Relawan Semut Kumpulkan 7,1 Kg Sampah Tercecer di Car Free Day Jakarta

Relawan Semut Kumpulkan 7,1 Kg Sampah Tercecer di Car Free Day Jakarta
info gambar utama

Operasi Semut memulai debut Episode 1 pada 2023 ini dengan gerakan konsisten edukasi jaga bersih kota, melanjutkan aksinya di kawasan car free day (CFD) Bundaran HI Jakarta, Minggu (8/1/2023). Peserta Operasi Semut kali ini berasal dari Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Kota Bekasi dan Tangerang Selatan. Aksi dimulai pada pagi hari, tepatnya 06.00 WIB.

Pasukan Semut dalam setiap aksinya berbekal rompi, sarung tangan, trashbag dan signboard bertuliskan, "Jangan ninggalin sampah sembarangan, tinggalin aja jejak dan kenangan."

Signboard tersebut pun menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung maupun relawan yang hadir selama kegiatan ini berlangsung. Tidak sedikit dari pengunjung yang bertanya tentang Operasi Semut ID.

Pasukan Semut memulai kegiatan aksi dengan berkumpul di depan Pos Polisi Thamrin pada 07.00 WIB. Kegiatan Pasukan Semut diawali dengan apel pagi yang dipimpin oleh Abimanyu, Program Koordinator Operasi Semut.

Relawan Semut memberikan edukasi di Car Free Day Jakarta
info gambar

“Hari ini adalah kegiatan minggu pertama di awal 2023. Pasukan semut di Car Free Day Jakarta untuk kita memberikan edukasi kepada masyarakat atau pengunjung Car Free Day untuk menjaga kebersihan kawasan Car Free Day agar tidak membuang sampah sembarangan dan memungut sampah yang ada di depan kita maupun tercecer di jalan,” ucap Program Koordinator Operasi Semut, Abimanyu, kala memberikan arahan apel pagi Pasukan Semut (8/01/2023).

Bahkan, keluarga dari Raya, salah seorang murid Labschool Rawamangun Jakarta hadir untuk kedua kalinya bersama orang tuanya. “Sekadar ingin mengisi kegiatan pada hari minggu dengan kegiatan positif dan mengedukasi pada anak pentingnya menjaga lingkungan," ucap orang tua Raya.

Kegiatan seperti berolahraga pagi, turut menjaga lingkungan dan kawasan bersih termasuk bagian dalam kehidupan sehari–hari untuk Raya dan keluarga. Oleh karena itu, ia akan menyempatkan diri untuk terus berkegiatan positif setiap waktu.

Setelah Program Koordinator Operasi Semut memberikan apel pagi, operasi semut terdiri dari Pasukan Semut dan Warta Semut mulai dari berjalan dengan rute ke Selatan menyusuri Jl. MH Thamrin hingga Halte Tosari. Lalu, berjalan ke utara hingga Sarinah dan kembali titik semula pada 09.00 WIB untuk melakukan kegiatan memungut sampah.

Selain itu, memberikan edukasi dan mengajak pengunjung Car Free Day untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mengajak pengunjung untuk menjaga kawasan agar tetap bersih.

Sampah yang dipungut berupa sampah tercecer non organik terdiri dari sampah residu sedotan, tisu, kemasan, potongan plastik, dan sampah yang bisa didaur ulang, seperti kardus, kertas, botol dan puntung rokok. Hasil pungut sampah yang didapat lalu di bawa menuju titik kumpul semula, dipilah sesuai jenisnya dan ditimbang. Setelah semua selesai, kegiatan diakhiri.

Berikut adalah hasil pungut sampah Minggu 08/01/2023 yang dilakukan oleh Relawan Semut.

  • 4,825 kg residu
  • 2,005 kg daur ulang
  • 0,335 kg puntung rokok

Total keseluruhan penimbangan sampah terkumpul sebanyak 7,165 kg.

Nah Kawan, kebersihan lingkungan memiliki peranan yang sangat penting. Hal itu pun sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, keindahan, dan keasrian lingkungan nantinya.

Semua ini dapat kita raih dengan mulai menjalani perbuatan kecil dan sederhana, mulai dari menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita dan membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya di mana pun dan kapan pun kita berada.

Yuk, berani simpan sampahmu!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

NF
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini