20 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Legendaris dari Dulu Hingga Kini

20 Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Legendaris dari Dulu Hingga Kini
info gambar utama

Jakarta yang dulu dikenal sebagai Batavia kini telah bertransformasi menjadi kota metropolitan dengan gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi. Pun begitu warga asli Jakarta atau suku Betawi hingga kini tetap menjaga kelestarian budaya dan tradisi salah satunya adalah oleh-oleh Jakarta yang hingga kini masih mudah untuk ditemui.

Bagi Anda yang ingin berburu oleh-oleh Jakarta sekaligus menikmati Jakarta tempo dulu, bisa mencoba wisata sejarah ke kota tua maupun museum yang tersebar di berbagai wilayahnya. Ingin tahu rekomendasi oleh-oleh khas Jakarta terpopuler baik dulu ataupun kini? Mari simak pada ulasan berikut ini!

Rekomendasi 20 Oleh-Oleh Jakarta yang Legendaris dari Dulu hingga Kini

1. Dodol Betawi

oleh oleh jakarta
info gambar

Dodol merupakan kuliner tradisional yang digemari masyarakat. Beberapa wilayah di Indonesia memiliki jenis dodol sebagai jajanan tradisional termasuk Jakarta.

Sama seperti dodol pada umumnya, dodol Betawi dibuat dengan cara dimasak di wajan besar di atas tungku dan diaduk selama berjam-jam secara teratur. Adapun yang membedakan adalah dodol khas Betawi dibuat dari bahan dasar ketan hitam, ketan putih, gula aren dan durian.

Bukan hal yang sulit untuk menemukan toko yang menjual dodol Betawi di Jakarta. Namun, terdapat toko yang sangat populer dengan dodol Betawi dengan cita rasa asli yang khas yaitu Toko Dodol Betawi Gurih Rasa yang berada Jl. Angsana No. 26, Pejaten, Jakarta Selatan.

2. Roti Buaya

oleh oleh jakarta
info gambar

Oleh-oleh khas Jakarta selanjutnya yang wajib untuk Anda bawa pulang adalah roti buaya. Sesuai dengan namanya, roti ini memang memiliki bentuk yang serupa dengan buaya dengan ukuran yang cukup besar.

Pada sejarahnya, roti ini dibuat ketika acara lamaran pernikahan dalam tradisi Betawi. Roti buaya dalam ukuran besar akan dibawa oleh pihak mempelai pria sebagai bagian dari hantaran dan salah satu syarat wajib yang harus dibawa.

Bukan tanpa sebab, roti buaya masuk ke dalam tradisi Betawi dalam pernikahan karena menyimbolkan kesetiaan dan kemapanan sehingga diharapkan dapat membawa harapan baik bagi kedua mempelai.

Seiring berjalannya waktu, roti buaya tidak hanya dapat ditemukan pada momen lamaran saja. Kini telah banyak toko oleh-oleh Jakarta yang menyediakan roti buaya dengan ukuran yang telah disesuaikan sehingga lebih mudah dibawa pulang. Varian rasanya pun kian beragam seperti original, cokelat, stroberi, hingga keju.

3. Kue Kembang Goyang

oleh oleh jakarta
info gambar

Kue kembang goyang merupakan camilan tradisional dengan cita rasa manis gurih dan memiliki tekstur renyah. Dinamakan kembang goyang karena bentuk dari camilan ini menyerupai bunga atau kembang yang sedang mekar dan proses pembuatannya menggunakan cetakan yang digoyang-goyang saat digoreng dalam minyak panas. Memiliki rasa yang khas dan harga yang relatif terjangkau, tak heran camilan yang satu ini begitu diminati dan kerap dijadikan buah tangan.

4. Bir Pletok

oleh-oleh jakarta
info gambar

Bir Pletok merupakan minuman khas Betawi yang sangat legend dari dulu sampai sekarang. Meskipun namanya Bir Pletok, tapi tenang saja, minuman ini halal karena sama sekali tidak mengandung alkohol dan dapat diminum oleh siapa saja.

Minuman ini terbuat dari rempah-rempah seperti jahe, serai dan daun pandan yang sangat baik untuk dikonsumsi terlebih jika Anda sedang flu atau masuk angin.

Bukan hanya dapat diminum langsung, Bir Pletok kini banyak dijual dalam kemasan botol kaca serta serbuk sehingga sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Baca juga: Bir Pletok, "Bir" Tradisional Halal Asal Indonesia

5. Biji Ketapang

oleh oleh jakarta
info gambar

Selanjutnya ada biji ketapang. Pastinya sebagian besar dari Anda sudah tidak asing lagi dengan camilan tradisional yang satu ini.

Dinamakan biji Ketapang, karena bentuknya mirip biji-bijian. Camilan ini termasuk ke dalam kue kering yang terbuat dari tepung terigu dan kelapa parut.

Memiliki rasa manis dan gurih, banyak yang memborong biji Ketapang sebagai oleh-oleh sebelum meninggalkan Jakarta.

6. Kue Geplak

geplak betawi
info gambar

Kue geplak adalah kue khas Jakarta yang dibuat dari beras pera dan kelapa parut. Kue yang didominasi dengan warna putih dan coklat merupakan salah satu kue hantaran dalam pernikahan suku Betawi.

Dinamakan kue geplak karena pada proses meratakan adonannya yaitu dengan cara ditepuk-tepuk atau dipukul-pukul.

Kue geplak merupakan kue yang cukup langka keberadaannya di Jakarta. Namun bagi Anda yang ingin membeli kue dengan tekstur lembut dan rasa manis ini bisa mendapatkannya di pusat kuliner Betawi seperti kawasan Setu Babakan.

7. Kue Rangi

kue rangi
info gambar

Kue Rangi atau yang kerap disebut dengan Sagu Rangi merupakan jajanan tradisional asli Betawi yang terbuat dari tepung sagu, kelapa parut dan garam yang dibuat dengan cara dipanggang.

Setelah matang kue rangi akan diberi topping gula aren cair yang membuat rasanya semakin nikmat. Teksturnya yang renyah dengan perpaduan rasa manis dan asin membuat kue Rangi menjadi jajanan favorit dan mudah ditemui di toko oleh-oleh.

8. Putu Mayang

oleh oleh jakarta
info gambar

Putu Mayang merupakan oleh-oleh Jakarta yang termasuk ke dalam jenis kue basah. Warnanya yang menarik dan rasanya yang kenyal membuat camilan ini sangat digemari.

Cara menyantapnya pun cukup unik yaitu dicelupkan ke dalam saus gula aren terlebih dahulu. Untuk menemukan Putu Mayang sangat mudah karena kue yang satu ini cukup populer hingga kini dan mudah ditemui di berbagai sudut Kota Jakarta.

9. Kue Akar Kelapa

kue akar kelapa
info gambar

Sesuai dengan namanya, oleh-oleh Jakarta yang satu ini memang berbentuk seperti akar kelapa. Kue yang memiliki cita rasa gurih dan tidak terlalu manis ini dibuat dari tepung beras, tepung ketan, telur, mentega, gula, dan bahan-bahan lainnya.

Kue ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena termasuk ke dalam jenis kue kering yang memiliki daya simpan yang cukup lama.

10. Kue Semprong

oleh oleh jakarta
info gambar

Kue khas Jakarta ini merupakan camilan yang populer di seluruh Indonesia. Kue Semprong memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga jika Anda sedang berkunjung ke Jakarta, wajib rasanya untuk memborongnya untuk oleh-oleh.

11. Kue Ape

oleh oleh jakarta
info gambar

Kue ape merupakan kue yang sering disebut sebagai serabi-nya Jakarta karena memang memiliki bentuk yang mirip serabi.

Kue Ape hingga kini sangat populer dan banyak dijajakan entah di pinggir jalan atau pun oleh pedagang keliling. Jadi, jika Anda ingin membeli kue ape sebagai oleh-oleh tak akan kesulitan dalam menemukan kue yang satu ini.

12. Pencok Betawi

pencok betawi
info gambar

Ingin membawa oleh-oleh dengan cita rasa gurih dan pedas? Jika demikian, Pencok Betawi cocok untuk Anda coba.

Pencok Betawi merupakan kudapan tradisional yang awalnya digunakan sebagai topping lontong sayur atau ketupat betawi namun kini dijajakan sebagai salah satu oleh-oleh Betawi yang populer.

Pencok Betawi terbuat dari kentang serut yang digoreng dan dicampur dengan bumbu-bumbu tradisional. Rasanya yang pedas dan gurih membuat kudapan yang satu ini sangat populer sebagai oleh-oleh khas Jakarta favorit.

13. Pepes Ikan Mas Tulang Lunak

oleh oleh jakarta

Jika Anda ingin membawa oleh-oleh yang bisa disantap sebagai lauk, pepes ikan mas tulang lunak merupakan pilihan yang tepat. Namun Anda harus memastikan jarak rumah Anda tidak terlalu jauh karena jenis kudapan yang satu ini tidak dapat bertahan lama.

Pepes ikan mas tulang lunak merupakan oleh-oleh khas Jakarta dengan rasa yang lezat karena dibuat dari ikan mas yang dibaluri dengan aneka bumbu rempah, kemudian dibungkus daun pisang, serta dikukus dalam panci. Supaya bumbu rempahnya meresap, ikan mas terlebih dahulu dilubangi tipis menggunakan pisau. Dimasak dalam waktu yang lama, membuat tulang ikan mas menjadi lunak dan cita rasanya menjadi lebih sempurna.

14. Telur Gabus Keju

oleh-oleh jakarta

Di sejumlah daerah lain, telur gabus sering juga dinamakan dengan bidaran atau bedaran. Ukuran makanan ini kecil, akan tetapi bagian tengahnya agak kembung serta runcing pada kedua ujung. Dulunya, telur gabus ini memang tanpa rasa, namun sekarang ada banyak sekali varian rasanya sehingga kian digemari.

15. Batik Betawi

oleh-oleh jakarta
info gambar

Tak hanya berkutat dengan ragam kuliner saja. Anda juga bisa memborong pernak pernik khas Batavia untuk dibawa pulang. Salah satunya apalagi jika bukan batik Betawi.

Batik yang identik dengan tema Jakarta kini juga dapat dengan mudah ditemukan di sentra batik dengan dalam berbagai variasi motif. Misalnya, batik bermotif ondel-ondel, motif tanjidor, dan motif pucuk rebung dengan warna menarik. Cocok bagi buah tangan untuk keluarga penggemar batik.

Baca juga: Kawan Harus Tahu! Inilah 3 Fakta Unik Ondel-Ondel

16. Miniatur Monas

oleh oleh jakarta

Monas atau monumen nasional adalah salah satu destinasi wisata populer di Jakarta. Anda dapat membawa miniatur Monas sebagai oleh-oleh yang pasti menandakan bahwa pernah mengunjungi tempat tersebut. Miniatur ini sangat cocok ditaruh baik itu di ruang tamu maupun kamar.

17. Kebaya Betawi

oleh oleh jakarta

Pakaian tradisional khas Betawi yaitu kebaya juga dapat menjadi buah tangan yang manis untuk keluarga. Kebaya Betawi memang lebih simpel dibandingkan daerah lain. Busana ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh karena memiliki nilai tradisi dan keindahan tersendiri. Baju kebaya ini cocok dipadupadankan dengan koleksi batik apa saja, mulai dari batik Pekalongan, batik Aceh, batik Banten,hingga batik Yogyakarta.

18. Baju Pangsi Betawi

oleh oleh jakarta

Jika kebaya Betawi bisa menjadi oleh-oleh khas Jakarta untuk keluarga yang perempuan, maka pangsi Betawi cocok sebagai buah tangan bagi anggota keluarga laki-laki. Pakaian ini sudah cukup melegenda dan ada sejak zaman dahulu. Model pakaian adat tersebut terdiri dari beberapa bagian. Di bagian atas, merupakan baju yang tidak dikancingkan dan bagian celana sewarna.

19. Mug Jakarta

oleh oleh jakarta

Oleh-oleh Jakarta lainnya yang bisa dibawa yaitu mug Jakarta yang punya corak dan motif kental dengan budaya Betawi. Mug serta piring tradisional ini mempunyai ciri khas motif warna hijau abstrak. Inilah yang menjadi daya pikatnya dan tidak heran kalau banyak wisatawan tertarik untuk membeli souvenir khas Jakarta ini.

20. Boneka Abang None

oleh oleh jakarta betawi

Oleh-oleh Jakarta yang terakhir dalam daftar ini adalah boneka Abang None. Ikon Jakarta berupa sepasang laki-laki dan perempuan muda yang mengenakan pakaian adat Betawi ini kini banyak dijual dalam bentuk boneka kecil yang mudah ditemukan di toko souvenir.

Warnanya yang cerah dan ukurannya yang kecil membuat siapa saja yang menerimanya pasti akan senang karena dapat dijadikan pajangan yang cantik untuk berbagai ruangan.

Itu dia 20 oleh-oleh Jakarta yang kami rekomendasikan untuk Anda. Berkunjung di suatu daerah memang tak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh khas daerah tersebut. Jadi, oleh-oleh khas Jakarta mana yang ingin Anda bawa pulang?

Baca juga: Bisa untuk Oleh-Oleh! 15 Jajanan Semarang yang Pantas untuk Buah Tangan

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
RP
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini