Banyak Manfaat yang Didapat, Pengalaman Magang Bersertifikat MBKM di PT PLN (Persero)

Banyak Manfaat yang Didapat, Pengalaman Magang Bersertifikat MBKM di PT PLN (Persero)
info gambar utama

Per tanggal 01 Juni Tahun 2022, Program Magang & Studi Independen Bersertifikat (MSIB) batch 3 resmi dibuka oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek) Kemendikbudristek. Adapun program MSIB ini ditujukan untuk menjadi wadah bagi mahasiswa dalam hal pengembangan kemampuan akademik dan keterampilan khusus (hard skill dan soft skill) sebagai langkah awal menuju dunia profesional dengan terlibat langsung dalam aktivitas internal/proses bisnis mitra/perusahaan terkait. Dengan lebih dari 200 mitra / perusahaan yang menawarkan berbagai posisi magang, diharapkan dapat menjadi preferensi bagi mahasiswa dalam menentukan bidang / expertise karier ke depannya.

Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Angkatan 3 Resmi Dibuka

Dapat mengikuti program magang bersertifikat batch 3 di PT PLN (Persero) menjadi kesempatan yang berharga bagi Riski Arifian, mahasiswa S1 Teknik Industri UPN Veteran Jawa Timur. “Saya sangat bersyukur menjadi salah satu dari sekitar 27.000 mahasiswa yang beruntung dapat diterima untuk mengikuti program magang bersertifikat,” ujarnya.

Program magang ini dilaksanakan selama 5 bulan (Agustus – Desember 2022). Dalam pelaksanaannya, Riski ditempatkan di salah satu cabang PT PLN (Persero) Unik Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (UIP JBTB) yang berlokasi di kota Surabaya.

Riski menuturkan bahwa posisi magang yang ia jalani yang berfokus pada pembelajaran dan praktik manajemen risiko perusahaan merupakan topik yang hangat dibahas di era sekarang ini yang penuh dinamika ketidakpastian, terlebih urgensi dan kesadaran dalam penerapan manajemen risiko menjadi meningkat di kala terjadinya pandemi COVID-19 yang berdampak signifikan terhadap hampir seluruh industri secara global.

Menurutnya, demi menjamin keberlangsungan perusahaan serta ketercapaian tujuan / sasaran perusahaan dan penciptaan nilai-nilai organisasi, maka perusahaan diharuskan mampu dalam hal pengelolaan dan penanganan risiko yang terkait dengan konteks internal maupun eksternal organisasi.

Hingga Hari Ini, 929 WNI di Sudan Telah Kembali ke Tanah Air

Sekarang ini, sudah banyak ditemui rujukan dan standar secara nasional dan internasional terkait dengan manajemen risiko secara teori maupun praktiknya. Salah satu standar internasional manajemen risiko yang sudah luas penggunannya dan dijadikan pedoman oleh banyak organisasi / perusahaan di seluruh dunia yaitu ISO 31000 Risk Management – Guidelines. Begitupun juga PT PLN (Persero) menetapkan regulasi manajemen risiko terintegrasi yang mengadopsi standar ISO 31000 di lingkungan perusahaan yang telah diatur dalam Peraturan Direksi Nomor 0117.P/DIR/2019 tentang Pedoman Umum Manajemen Risiko di Lingkungan PT PLN (Persero).

Kegiatan rapat kajian risiko
info gambar

Lebih lanjut, Riski menuturkan wawasan dan pengalaman yang ia dapat selama 5 (lima) bulan menjalani kegiatan magang di PLN UIP JBTB. Secara garis besar, jobdesc Riski selaku pemagang yaitu dengan melakukan job shadowing karyawan khususnya staff bidang Perencanaan untuk memenuhi sasaran / target kinerja bidang Perencanaan. Seperti contoh, ikut terlibat dalam penyusunan dokumen Rencana Jangka Panjang perusahaan, Penyusunan Profil Risiko per-bidang PLN UIP JBTB dan Penyusunan Rencana Kerja & Anggaran Pekerjaan perusahaan.

“Saya merasakan perkembangan dalam diri saya secara akademis (hard competency) khususnya terkait dengan teori dan praktik manajemen risiko serta kompetensi pendukung (soft competency) yang di tekankan dalam kegiatan magang seperti Adaptibility, Collaboration, Building trust dan Analysis & Judgement,” ucapnya.

Dengan persyaratan yang ada pada program magang bersertifikat MBKM yaitu calon pemagang merupakan mahasiswa yang minimal sedang / akan menempuh semester 5, Riski menekankan agar para mahasiswa tidak melewatkan kesempatan emas ini dan menyarankan bagi mahasiswa yang sedang menempuh semester 5 atau semester akhir tidak ragu untuk menjajal program magang bersertifikat dengan segala manfaat yang ditawarkannya dalam rangka menitih jalan menuju dunia profesional kedepannya.

Informasi lebih lanjut mengenai Magang Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini