Wisata Candi Umbul, Situs Pemandian Keluarga Kerajaan Mataram Kuno

Wisata Candi Umbul, Situs Pemandian Keluarga Kerajaan Mataram Kuno
info gambar utama

Banyaknya kerajaan kuno yang memimpin Indonesia pada jaman dahulu meninggalkan benda-benda sejarah yang unik dan beragam. Salah satunya adalah kerajaan mataram kuno yang banyak meninggalkan benda sejarah seperti bangunan candi.

Namun, uniknya terdapat situs candi yang tidak menampakkan bangunan candi melainkan menyuguhkan sebuah kolam air hangat.

Berlokasi di Magelang, Candi Umbul merupakan salah satu bukti peninggalan Kerajaan Mataram Kuno yang sekarang digunakan sebagai tempat pemandian air hangat.

Situs ini merupakan situs bersejarah yang telah berumur ratusan tahun. Pemandian air hangat ini dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit karena adanya kandungan belerang. Dulunya tempat ini juga dijadikan sebagai tempat pemandian para bangsawan.

Tempat Pemandian Para Putri Raja

Candi Umbul adalah peninggalan Kerajaan Mataram Kuno sekitar abad 8 masehi yang lebih dulu dibangun sebelum Candi Borobudur.

Candi ini dulunya merupakan tempat para putri-putri raja dan keluarga kerajaan yang digunakan untuk mandi atau melakukan ritual keagamaan. Sebelum ditemukan, candi ini terpendam di dalam tanah di lahan persawahan warga setempat.

Tempat berdirinya candi ini sebelum ditemukan juga kerap kali menjadi tempat aliran dari sungai setempat saat air sedang naik atau hujan deras, hingga kemudian salah satu warga yang kebetulan sedang menggali ke dalam tanah untuk membuat kolam menemukan batuan yang mirip dengan struktur candi.

Batu-batu tersebut ditemukan dengan jumlah yang banyak dan membentuk struktur seperti kolam. Warga pun terus menggali, hingga terlihatlah sebuah kolam bekas tempat pemandian kuno.

Di tengahnya terdapat air panas memancar keluar dari mata air atau umbul. Di sekitar kolam itu juga ditemukan dua buah candi kecil berupa gerbang pada saat masuk.

Dipercaya dapat Menyembuhkan Penyakit

Pada area wisata candi umbul terdapat kolam air hangat yang digunakan sebagai tempat pemandian peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Air kolam tersebut mengandung belerang yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit kulit.

Suhu pada air tersebut juga dapat digunakan untuk terapi tulang punggung dan memperlancar peredaran darah. Testimoni sebagian pengunjung juga membuktikan bahwa mereka sering berkunjung untuk berendam di pemandian air hangat dan mendapatkan kesembuhan saat sedang gatal-gatal.

Saat ini terdapat dua kolam renang yang terbuat dari batuan andesit, sebagai lokasi pemandian para bangsawan saat itu, serta beberapa arca. Berendam setengah jam di dalam kolam ini dipercaya oleh sebagian warga dapat mengobati penyakit kulit seperti gatal, terapi rematik, darah tinggi, dan penyakit lain.

Seperti tempat wisata pada umumnya, Candi Umbul juga telah dilengkapi fasilitas-fasilitas seperti mushola, gazebo, kamar mandi, tempat parkir, dan kantin.

Selain itu, Candi Umbul terdapat spot foto yang menarik yang diberi istilah gardu pandang. Karena disitu pengunjung dapat berfoto sambil menikmati keindahan alam yang asri.

Lokasi dan Rute Menuju Candi Umbul

Candi Umbul berlokasi di Jalan Candi Umbul, Perkebunan, Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Untuk menuju candi umbul kamu akan menempuh jarak sejauh 19 km dengan estimasi waktu sekitar 30 menit melalui jalan utama Magelang-Semarang.

Kamu perlu melalui belokan kecil di kanan jalan yang mengarah ke Candi Umbul. Jika sudah memasuki belokan kecil tersebut kamu akan menempuh jarak sekitar 600 meter hingga tiba di area parkir candi.

Jika kamu berangkat dari Kecamatan Grabag dengan melewati Jl. Raya Grabag menuju Magelang, dengan jarak yang akan ditempuh sekitar 1,5 km saja. Lalu belok ke kanan menuju Jl. Candi Umbul, sekitar 3 km jauhnya menuju Curug Umbul.

Tiket Masuk dan Jam Operasional Candi Umbul

Untuk dapat menikmati fasilitas di candi umbul kamu perlu mengeluarkan Rp 5.000 saja. Dengan harga tersebut kamu sudah bisa menikmati pemandangan alam berupa lahan persawahan dan perkebunan warga.

Destinasi wisata Candi Umbul dibuka setiap hari mulai dari pukul 06.00 WIB - 17.30 WIB. Dan disarankan bagi kamu yang ingin menikmati suasana yang tenang untuk melepas penat dapat berkunjung pada hari kerja atau weekdays.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Phyar Saiputra lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Phyar Saiputra.

Terima kasih telah membaca sampai di sini