Indonesia Sambut Piala Dunia eSports dengan Target Juara

Indonesia Sambut Piala Dunia eSports dengan Target Juara
info gambar utama

Indonesia menyambut ajang eSports kelas dunia bertajuk IESF World eSports Championship 2022 dengan Target tinggi.

Dalam IESF World eSports Championship kali ini, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah. Ajang prestisius tersebut dijadwalkan dihelat di Bali pada tanggal 2 hingga 11 Desember 2022.

Akan ada enam permainan yang dipertandingkan di IESF World eSports Championship 2022. Keenamnya yakni Tekken 7, DOTA 2, Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, eFootball 2022, dan CS:GO. Adapun khusus untuk CS:GO akan dibagi menjadi dua kategori, yakni CS:GO Male dan CS:GO Female.

Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) sudah punya mekanisme untuk menentukan wakil Indonesia untuk setiap permainan yang dikirim bertanding ke IESF World eSports Championship 2022. Para pemain yang berhak berwakili Indonesia adalah tim yang meraih juara dalam liga skala nasional.

Mekanisme mengirimkan tim secara utuh tersebut diterapkan karena PBESI dituntut cepat menentukan wakil Indonesia di tengah liga yang masih berlangsung. Sementara untuk beberapa permainan yang kompetisinya belum rutin seperti DOTA 2 dan CS:GO, PB ESI menunjuk langsung pemain yang dinilai berprestasi untuk dikirim ke Bali.

PBESI tidak mau tanggung-tanggung dalam mematok target. Indonesia ditargetkan untuk menjadi juara umum.

"Indonesia kalau tanding selalu targetnya juara umum. Kita tidak pernah pergi dengan target di bawah-bawah," ujar Wakil Ketua Bidang Atlet dan Prestasi PB ESI Yohannes P. Siagian seperti dilansir Antara.

Bukan tanpa alasan PB ESI memasang target yang sedemikian tinggi tersebut. Menurut Yohanes, Indonesia memang punya potensi untu menjadi jagoan eSports di tingkat global.

"Salah satu yang kita yakinkan adalah Indonesia memiliki potensi untuk menjadi negara dominan di esport dunia, dan semua target kita menjadi turunan daripada kepercayaan itu." Kata Yohanes.

Demi meraih target tinggi tersebut, PB ESI menyiapkan sejumlah program untuk para atlet, mulai dari peningkatan komunikasi hinga pendampingan psikolog untuk menjaga mental.

IESF World Esports Championship adalah ajang tahunan yang diselenggarakan oleh International eSports Federation. Bisa dibilang, ini adalah Piala Dunia di ranah eSports .

Tahun 2022 ini bukan pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah IESF World eSports Championship. Sebelumnya, ajang tersebut juga pernah dihelat di Jakarta pada tahun 2016. Saat itu, negara yang meraih gelar juara umum adalah Korea Selatan.

Karakter Game yang Terinspirasi dari Indonesia



Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
SA
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini