Asyiknya Berwisata ke Pantai Nglimun Gunungkidul

Asyiknya Berwisata ke Pantai Nglimun Gunungkidul
info gambar utama

Akhir pekan merupakan waktu tepat untuk berlibur. Apakah Kawan GNFI sudah punya destinasi wisata liburan? Bila berkunjung atau sedang berada di Yogyakarta, cobalah menyambangi Pantai Nglimun Gunungkidul.

Tak kalah menarik dari pantai hits lain di Yogyakarta, Pantai Nglimun Gunungkidul menawarkan pemandangan semenanjung kecil dari atas bukit. Nama pantai ini memang jarang terdengar, tetapi keindahannya akan membuat Kawan terpesona dan ingin kembali berkunjung.

Penasaran dengan Pantai Nglimun Gunungkidul? Simak informasi berikut ini, ya!

Lokasi dan Rute Pantai Nglimun Gunungkidul

Pantai Nglimun Gunungkidul berlokasi di Desa Krambil Sawit, Kecamatan Sapto Sari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Letaknya berdekatan dengan Pantai Ngeden.

Kawan bebas mengunjunginya kapan pun karena buka setiap hari selama 24 jam. Harga tiketnya sebesar Rp10.000. Bila membawa kendaraan pribadi, Kawan akan dikenakan biaya parkir motor sebesar Rp3.000 dan mobil sebesar Rp5.000 dengan lokasi parkir berada di kawasan Pantai Ngeden.

Lebih disarankan berkunjung menggunakan kendaraan pribadi. Namun, boleh saja jika ingin menggunakan transportasi umum dari pusat kota, Kawan bisa berhenti di terminal bus kota Gunungkidul, kemudian disambung menggunakan ojek.

Rute perjalanan menuju Pantai Nglimun Gunungkidul dimulai dari pusat Kota Yogyakarta – Jalan Wonosari – Piyungan – Patuk (Bukit Bintang) – Radio GCD – Sambipitu – Gading (lapangan terbang) ada pertigaan ambil arah ke kanan – Tumpak – Pasar Playen – Playen – Paliyan – Panggang Wonosari – Jetis – Balai Desa Krambil Sawit – ambil arah ke Pantai Ngeden – jalan kaki ke arah barat melalui jalan setapak dan persawahan sekitar 20 menit – tiba di Pantai Nglimun.

Panorama Pantai Nglimun Gunungkidul

Pantai Nglimun Gunungkidul | Foto: taaaqim/Instagram
info gambar

Berkunjung ke Pantai Nglimun Gunungkidul, Kawan akan disuguhkan panorama lautan luas nan indah dari atas bukit. Keindahan tersebut ditambah semenanjung pantai terbentuk dari batuan karang yang menjorok ke laut.

Ciri khas Pantai Nglimun Gunungkidul adalah pantai landai yang didominasi batu karang. Tak banyak pasir pantai di tempat ini. Ketika ombak surut, Kawan bisa melihat dasar laut dipenuhi batu karang dan ganggang laut.

Hamparan laut biru turut memberikan keelokan pantai ini. Kumpulan batu karang yang mendominasi dasar tebing akan terlihat menakjubkan saat terhempas ombak.

Dari beberapa batu karang, Kawan akan menemukan keunikan batu karang berbentuk hati di sebelah barat bawah tebing. Namun, Kawan tidak bisa menjangkaunya karena dibatasi lautan dengan ombak cukup besar.

Batu karang bentuk hati tersebut dinamakan Batu Cinta Pantai Ngeden karena kawasan Pantai Nglimun Gunungkidul masih berada di kawasan Pantai Ngeden. Ukuran Pantai Nglimun Gunungkidul memang tak begitu besar. Namun, keindahannya mampu membuat siapa pun terpukau.

Pantai ini cenderung masih sepi karena banyak orang belum mengetahuinya. Jadi, cocok bagi Kawan yang ingin mencari ketenangan di pantai.

Fasilitas di Pantai Nglimun Gunungkidul

Meski tak selengkap pantai lain, Pantai Nglimun Gunungkidul sudah ditunjang fasilitas memadai, antara lain:

  • Area parkir
  • Warung makan
  • Gazebo
  • Spot foto
  • Kamar mandi
  • Area berkemah
  • Spot memancing

Kegiatan di Pantai Nglimun Gunungkidul

Para pengunjung biasanya lebih menikmati pemandangan di atas bukit dibandingkan di area pantai yang landai. Pengelola sudah menyediakan gazebo menghadap hamparan laut. Jangan lupa berfoto untuk mengabadikan kenangan di pantai ini. Banyak spot foto estetik yang bisa Kawan potret.

Pantai Nglimun Gunungkidul juga menjadi favorit para pemancing karena banyak ikan laut berukuran besar. Ada spot memancing yang bisa Kawan coba.

Area bukit juga cocok sebagai tempat berkemah bersama teman atau keluarga. Buat pengalaman liburan yang tidak terlupakan, ya!

Nah, itulah informasi mengenai Pantai Nglimun Gunungkidul. Masih banyak pantai tersembunyi lain di Yogyakarta yang harus Kawan jelajahi. Tertarik untuk berkunjung?

Referensi: IDN Times | Ihategreenjello.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
GI
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini