Wisata Tanah Karo Menyapa

Wisata Tanah Karo Menyapa
info gambar utama

Halo kawan! Kali ini aku akan menyampaikan kabar baik dari daerah aku kepada kawan semua. Sudah pernah mendengar Tanah Karo? Mungkin sebagian besar dari kawan belum terlalu mengenal daerah ini. Oke, mari kita mulai dari perkenalan, karena katanya tak kenal maka tak sayang.

Tanah karo adalah salah satu kabupaten di provinsi Sumatra Utara yang terletak di kawasan bukit barisan. Udaranya sangat sejuk yaitu sekitar 16° C hingga 17 ° C. Karo Land ini menamai dirinya dengan sebutan Taneh Karo Simalem yang berarti tanah yang baik. Tanah Karo memiliki beragam hal yang unik yang harus kawan tahu baik dalam segi wisata, budaya, sejarah dan berbagai hal lainnya. Kali ini aku akan membawa kawan semua menikmati wisatanya secara khusus.

Salah satu yang membuat aku sangat bangga dengan Tanah Karo adalah keindahan dan kesegaran udaranya. Kalau tinggal disana, tidak akan sulit untuk mencari tempat healing. Kita mulai dari tempat yang paling sering aku kunjungin ya. Bukit Kubu, adalah salah satu objek wisata di Tanah Karo dengan suasana tenang dan cocok dijadikan tempat piknik bersama keluarga, sahabat atau pasangan. Bukit Kubu terdiri dari bukit-bukit berumput dan pohon-pohon yang sangat rindang.

Dokumentasi Pribadi
info gambar

Bukit Kubu terletak di kota Berastagi yang bisa ditempuh kurang lebih 1 jam dari Kabanjahe, ibukota Tanah Karo. Akses ke Bukit Kubu mudah, ada beberapa transportasi umum yang memiliki jalur ke tempat yang satu ini. Ketika masuk ke kawasan Bukit Kubu, kita akan diarahkan untuk membeli tiket terlebih dahulu, harga tiket sudah termasuk sebuah tikar. Pengunjung juga bisa membeli layangan disana, jadi sambil menikmati keindahan Bukit Kubu, sekalian main layangan deh. Tapi layangannya jangan kaya yang di film Layangan Putus ya.

Kita lanjut ke tempat berikutnya, Air Terjun Sipiso-piso. Water fall yang satu ini terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek. Air Terjun Sipiso-piso merupakan salah satu objek wisata andalan Tanah Karo, kawan harus banget liburan sekalian healing kesini.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tanah Karo
info gambar

Air Terjun Sipiso-piso berada di ketinggian 800 meter dengan tinggi air terjunnya sekitar 120 meter, dimana air terjun ini merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Kata piso berasal dari bahasa Karo yang memiliki arti pisau. Air terjun ini jika dilihat dari jauh akan berbentuk seperti pisau kecil dan panjang.

Tempat selanjutnya yang wajib banget kawan kunjungi ketika nanti liburan ke Tanah Karo adalah Bukit Gundaling. Tanah Karo yang berada di dataran tinggi memang mempengaruhi tempat wisatanya yang kebanyakan bernuansa gunung dan bukit gitu. Dari Bukit Gundaling kawan dapat melihat dan menikmati suasana kota Berastagi, gunung Sinabung dan gunung Sibayak bersamaan. Di Bukit Gundaling juga disediakan beberapa wahana foto khusus yang tidak boleh dilewatkan. Akses menuju Bukit Gundaling juga sangat mudah. Meskipun daerahnya lebih tinggi lagi dari Bukit Kubu yang sudah aku jelaskan sebelumnya, namun transportasi umum untuk kesana juga sama, jalan yang ditempuh sekitar 15 sampai 20 menit dari pusat kota Berastagi.

View kota Berastagi dari Bukit Gundaling
info gambar

Kawan juga bisa menyewa tenda dan juga tikar agar lebih nyaman selama menikmati liburan bersama keluarga disini.

Mari kita lanjut kunjungan berikutnya, Lembah Seribu Bunga. Kalau dari tadi kita sudah ada di bukit sekarang kita coba turun ke lembah. Buat kawan yang suka keindahan warna-warni, tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi. Lembah Seribu Bunga terletak di Desa Barus Jahe.

Lembah Seribu Bunga | Foto: TribunMedan
info gambar

Sudah melewati bukit dan lembah, bagaimana jika kita melanjutkan perlananan ini ke gunung. Gunung Sibayak dan Gunung Sinabung adalah dua gunung api aktif di Sumatra Utara yang kebetulan keduanya terletak di Tanah Karo. Untuk sepuluh tahun terakhir Gunung Sibayak menjadi tujuan utama untuk para pecinta alam yang gemar mendaki sedangkan Gunung Sinabung yang meskipun tak kalah indah sebagai objek wisata, namun belum dikunjungi sesering dulu sebelum gunung ini erupsu. Meskipun begitu masih ada daerah aman di Gunung Sinabung yang bisa dikunjungi.

Puncak Pilar Gunung Sibayak | Foto: gunung.id
info gambar

Berikutnya, ada Air Terjun Sikulikap yang terletak di Desa Doulu yang masih berada di kawasan kota Berastagi. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 30 meter yang dikelilingi hutan rindang. Selain menikmati air terjun, kawan juga dapat berkemah, panjat tebih bahkan pemotretan pra wedding disana.

Air Terjun Sikulikap | Foto: Itravel
info gambar

Selain itu, masih bernuansa wisata air, ada Lau Sidebuk-debuk. Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat wisata pemandian air panas yang langsung berasal dari gunung sibayak. Tempat pemandiannya juga tidak hanya satu tetapi ada beberapa tempat dalam satu kawasan. Karena tempat ini selalu ramai, jadi kalau kesini pastikan dulu kawan mau mengunjungi pemandian air panas yang mana dan kapasitasnya masih memadai ya karena kebanyakan yang berkunjung kesana akan rombongan dan pastinya mereka pesan tempat terlebih dahulu. Biasanya selain kolam pemandian air panas, mereka juga menyediakan gazebo untuk beristirahat dan juga terdapat resto untuk kawan menikmati makanan bersama keluarga. Tempat wisata ini terletak di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka.

Lau Sidebuk-debuk | Indonesia Tourism
info gambar

Tempat terakhir untuk kali ini yaitu Danau Lau Kawar. Danau Lau Kawar terletak di kaki gunung Sinabung, Desa Kuta Gugung, Kecamatan Naman Teran. Wisata eksotis ini menyuguhkan air yang tenang serta pemandangan yang sangat indah. Letaknya di bawah kaki Gunung Sinabung tidak membuat danau ini berhenti dikunjungi. Ketika keadaan sudah membaik dan erupsi Gunung Sinabung sudah berhenti, pengunjung kembali kesana. Kalau kawan ke Tanah Karo, pastikan dulu ya keadaan aman untuk mengunjungi danau ini.

Danau Lau Kawar | Foto: lh5.googleusercontent.com
info gambar

Itu dia beberapa tempat wisata di Tanah Karo. Sebenarnya tempat wisata di Tanah Karo masih banyak, ada wisata alam, budaya dan juga kuliner. Tapi untuk kali ini kita bahas yang ini dulu ya kawan, dilain waktu kita menelurusi tempat lainnya.

Jadi bagaimana kawan? Bagaimana kabar baik hari ini? Aku tunggu kawan semua di Tanah Karo, daerahku yah.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

EP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini