Pantai Walakiri, Surga Sederhana di Sumba Timur

Pantai Walakiri, Surga Sederhana di Sumba Timur
info gambar utama

#WritingChallengeKawanGNFI #CeritadariKawan #NegeriKolaborasi #MakinTahuIndonesia

Pulau Sumba atau yang biasa dijuluki dengan Tanah Marapu memiliki keanekaragaman alam yang sangat mempesona. Berbagai macam jenis keanekaragaman ini menyuguhkan keindahan alam tersendiri yang siap untuk memanjakan mata setiap insan yang memandangnya, salah satunya keindahan pantainya.

Terdapat begitu banyak pantai yang memesona di Pulau Sumba. Pantai yang sangat ramai dikunjungi dan semakin ramai setelah produser film Pendekar Tongkat Emas, yaitu Mira Lesmana, mempopulerkan pantai ini dengan postingan pada akun Instagramnya ialah Pantai Walakiri yang terletak di Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Pantai Walakiri terletak tidak jauh dari Pusat Kota Waingapu dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit dan memiliki akses sangat mudah. Lokasi pantai ini tidak jauh dari jalan raya menuju ke sebuah kecamatan yang cukup besar di Sumba Timur, yakni Melolo. Tepatnya Pantai Walakiri ini berlokasi di wilayah Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pantai Walakiri menyediakan berbagai fasilitas yang cukup lengkap, di antaranya area parkir yang luas, kamar mandi dan toilet yang bersih serta warung yang menjajakan makanan dan minuman dengan harga yang cukup terjangkau.

Pantai Walakiri memiliki keindahan yang sangat istimewa dengan nuansa pasir putih bersih, laut yang tenang dan hangat, lambaian pohon kelapa dari hembusan angin serta keindahan sunset di waktu petang yang hendak mengucapkan sampai bertemu kembali di lain hari.

Hal yang wajib untuk dilakukan ketika ke pantai yaitu menikmati keindahan sunset dengan langit yang perlahan berubah warna menjadi jingga di waktu petang. Begitu pula ketika berada di kawasan wisata Pantai Walakiri, Sumba Timur ini. Sangat direkomendasikan untuk menyaksikan secara langsung keindahan matahari tenggelam dengan perubahan warna langit secara perlahan menjadi jingga.

Pada saat sunset tiba atau tenggelamnya matahari ini merupakan puncak dari penantian pengunjung yang mengunjungi pantai walakiri ini dengan mengabadikan momen bersama keindahan siluet pohon mangrove yang tertata indah di tepi pantai. Bahkan tidak sedikit orang yang mengabadikan keindahan dari Pantai Walakiri ini dengan menjadikannya sebagai foto pre-wedding.

Adanya pohon mangrove merupakan salah satu dari keanekaragaman hayati yang terdapat di Pantai Walakiri. Selain pohon mangrove juga terdapat berbagai aneka ragam spesies biota laut lain yang menghiasi pantai ini mulai dari bintang laut, beragam ikan, siput, bulu babi dan sebagainya. Keanekaragaman hayati ini menunjukkan bahwa Pantai Walakiri ini masih terjaga kelestariannya.

Dokumentasi Pribadi
info gambar

Pohon Mangrove menjadi salah satu ikon dari Pantai Walakiri. Keindahan dari tatanan pohon mangrove ini dapat dengan jelas dirasakan dan selalu menjadi pusat perhatian dari setiap pengunjung yang berkunjung ke Pantai Walakiri.

Pada saat air laut telah surut, para pengunjung bisa dengan mudah berjalan untuk mendekati pohon-pohon tersebut atau yang biasa dikenal dengan pohon mangrove kerdil. Pohon mangrove kerdil ini memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran normal pohon mangrove pada umumnya.

Ranting dari pohon mangrove ini berukuran kecil dan meliuk-liuk seperti orang yang sedang menari sehingga pohon ini diberikan julukan pohon menari. Pada saat petang tiba, banyak pengunjung yang akan mendekati pohon mangrove ini dan berfoto ria bersama dengan siluet cantik pohon menari ini.

Keindahan Pantai Walakiri yang telah diberikan oleh Tuhan yang Maha Esa ini perlu kita jaga dan lindungi kelestariannya. Kita sebagai manusia memegang peranan penting dalam melestarikan ekologi maupun keanekaragaman hayati yang telah diberikan, dengan cara antara lain tidak membuang sampah sembarangan dan tidak menaiki dahan pohon mangrove kerdil karena dapat merusak pohon mangrove tersebut.

Kita perlu menjaga ekosistem hayati yang terdapat di Pantai Walakiri ini maupun di pantai lainnya. Pohon mangrove merupakan salah satu ekosistem hayati di Pantai Walakiri yang perlu kita lestarikan dengan cara melakukan kegiatan penanaman kembali pohon mangrove di sekitaran pantai walakiri.

Suatu keharusan untuk datang ke Sumba Timur dan secara langsung ke Pantai Walakiri ini untuk membuktikan bahwa keindahan surga dapat dinikmati secara langsung di dunia ini. Alangkah baiknya untuk datang berkunjung bersama dengan orang-orang tersayang seperti keluarga, teman, maupun pasangan untuk menambah pengalaman berkesan di Pantai Walakiri ini.

Referensi:Trip Sumba | Indonesia Kaya | Pantaipedia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AE
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini