24 Makanan Tradisional di Indonesia: Dari Sabang sampai Merauke

24 Makanan Tradisional di Indonesia: Dari Sabang sampai Merauke
info gambar utama

Makanan tradisional Indonesia mempunyai variasi yang sangat beragam. Hampir setiap daerah mempunyai minimal satu makanan khasnya masing-masing. Hal tersebut karena tiap daerah di Indonesia mempunyai selera yang berbeda-beda. Itulah yang disebut sebagai makanan tradisional Indonesia.

Makanan tradisional Indonesia bahkan sekarang sudah menjadi ikon masing-masing daerah. Tidak jarang orang berkunjung ke sebuah daerah hanya karena ingin mencoba makanannya.Simak beberapa makanan tradisional dari beberapa wilayah di Indonesia.

Ragam Makanan Tradisional Indonesia, dari Sabang sampai Merauke

1. Mie Aceh (Aceh)

Fimela
info gambar

Sesuai namanya, mie ini berasal dari ujung Barat Indonesia, yaitu Aceh. Mie Aceh memiliki tekstur yang berbeda dari mie pada umumnya. Mie Aceh cukup khas dengan tekstur tebal dan juga bumbu rempah yang kuat. Maka dari itu, banyak orang yang menyukai mie ini dan menganggapnya sebagai salah satu makanan khas Aceh terfavorit.

Baca juga: 5 Makanan Khas Aceh Bercita Rasa India, Arab, dan China: Sedapnya!

2. Bika Ambon (Sumatera Utara)

makanan khas sumatera barat
info gambar

Berbeda dengan mie Aceh, bika ambon merupakan makanan yang bukan berasal dari daerah Ambon. Kue bersarang khas Indonesia yang bercita rasa legit ini merupakan makanan khas dari Sumatera Utara. Bika ambon juga dikenal dengan nama lain di daerah Melayu yakni kue bolu Melayu atau bibingka. bahan utamanya adalah tepung sagu, tepung tapioka, santan, dan telur dan pengembang yang menjadikan kue berwarna kuning terang ini berserat panjang dan memiliki rasa lembut manis.

3. Rendang (Sumatera Barat)

Makanan khas minang sulawesi barat
info gambar

Makanan tradisional Indonesia yang dikenal sebagai makanan terenak di dunia adalah rendang. Kepopuleran rendang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Makanan ini berasal dari daging sapi yang dimasak dengan santan kelapa dan bumbu rempah selama berjam-jam. Rasa dari rendang ini sangat lezat dan membuat makanan khas dari Sumatera Barat ini begitu lezat dan mendunia.

4. Gulai Ikan Patin (Riau)

makanan tradisional indonesia
info gambar

Makanan tradisional khas Riau ini tak hanya lezat tetapi juga bergizi. Apalagi ikan patin terkenal dengan manfaatnya yang kaya omega-3 dan protein. Olahan gulai ini dimasak dengan potongan ikan berukuran besar dan dibumbui rempah sehingga menghasilkan kuah kental. Sangat cocok disajikan dengn nasi hangat.

6. Otak-Otak Batam (Kepulauan Riau)

makanan tradisional kepri
info gambar

Makanan khas Kepri yang lumayan terkenal adalah camilan ikan yang disebut otak-otak. Namun, khusus di Batam camilan otak-otak ini memiliki aneka variasi. Ada pilihan cumi-cumi, ikan, atau perpaduan keduanya. Rasanya gurih dan pedas dengan siraman bumbu kacang yang lezat dan nagih tentunya!

7. Mi Koba (Bangka Belitung)

makanan tradisional khas bangka belitung
info gambar

Makanan khas Bangka Belitung (Babel) ini disebut mi koba. Asalnya dari nama suatu daerah di Bangka Tengah yakni Koba. Di sanalah konon pertama kali mi ini terlahir sebagai bagian dari identitas Babel. Mi Koba mengandung kaldu ikan tenggiri rebus, meski bisa memakai jenis ikan lainnya. Cara memasak dan pemakaian bumbu yang tepat membuat mi ini tidak terasa amis sama sekali. Aroma rempah khas Babel berpadu dengan ikan dan bumbu tumisan menguarkan kenikmatan tersendiri. Perasan jeruk kunci menambah sentuhan rasa asam segar sehingga menetralkan amis ikan. Sangat cocok untuk penyuka seafood sejati.

8. Pempek (Sumatera Selatan)

makanan khas palembang
info gambar

Pempek merupakan Makanan khas Palembang yang terbuat dari olahan ikan tenggiri, gabus, tuna, atau ikan jenis lainnya yang dicampur dengan sagu. Makanan ini wajib disajikan bersama semangkuk kecil kuah cuko yang menambah kelezatannya. Cuko terbuat dari gula merah yang dilarutkan dengan cabai, air asam, dan garam. Menikmati setiap gigitan pempek sambil menghirup kuah cukonya tentu terasa lebih sempurna.

9. Bubur Sekoi (Bengkulu)

makanan tradisional indonesia 36 provinsi
info gambar

Makanan Khas Bengkulu ini biasa hadir saat Ramadan. Bubur sekoi terbuat dari biji jewawut yang dimasak dengan tepung tapioka, santan, dan gula merah. Bubur ini memiliki rasa manis dan gurih serta lumayan mengenyangkan.

10. Kue Muso (Jambi)

makanan khas jambi
info gambar

Kue ini berwarna hijau dengan rasa manis. Kue muso kerap disajikan untuk hidangan para tamu atau camilan di kala senggang. Makanan khas Jambi ini terbuat dari tepung ketan, tepung terigu, cokelat bubul, santan, dan gula. Warna hijau didapat dari pewarna alami daun suji sehingga memberi tampilan kue yang cantik dan tampak lezat.

11. Gulai Taboh (Lampung)

makanan tradisional indonesia
info gambar

Gulai Taboh ini termasuk makanan tradisonal khas Lampung dengan ciri khas ikan sebagai bahan utamanya. Meski sekilas mirip lodeh, gulai taboh memiliki bumbu yang tidak sepekat gulai di Jawa. Gulai taboh mengendepankan bumbu sederhana sehingga rasa ikannya tetap terasa. Maknyus tentunya!

12. Serabi (Jawa Barat)

makanan khas jawa barat
info gambar

Salah satu makanan khas Jawa Barat adalah surabi kinca. Berbentuk seperti serabi yang terbuat dari adonan tepung beras, garam, gula, telur, santan, dan ragi yang dibakar di tungku tanah liat. Surabi khas Jawa Barat memiliki rasa tawar. Sensasi manisnya diperoleh dengan menyiramkan saus kinca yang legit beraroma wangi pandan.

Baca juga: 7 Makanan Tradisional Khas Sunda yang Khas dan Wajib Dicoba

13. Gudeg (Daerah Istimewa Yogyakarta)

Fimela
info gambar

Salah satu makanan tradisional Indonesia yang juga sangat terkenal adalah gudeg. Gudeg merupakan makanan khas dari daerah Yogyakarta. Gudeg merupakan makanan yang terbuat dari sayur nangka muda yang dimasak dengan santan dengan waktu yang cukup lama. Gudeg identik dengan rasa manis, dan biasanya disajikan dengan nasi, ayam, telur, dan krecek, dan lain sebagainya.

14. Ayam Betutu (Bali)

makanan khas bali ayam betutu
info gambar

Selanjutnya, makanan khas Indonesia yang juga perlu Anda coba adalah ayam betutu. Makanan ini merupakan makanan khas yang berasal dari Bali. Ayam betutu merupakan lauk yang terbuat dari ayam atau bisa juga dengan bebek utuh yang berisi bumbu. Cara masaknya adalah dengan dipanggang. Itulah yang membuat ayam betutu memiliki cita rasa yang khas dan banyak digemari oleh orang-orang.

15. Soto Banjar (Kalimantan Selatan)

makanan kalimantan selatan
info gambar

Soto Banjar merupakan makanan khas Kalimantan Selatan. Soto ini terbuat dari kuah yang berisi daging ayam kampung dan dicampur dengan bumbu dan rempah-rempah kuat seperti pekak, kapulaga, dan pala. Biasanya warga suku Banjar menyantap soto ini bersama juga disajikan dengan telur bebek, perkedel kentang yang direbus, buras (lapat) khas Banjar.

Baca juga: 7 Makanan Khas Kalimantan Selatan yang Wajib Dicoba

16. Kerupuk Basah (Kalimantan Barat)

kerupuk basah makanan khas kalimantan barat
info gambar

Kerupuk basah bukanlah makanan kerupuk biasa yang sering Anda jumpai di tempat-tempat lain. Kerupuk basah adalah makanan khas Kalimantan Barat yang lebih mirip dengan otak-otak atau pempek. Makanan ini bisa disantap dengan atau tanpa digoreng. Untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat, maka kerupuk basah ini biasanya dimakan dengan cocolan saus kacang.

17. Kepiting Soka (Kalimantan Utara)

makanan khas kalimantan utara
info gambar

Menuju ke daerah Tarakan di bagian utara Kalimantan, kali ini ada kepiting soka. Makanan ini satu dari sekian banyak makanan khas dari Kalimantan Utara. Kepiting soka ini bercangkang lunak sehingga mudah sekali untuk menyantap seluruh bagiannya. Kepiting soka biasa dimasak dengan saus asam manis, digoreng krispi, hingga dijadikan gulai. Semua sama sedapnya!

18. Sup Ikan Jantung Pisang (Sulawesi Tengah)

makanan khas sulawesi tengah sup ikan jantung pisang
info gambar

Beranjak ke daerah Palu di bagian tengah Pulau Sulawesi, Anda bisa mencoba sup ikan jantung ikan sebagai menu lokal pilihan. Makanan bergizi dengan bahan dasar ikan kakap yang dibumbui aneka rempah dan dilumuri kuah santan ini memiliki cita rasa pedas sekaligus segar. Jangan lupa mencicipi makanan tradisional khas Sulawesi Tengah ini ya!

Baca juga: 7 Makanan Khas Sulawesi Barat yang Otentik dan Wajib Dicoba

19. Klappertaart (Sulawesi Utara)

makanan khas manado sulawesi utara
info gambar

Klappertaart alias kue/pai kelapa (berasal dari bahasa Belanda klapper yang artinya kelapa,dan taart yang artinya kue) adalah makanan khas Sulawesi Utara. Klappertaart terbuat dari kelapa, tepung terigu, susu, mentega, dan telur dengan resep yang mendapat pengaruh dari Belanda sejak masa kolonial. Kue ini termasuk dalam jajanan manis yang menjadi ikon dari daerah Manado, Sulawesi Utara. Keunikan dan cita rasanya yang mengingatkan masa lalu, membuat makanan jadul ini sangat populer dan memiliki banyak penggemar.

20. Binte Biluhuta (Gorontalo)

makanan khas gorontalo binte biluhuta
info gambar

Ingin tahu makanan tradisional Indonesia yang tak hanya enak tetapi juga sehat? Cobalah binte biluhuta. Makanan ini merupakan makanan khas Gorontalo. Binte biluhuta juga dikenal sebagai milu siram. Makanan ini terbuat dari jagung yang disiram dengan bumbu dan dicampur dengan udang, belimbing sayur, dan toping sebagai pelengkap. Bergizi tentunya!

21. Ayam Taliwang (Nusa Tenggara Barat)

Ayam Taliwang yang pedasnya menantang. Foto: Fimela
info gambar

Ayam taliwang menjadi salah satu makanan tradisional yang direkomendasikan. Pasalnya, makanan khas Nusa Tenggara Barat ini terbuat dari ayam yang dibakar dengan bumbu khusus seperti cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, dan garam. Ayam taliwang biasanya disajikan dengan tambahan plecing kangkung.

22. Gohu Ikan (Maluku Utara)

makanan khas maluku
info gambar

Makanan ini memang jarang sekali terdengar di telinga. Namun, makanan khas Maluku Utara ini termasuk dalam makanan yang lezat. Gohu ikan terbuat dari ikan tuna mentah yang kemudian dicampur dengan bumbu gohu khas Maluku Utara.

Baca dulu: 5 Makanan Khas Maluku Berbahan Dasar Ikan

23. Kue Sagu (Papua Tengah)

bagea
info gambar

Sagu adalah makanan tradisional Indonesia yang mudah ditemui di Indonesia bagian timur. Kue bagea sagu ini merupakan jajanan yang kerap dijadikan oleh-oleh khas Papua yang terbuat dari bahan utama tepung sagu. Biasanya memiliki tekstur yang cukup keras akan tetapi akan melunak ketika digigit.

24. Papeda (Papua dan Maluku)

makanan khas papua papeda kuah kuning
Papeda kuah kuning yang mantap. Foto: Belanga Indonesia/Flickr

Makanan tradisional Indonesia terakhir yang perlu Anda coba adalah papeda. Papeda terbuat dari sagu dan dimasak beberapa menit. Tekstur dari papeda adalah lengket dan terlihat seperti bubur putih. Makanan khas dari tanah Papua ini biasanya juga bisa disajikan dengan ikan kuah pedas dan sayur-sayuran.

Demikian adalah makanan tradisional Indonesia yang memiliki cita rasa lezat. 17 makanan di atas hanyalah sebagian dari kekayaan kuliner Indonesia yang beragam. Anda tidak boleh melewatkan untuk selalu menyantap makanan khas yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Farih Fanani lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Farih Fanani.

MF
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini