Khasiat Buah Sirsak, Ampuh Cegah Kanker dan Diabetes

Khasiat Buah Sirsak, Ampuh Cegah Kanker dan Diabetes
info gambar utama

Sirsak memang sedap dimakan. Rasanya manis sedikit asam dan teksturnya lembut. Tak hanya segar di lidah, buah ini juga menyimpan setumpuk manfaat untuk kesehatan.

Sirsak atau annona muricata berasal dari wilayah tropis di Amerika Serikat. Tapi, sangat mudah menemukannya di Indonesia. Ia juga dikenal sebagai graviola. Buahnya tumbuh di pohon besar, sedangkan kulitnya berwarna hijau berduri. Soal kelezatan, sirsak kerap dianggap mirip buah mangga, nanas, dan stroberi.

Omong-omong soal khasiat sirsak, dalam dunia pengobatan tradisional, sirsak banyak dimanfaatkan untuk mencegah dan membunuh penyakit. Mulai dari buahnya, daun, kulit, sampai batangnya diolah menjadi obat alternatif.

Melansir Webmd.com, sirsak kaya akan vitamin c dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Zat itu pun mampu menangkal radikal bebas. Satu sirsak utuh mengandung 215% vitamin c harian, kalori, protein, karbohidrat, kalium, magnesium, tiamin, niasin, riboflavin, folat dan zat besi.

Tak hanya itu, satu sirsak utuh juga mengandung 83% serat harian yang dibutuhkan tubuh. Nutrisi ini penting untuk mencegah sembelit dan menjaga pencernaan tetap prima.

Nah, berikut khasiat daun sirsak yang perlu kamu tahu.

Jeruk Sambas, Buah Ikonik yang Gerakkan Ekonomi Masyarakat Kalbar

Membunuh sel kanker

Berdasarkan sebuah penelitian menggunakan tabung reaksi, ekstrak sirsak dapat mengurangi ukuran tumor kanker payudara dan membunuh sel kanker. Studi lainnya menemukan bahwa ekstrak sirsak dapat menghentikan pembentukan sel leukimia.

Mengurangi insomnia

Secara tradisional, daun sirsak telah digunakan untuk mengurangi insomnia. Daun sirsak mampu merelaksasi otot polos dan menjeadi obat penenang. Segelas teh daun sirsak juga dapat membantu meredakan stres.

Mengenal 6 Jenis Buah Unik Asal Pedalaman Papua

Anti inflamasi

Antioksidan yang terdapat dalam buah sirsak ampuh melawan radikal bebas. Ini bermanfaat untuk mengurangi kerusakan sel akibat stres oksidatif, penyebab peradangan. Antioksidan itulah yang membantu mengurangi peradangan.

Menstabilkan tekanan darah

Hipertensi bisa mendatangkan serangan jantung, bahkan kematian. Penyakit ini bisa terjadi karena kandungan natrium dalam tubuh terlalu tinggi. Cara menurunkan kadar zat itu antara lain dengan mengonsumsi kalium yang terdapat juga di dalam buah sirsak.

Kalium dipercaya dapat membuang natrium, meredakan ketegangan dinding pembuluh darah, dan menurunkan tekanan darah.

Membunuh bakteri perusak gigi

Sebuah studi menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat membunuh bakteri strain, biang keladi penyakit gusi dan gigi berlubang. Selain itu, ia juga dapat melawan kolera dan bakteri staphylococcus.

Mengobati diabetes

Sebuah penelitian tentang penggunaan ekstrak daun sirsak dalam pengobatan tradisional diabetes di Journal of Ethnnophamfmacology menyimpulkan bahwa ekstrak daun sirsak dapat mengurangi kadar glukosa darah dalam tubuh tikus sebesar 75 persen pada dosis 100 mg/kg, dilansir Halodoc.

Buah Lerak si Detergen Alami Warisan Nenek Moyang

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

AH
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini