Dari Presiden Jokowi hingga Aktor Korea Song Kang, Tenun Ikat Kediri Dibawa Mendunia

Dari Presiden Jokowi hingga Aktor Korea Song Kang, Tenun Ikat Kediri Dibawa Mendunia
info gambar utama

Di antara sekian banyak ragam budaya tekstil tradisional yang dimiliki Indonesia, ada tenun ikat dari Kediri. Kini, tenun ikat Kediri tidak hanya dikenal di Tanah Air, namun juga sampai mancanegara.

Melanglang buananya tenun ikat Kediri sampai ke kancah mancanegara tak lepas dari peran figur publik yang turut mempromosikannya, baik itu secara langsung maupun tidak langsung. Mereka tampil mengenakan tenun ikat Kediri hingga dilihat oleh jutaan mata di berbagai penjuru dunia.

Tenun ikat adalah kain yang ditenun lalu dibentuk motif tertentu dengan cara mengikat benang. Kediri adalah salah satu daerah dengan tenun ikat yang khas.

Tak Hanya Batik, Inilah Jenis Kain Indonesia yang Mendunia

Dari Jokowi hingga Song Kang

Belum lama ini, tenun ikat Kediri dipopulerkan oleh Presiden Joko Widodo. Diketahui, Jokowi mengenakan tenun ikat Kediri saat hadir dalam acara pembukaan Trade Expo Indonesia ke-37 yang dihat di ICE BSD City pada 19 Oktober 2022 lalu.

Tenun ikat Kediri yang dipakai Jokowi saat itu disebut dengan tenun ikat Bandar Kidul. Diketahui Bandar Kidul adalah nama suatu kawasan di Kediri yang menjadi sentra kerajinan tenun ikat. Adapun tenun ikat yang dipakai Jokowi adalah hasil kolaborasi perajin tenun ikat Erwin dan desainer nasional Wignyo Rahadi. Tidak hanya membeli untuk dipakai sendiri, Jokowi bahkan memesan 110 potong untuk anggota kabinet.

Erwin mengaku sangat bangga kain tenun ikat karyanya dipakai Jokowi. Ia juga mengajak para pengrajin lain untuk ikut menghasilkan karya tenun ikat Bandar Kidul.

"Alhamdulillah saya senang sekali. Semoga imbasnya ini juga bisa ke teman-teman perajin tenun lainnya. Seandainya teman-teman lain mau membuat motif tersebut juga sudah saya ajarkan. Jadi Kota Kediri punya standar," ujar Erwin seperti dilansir Antara.

Selain Jokowi, figur publik yang juga ikut menampilkan keindahan tenun ikat Kediri adalah aktor Korea Selatan Song Kang. Dari kain, tenun ikat Kediri kemudian didesain menjadi baju oleh desainer Didiet Maulana.

Bagi Didiet, tenun ikat Kediri bukanlah hal yang asing. Ia sudah tiga tahun mendampingi para penenun di Kediri.

Membuat baju dari tenun ikat Kediri untuk Song Kang menjadi tantangan tersendiri. Sebab, Didiet hanya menerima informasi ukuran baju sang aktor secara daring. Namun, ukuran baju kemudian ternyata pas.

"Dan muat. Benar-benar dikasih lancar dari awal sampai jadi," ujar Didiet.

Mengenal Kain Tenun Sengkang Asal Sulawesi Selatan



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini