5 Pemain Basket Andalan Indonesia: Siap Ikuti Jejak Mereka?

5 Pemain Basket Andalan Indonesia: Siap Ikuti Jejak Mereka?
info gambar utama

Indonesia tidak pernah kehabisan talenta di bidang olahraga, termasuk basket. Sudah banyak pebasket kita yang mengukir prestasi baik di level klub maupun timnas. Beberapa di antara mereka juga berpotensi bermain di NBA. Kehadiran mereka tentu bisa menjadi inspirasi bagi kawan GNFI yang ingin menjadi pebasket Indonesia.

Dari sekian banyak pebasket itu, 5 diantaranya yang tergolong berprestasi dan kerap menjadi andalan adalah:

1. Galank Gunawan

Pemain kelahiran 13 Juni 1987 ini dikenal berkat kemampuan rebound-nya yang tinggi. Ia adalah pemain IBL pertama yang mampu merebut 1000 rebound, serta mampu meraih penghargaan Top Rebound selama 5 musim berturut-turut.

Di kancah timnas, pemain dengan tinggi badan 194 cm ini pernah menjadi bagian timnas basket Indonesia untuk ajang Sea Games di tahun 2013 dan 2015. Dari dua ajang Sea Games yang ia lakoni, Galank berhasil mengantarkan Indonesia mendapatkan medali perak pada perhelatan Sea Games 2015.

2. Andakara Prastawa Dhyaksa

Seperti halnya Galank, pebasket satu ini juga merupakan bagian skuad timnas basket Indonesia yang meraih perak pada Sea Games 2015. Di level klub, pemain kelahiran 16 Agustus 1992 ini memulai debutnya 2011 dengan membela panji Aspac Jakarta.

Selama membela Aspac hingga 2018, pemain bernomor punggung 1 ini banyak menorehkan prestasi, mulai dari membawa Aspac back to back juara pada tahun 2012 dan 2013, sampai Rookie of The Year pada 2013.

Di timnas, Andakara tidak hanya mampu membawa timnas mendapatkan medali perak pada Sea Games 2015. Ia pun juga membantu timnas basket Indonesia berprestasi di ajang Sea Games 2017 dengan raihan medali perak. Teranyar, lulusan SMA Negeri 3 Jakarta ini berhasil meraih medali emas pada Sea Games 2021.

3. Derrick Michael Xzavierro

Bisa dibilang jika ini adalah salah satu pebasket muda berbakat Indonesia yang kini tengah diperbincangkan. Pasalnya, ia adalah salah satu bagian skuad timnas basket Indonesia yang meraih medali emas pada Sea Games 2021 kemarin. Prestasi ini berhasil ia raih di usia yang tergolong muda, yaitu 19 tahun.

Di level klub, pemain keturunan Kamerun-Batak ini mampu tampil baik saat mengikuti ajang ASEAN School Games pada 2019 kemarin. Penampilannya yang apik itu membuat Derrick mendapatkan kesempatan bergabung dengan NBA Global Academy di Indonesia. Derrick menjadi pebasket Indonesia pertama yang berhasil menempuh pendidikan di salah satu akademi basket ternama itu.

Saat ini, pemain kelahiran 1 April 2003 ini akan mengikuti ajang NCAA atau Liga Basket antar Universitas di Amerika dengan membela Grand Canyon University. Jika mampu tampil baik di ajang ini, kesempatan Derrick untuk bermain di NBA akan semakin besar.

4. Hanum Fasya

Tidak hanya pebasket putra, Indonesia juga punya banyak pebasket putri berbakat dan berprestasi, salah satunya Hanum Fasya. Pemain kelahiran 26 Agustus 1990 ini banyak mengukir prestasi di level timnas. Ia pertama kali membela timnas di level U-18 saat usianya tepat 18 tahun. Setelahnya, ia pun dipanggil ke timnas senior dan mengikuti tiga ajang Sea Games berbeda, yaitu Sea Games 2011, 2013, dan 2015. Dari tiga ajang Sea Games itu, Hanum berhasil membawa timnas meraih medali perak pada ajang Sea Games 2015.

5. Agustin Elya Gradita Retong

Selain Hanum, pemain satu ini juga tercatat sebagai bagian timnas basket putri Indonesia yang meraih medali perak pada Sea Games 2015 kemarin. Ia juga sempat membela timnas di ajang Sea Games 2017 dengan raihan medali perunggu..

Sempat vakum pada ajang Sea Games 2019 akibat cedera, pebasket yang akrab disapa Dita ini kembali membela timnas di ajang Sea Games 2021. Pada ajang tersebut, Agustin sukses membantu timnas mendapatkan medali perak Di level klub, prestasi Dita cukup mentereng. Tercatat, ia pernah masuk DBL Indonesia All-Star 2011, serta Rookie of the Year WNBL Indonesia pada tahun 2015.

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

Terima kasih telah membaca sampai di sini