7 Makanan dari Singkong Khas Indonesia: Tradisional hingga Kekinian

7 Makanan dari Singkong Khas Indonesia: Tradisional hingga Kekinian
info gambar utama

Singkong atau yang memiliki bahasa latin Manihot utilissima, merupakan salah satu bahan makanan yang cukup populer di tengah masyarakat Indonesia. Bahkan, singkong menjadi bahan pengganti nasi beberapa daerah karena kaya akan karbohidrat yang membuat perut cepat kenyang. Sehingga tak heran, jika makanan dari singkong diolah menjadi jajanan pasar yang dibuat dengan cara digoreng, dikukus, di rebus dan lainnya.

Singkong menjadi makanan yang masih ada di hati masyarakat, meski saat ini perkembangan industri kuliner kekinian sangat pesat yang membuat jajanan pasar mulai perlahan menjadi tergeser. Namun, olahan makanan dari singkong ini tidak kalah citarasanya dengan makanan yang lain. Berikut beberapa makanan dari singkong yang wajib untuk Anda coba, di antaranya:

1. Getuk

Getuk Lindri - sajiansedap.grid.id
info gambar

Siapa yang pernah makan makanan dari singkong satu ini? Ya, getuk adalah jajanan pasar yang sudah ada sejak jaman dahulu dan dapat ditemui di beberapa kota besar Indonesia. Getuk ada beberapa pilihannya, ada getuk yang digoreng dinamakan getuk goreng dan getuk yang dikukus atau dikenal dengan nama getuk lindri.

Getuk goreng biasanya memiliki tekstur garis-garis, sementara getuk lindri memiliki warna yang cantik dan memiliki rasa yang berbeda. Rasanya legit yang ditaburi dengan parutan kelapa, membuat banyak orang menyukai makanan dari singkong ini.

Baca juga: Rekomendasi Makanan Khas Jawa Timur yang Wajib Dicoba

2. Singkong Thailand

Singkong Thailand - cookpad.com/@cook_9057674
info gambar

Makanan dari singkong kekinian yang bisa Anda buat sendiri di rumah adalah singkong thailand, makanan ini berasal dari Negeri Gajah Putih dengan nama Man Sampalang Cheum (bahasa Thai) yang memiliki arti man sampalang adalah singkong dan cheum merupakan sirup gula.

Singkong thailand adalah singkong yang dibuat dengan cara direbus bersama garam, daun pandan, air, gula, dan tepung sagu hingga empuk. Lalu sajikan dengan saus santan dan taburan wijen. Tentu rasanya sangat nikmat jika disantap selagi hangat.

3. Lemet

Lemet Singkong - sajiansedap.grid.id
info gambar

Lemet merupakan salah satu makanan yang terbuat dari singkong parut dengan isian gula merah dan kelapa parut yang dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus. Meski tergolong menjadi jajanan jadul, makanan dari singkong satu ini masih menjadi makanan favorit masyarakat di Indonesia.

Rasanya yang kenyal dan enak, lemet cocok disantap sebagai kudapan di sore hari bersama keluarga ditambah dengan teh hangat.

4. Keripik singkong

Keripik Singkong - cookpad.com/@yuyunS
info gambar

Olahan singkong yang dibuat dengan cara mengirisnya tipis-tipis dan digoreng menggunakan minyak yang hangat, membuat siapa saja menyukainya dan tidak berhenti untuk memakannya saat mencobanya sekali.

Keripik singkong merupakan makanan dari singkong yang bisa disantap dengan taburan bumbu pedas, gurih ataupun original.

5. Cenil

Cenil - cookpad.com/@susan_mellyani
info gambar

Memiliki warna yang beragam dan rasanya yang unik, membuat cenil sangat menarik untuk dicicipi. Cenil adalah makanan tradisional yang merupakan jajanan pasar yang mudah dijumpai. Biasanya, cenil disajikan juga saat acara-acara rakyat dan keagamaan di beberapa daerah.

Rasanya kenyal dan membuat kita ketagihan untuk memakan makanan dari singkong satu ini, bentuknya pun menarik karena ditaburi parutan kelapa yang ditambah dengan gula pasir.

Baca juga: 5 Makanan Khas Jambi Bercita Rasa Manis

6. Combro

Combro - dapurkobe.co.id
info gambar

Combro merupakan singkatan dari “oncom di jero” yang merupakan salah satu gorengan yang berasal dari tanah pasundan, Jawa Barat dan memiliki arti oncom di dalam.

Makanan tradisional Indonesia dari singkong ini dibuat dengan cara memarut singkong dan dibentuk bulat-bulat lalu diisi oncom dengan olahan sambal di dalamnya. Setelah itu, adonan digoreng. Rasanya yang pedas dan gurih, akan membuat Anda ketagihan menyantap camilan ini yang disajikan selagi hangat bersama teh di sore hari.

Baca juga: 7 Makanan Tradisional Khas Sunda yang Khas dan Wajib Dicoba

7. Singkong Goreng Keju

Singkong Keju - cookpad.com/@elas1414
info gambar

Makanan dari singkong satu ini merupakan salah satu jajanan favorit yang biasa dijual di pinggir jalan. Rasanya renyah dan gurih yang ditaburi keju yang hingga melimpah, membuat banyak orang menyukainya terutama sebagai kudapan di sore hari.

Artikel terkait: Tanaman Porang, Manfaat, Budidaya dan Potensi Ekspor untuk Petani Lokal

Dari tujuh makanan dari singkong yang telah dijelaskan, mana nih makanan yang paling Anda suka dan sering dicicipi?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini