadi destinasi Anda untuk menikmati pantai Jawa Tengah dengan pasir putih nan lembut dan air lautnya yang jernih. Selain bermain pasir, Anda juga bisa berenang dengan puas di pantai ini tentunya harus tetap berhati-hati. Lokasinya hanya sekitar 2,5 km dari Pantai Jepara.

2. Pantai Pecaron

Letaknya yang agak tersembunyi, Pantai Pecaron bisa menjadi destinasi bagi Anda yang ingin mencari inspirasi atau ingin sendiri untuk menghilangkan penat dengan suasana yang nyaman dan damai. Meski jarang dikunjungi karena aksesnya yang sedikit sulit, pasalnya pantai ini memiliki pesona yang sangat indah dengan tebing yang tinggi. Untuk ke lokasi pantai Jawa Tengah satu ini, Anda bisa datang ke Desa Srati, Kecamatan Ayah.

3. Pantai Ombak Mati

Dinamakan Pantai Ombak Mati, karena pantai di sini sama tenangnya dengan pantai utara lainnya bahkan di sini hampir tidak ada ombak yang menderu. Pasirnya yang putih jernih dan airnya yang cukup dangkal bisa membuat Anda menikmati untuk bermain di pantai Jawa Tengah satu ini dengan hikmat. Lokasi pantai terletak di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara.

4. Pantai Menganti

pantai menganti jateng

Foto: Penny S./Foursquare

Menjadi salah satu destinasi pantai Jawa Tengah yang keindahan pantainya setara dengan keindahan pantai di Selandia Baru. Kejernihan lautnya yang dikelilingi perbukitan yang hijau berupa tebing, membuat nilai dari Pantai Menganti ini sangat indah dan mahal. Pantai ini terletak di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.Nah, nggak perlu payah-payah ke Selandia Baru bukan? Jika di Indonesia ada pantai yang lebih elok untuk dikunjungi..

5. Pantai Maron

pantai maron semarang

Foto: Ayu R./Foursquare

Berada di pinggiran Kota Semarang, Pantai Jawa Tengah ini menjadi salah satu pantai yang cukup populer dengan pemandangan dan fasilitas bermainnya yang menarik. Karena berdekatan dengan bandara, Pantai Maron masuk dalam kepemilikan TNI Angkatan Darat. Nah, jika ke sini jangan lewatkan untuk berkeliling di hutan mangrove, jembatan batu, hingga memancing di budidaya tambak laut di sana.

6. Pantai Marina Semarang

pantai marina semarang

Foto: Andre P./Foursquare

Berseberangan dengan Pantai Maron, Pantai Marina Semarang Jawa Tengah ini terletak di ujung Kota Semarang. Pantainya yang tenang, nyaman serta pasirnya yang putih akan membuat Anda kagum dengan pesona yang diberikan oleh pantai satu ini. Kegiatan yang bisa dilakukan di sini adalah mengelilingi hutan bakau dengan kapal sewaan serta Anda juga bisa memancing.

7. Pantai Karang Jahe

karang jahe beach

Foto: Reiza Z./Foursquare

Pantai Jawa Tengah satu ini memiliki keindahan alam laut yang sangat eksotis, Anda bisa menikmati keseruan menyelam dengan indahnya warna-warni terumbu karang. Pantai Karang Jahe memiliki suasana pantai yang teduh, dengan pasir putih dan hutan cemara di sepanjang pantai. Pantai ini terletak di Desa Punjulharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, tepatnya di Jalan Rembang-Lasem KM 7,5.

8. Pantai Karimun Jawa

pantai Karimun jawa

Foto: Hervyna Ayunisa I./Foursquare

Terletak di sebelah utara Jepara, pantai Jawa tengah satu ini sangat indah dan elok untuk Anda kunjungi. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, pantai ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengabadikan momen-momen seperti matahari terbit, terbenam serta kegiatan para nelayan. Bukan hanya itu, buat Anda yang memiliki hobi snorkeling juga bisa menikmati keindahan alam laut yang sangat luar biasa di pantai satu ini.

9. Pantai Nampu

pantai nampu wonogiri

Foto: Puri T./Foursquare

Berlokasi di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito pantai Jawa Tengah satu ini wajib untuk Anda kunjungi karena memiliki pemandangan yang menakjubkan. Meski memiliki ukuran yang cukup pendek, pantai ini dikelilingi oleh tebing-tebing hijau yang sangat indah. Bukan hanya itu, Anda juga akan menemui batu-batu karang yang terletak di bibir pantai yang menambah keindahan pantai ini. Bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, pantai ini bisa menjadi salah satu objek untuk bidikan karya Anda.

10. Pantai Alam Indah

pantai alam indah tegal

Foto: Novitri D./Foursquare

Dikenal juga sebagai surga di Tegal, Pantai Alam Indah terletak di Mintaragen, Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah yang menjadi pemikat para wisatawan untuk mampir ke pantai ini. Pantai Jawa Tengah ini menyuguhkan panorama alam yang sangat eksotis dan ombaknya yang juga damai, Anda bisa mengajak keluarga untuk menikmati pantai dengan bermain pasir yang lembut di bibir pantai yang cukup luas.

Baca juga: 5 Rekomendasi Pantai Terindah di Pesisir Utara Jawa Tengah

Tips Jalan-Jalan Ke Pantai

sumber gambar: pexels.com
info gambar

Pantai memang menjadi salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi, hal ini dikarenakan keindahan alam laut, suasananya yang damai serta anginnya yang sejuk membuat pantai menjadi tempat favorit semua orang terutama pantai Jawa Tengah. Namun, sebelum berkunjung ke pantai yuk ikuti beberapa tips agar liburan Anda menjadi seru dan menyenangkan berikut, yaitu:

1. Jangan lupa gunakan sunblock

Cuacanya yang panas bisa membuat kulit Anda mudah terbakar jika tidak menggunakan sunblock. Jika hal ini diabaikan bisa-bisa pulang dari pantai kulit Anda akan menjadi hitam atau muncul bintik-bintik hitam, nah untuk menghindari hal ini terjadi maka gunakanlah sunblock berkadar SPF tinggi berkisar antara SPF 50.

2. Kenakan outfit yang nyaman

Jangan sampai salah kostum alias saltum saat berlibur ke pantai, kenakanlah outfit yang nyaman seperti baju dan celana yang tidak terlalu tebal serta pilihlah warna pakaian yang cerah agar foto-foto Anda saat liburan ke pantai terlihat keren. Tidak ada salahnya untuk menambah aksesoris seperti topi yang juga melindungi Anda dari panasnya matahari. Satu lagi, kenakan alas kaki yang tepat seperti sandal agar mudah dibersihkan saat terkena air dan pasir.

3. Membawa kacamata hitam

Bukan hanya sebagai aksesoris, kacamata hitam juga menjadi barang wajib yang Anda bawa saat berlibur ke pantai. Pasalnya sinar UV atau cahaya matahari akan membuat mata menjadi silau dan penglihatan menjadi buram, namun saat mengenakannya maka Anda dapat menikmati keindahan pantai tanpa hambatan.

4. Siapkan kamera terbaik

Jangan lupa untuk membawa kamera terbaik untuk mengabadikan momen terindah saat berlibur ke pantai, pilih spot terbaik yang ada di pantai agar hasil dari bidikan kamera terlihat keren.

5. Membawa makanan dan minuman

Tak dipungkiri bahwa harga makanan dan minuman yang ada di lokasi wisata akan lebih mahal, untuk itu sebaiknya bawalah makanan dan minuman dari rumah. Gunakan wadah yang bisa dibawa pulang kembali tanpa harus mengotori pantai. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba jajanan yang dijual di sana seperti menikmati kelapa muda dipinggir pantai.

Itu tadi 10 pantai di Jawa Tengah yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga untuk mengisi liburan di akhir pekan.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini