Danau Sentarum, Primadona Wisata di Tengah Hamparan Tanah Borneo

Danau Sentarum, Primadona Wisata di Tengah Hamparan Tanah Borneo
info gambar utama

Danau Sentarum punya keindahan yang luar biasa. Tak heran apabila danau satu ini ramai dikunjungi setiap momen liburan tiba.

Indonesia punya sederet danau yang keindahannya begitu menarik bagi pengunjung untuk datang. Di Sumatera misalnya, ada Danau Toba dan Danau Maninjau. Kemudian di Jawa, ada Danau Ranu Kumbolo yang terletak di dalam Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Kalimantan juga punya danau indah yang jadi primadona wisata masyarakat, yakni Danau Sentarum. Danau ini terletak di area Taman Nasional Danau Sentarum, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

Sebagaimana dicatat GNFI sebelumnya, Danau Sentarum sebagian besarnya terdiri dari hutan hujan dan lahan rawa gambut besar. Dengan luas sekitar 132.000 hektar, Danau Sentarum akan menampilkan keunikannya saat musim hujan tiba, yakni danau ini akan tampak seperti hutan yang sedang terendam air.

Danau Sentarum adalah salah satu danau purba yang diyakini terbentuk dari zaman es atau periode Pleistosen. Di dalam airnya yang berwarna hitam kemerahan,, hidup 266 spesies ikan di mana 78 persen di antaranya adalah endemik. Beberapa ikan yang hidup di sana di antaranya gabus, toman, lais, dan belida. Demikian seperti juga pernah dicatat GNFI.

Pulau Buru: Dulu Hutan Belantara, Kini Menjadi Surga

Primadona Wisata

Danau Sentarum akan terlihat begitu ramai saat musim liburan tiba. Terakhir, pemandangan tersebut tampak saat periode libur Tahun Baru Imlek 2023. Libur Imlek yang jatuh pada akhir pekan pada 21 hingga 23 Januari 2023 semakin mengundang pengunjung untuk datang.

"Pulau Sepandan di Danau Sentarum , salah satu destinasi wisata alam favorit selam libur Imlek tahun ini," kata Kepala Resort Sepandan Bali Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum Kapuas Hulu Rahman Nababan seperti dilansir Antara.

Tak heran apabila Danau Sentarum jadi tujuan wisata primadona masyarakat. Selain pemandangannya indah, pengelola juga menyediakan aneka fasilitas yang membuat wisatawan semakin nyaman.

"Selain panorama yang eksotis, kami turut menyediakan fasilitas outbond dan jalur tracking untuk wisatawan dalam menikmati nuansa alam di Pulau Sepandan," lanjut Rahman Nababan.

Aktivitas favorit yang biasa dilakukan wisatawan adalah naik ke puncak bukit di sekitar danau lalu menikmati pemandangan dari ketinggian. Tak jarang pula wisatawan mengabadikan pemandangan di sana lewat foto-foto.

"Tentu itu menjadi daya tarik wisatawan begitu indahnya pemandangan di Danau Sentarum yang menjadi objek wisata kebanggaan masyarakat Kapuas Hulu," kata Rahman Nababan lagi.

Mereka Anak-Anak Muda Bogor yang Tak Lelah Menjaga Alam





Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

AR
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini