9 Makanan Khas Kepulauan Riau: Dari Batam hingga Tanjung Pinang

9 Makanan Khas Kepulauan Riau: Dari Batam hingga Tanjung Pinang
info gambar utama

Menapaki kaki di Kepulauan Riau yang disingkat dengan Kepri, rasanya tidak lengkap jika tidak memanjakan lidah dengan makanan khas Kepulauan Riau yang merupakan bagian dari bangsa Melayu. Jadi jangan heran, jika Anda berkunjung ke sini akan banyak sajian makanan khas Kepulauan Riau yang unik dengan olahan yang kental dengan unsur melayu.

Dimulai dari Batam hingga Tanjung Pinang, ini dia beberapa makanan khas Kepulauan Riau yang wajib untuk anda cicipi di antaranya:

1. Gonggong

Makanan khas Kepulauan Riau Gonggong © getlost.id
info gambar

Makanan khas Kepulauan Riau yang pertama dan wajib untuk Anda coba adalah gonggong, yang merupakan siput laut yang hidup di perairan Kepulauan Riau. Rasanya sangat unik dan nikmat disantap selagi hangat, yang diolah dengan cara direbus bersama bumbu rempah khas.Makanan ini bisa Anda temukan di Batam, Tanjung Pinang dan seluruh wilayah Kepulauan Riau.

Baca juga: 10 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat (NTB) paling Favorit

2. Mie Lendir

Makanan Khas Kepulauan Riau Mie Lendir © enjoybatam.com
info gambar

Memiliki nama yang cukup aneh, namun rasa mie lendir sangat menggugah selera dan paling banyak dicari para wisatawan. Makanan khas Kepulauan Riau ini berbahan dasar mie kuning, tauge, irisan cabe, telur rebus dengan kuah kental berwarna kecoklatan yang pedas terbuat dari kacang tanah campuran sagu, sehingga berbentuk lendir. Mie Lendir ini dapat Anda temui di Batam, Tanjung Pinang dan wilayah Kepulauan Riau lainnya.

Baca juga: 10 Makanan Khas Jogja yang Istimewa, Tak Hanya Gudeg Lho!

3. Selais Asap

Makanan Khas Kepulauan Riau Ikan Selais Asap © putratravel.net
info gambar

Selanjutnya ada ikan selais yang merupakan makanan khas Kepulauan Riau yang mana ikan ini diasap dalam waktu yang cukup lama hingga ikan kering. Penyajiannya, ikan selais asap dimasak kembali menggunakan rempah-rempah khas Kepulauan Riau dan dihidangkan bersama petai yang membuat selera makan menjadi nikmat.

4. Nasi Lemak

Makanan Khas Kepulauan Riau Nasi Lemak © resepkoki.id
info gambar

Berdekatan dengan negara tetangga yaitu Malaysia, Batam juga memiliki nasi lemak yang memiliki rasa yang nikmat dan lezat. Makanan khas Batam ini biasanya disajikan untuk sarapan dengan campuran sayur, ikan teri goreng, kacang, dan telur. Bukan hanya di Batam, nasi lemak ini juga bisa ditemukan di wilayah Kepulauan Riau lainnya.

Baca juga: 9 Makanan Khas Minangkabau Sumatera Barat, Favoritnya Penyuka Pedas

5. Deram-deram

Makanan Khas Kepulauan Riau Deram-Deram © kebudayaan.kemdikbud.go.id
info gambar

Bentuknya seperti donat, deram-deram merupakan makanan khas yang berasal dari Pulau Penyengat yang bisa Anda temui di Tanjung Pinang. Makanan ringan ini biasanya disebut juga dengan drum-drum yang sudah ada sejak masa Kesultanan Melayu. Kue berbahan utama gula merah dan tepung beras ini memiliki rasa yang sangat legit dan manis, yang cocok untuk dijadikan buah tangan pulang dari Kepulauan Riau.

Baca juga: 8 Rekomendasi Makanan Khas Lampung dan Oleh-Olehnya

6. Luti Gendang

Makanan Khas Kepulauan Riau Luti Gendang © kebudayaan.kemdikbud.go.id
info gambar

Mirip seperti roti goreng, makanan khas Batam satu ini wajib untuk Anda cicipi. Luti gendang merupakan roti berbentuk oval dengan isian ikan suwir yang rasanya gurih dan lezat.Luti merupakan bahasa Melayu yang berarti roti dengan bahan dasar tepung dengan isian abon ayam atau tuna.

7. Otak-Otak Khas Batam

Makanan Khas Kepulauan Riau otak-otak © batamraya.com
info gambar

Makanan khas Batam satu ini memiliki beberapa varian rasa, yaitu otak-otak ikan, otak-otak cumi-cumi bahkan otak-otak campuran yaitu perpaduan antara ikan dan cumi-cumi. Dalam pengolahannya, otak-otak biasanya dibakar atau digoreng yang disajikan dengan bumbu kacang dengan rasa yang nikmat dan cukup pedas.

Baca juga: Daftar Lengkap Makanan Khas Papua dan Oleh-Oleh dari 6 Provinsi

8. Tepung Gomak

Makanan Khas Kepulauan Riau Tepung Gomak © kepripedia.com/ Hasrullah
info gambar

Bahan dasar utama tepung gomak adalah campuran tepung ketan atau pulut putih dan tepung kacang hijau. Adonan juga memiliki isi, yaitu campuran kelapa parut, gula pasir, gula merah dan garam. Proses pembuatan makanan khas Kepulauan Riau ini direbus hingga matang lalu disajikan dengan taburan kacang hijau halus layaknya menggunakan bedak, itulah alasan mengapa dinamakan tepung gomak yang memiliki rasa sangat unik dengan aroma yang menggugah selera.

9. Teh Obeng

Ilustrasi es teh manis © Nitr/Shutterstock
info gambar

Tidak hanya makanan, tapi saat menyantap makanan khas Kepulauan Riau jangan lupa untuk memesan teh obeng. Jangan berpikir teh obeng adalah teh yang diberikan obeng ya, tetapi teh obeng khas Kepulauan Riau adalah es teh dari bahan pilihan yang memiliki aroma khas saat teh ini disajikan untuk segera Anda seruput.

Baca juga: 7 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Dicoba

Itu tadi 9 makanan khas Kepulauan Riau yang wajib untuk Anda cicipi saat mengunjungi tanah Melayu ini.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini