5 Fakta Menarik Mural, Ada Pelukis dari Indonesia yang Mendunia!

5 Fakta Menarik Mural, Ada Pelukis dari Indonesia yang Mendunia!
info gambar utama

Jika kita melihat lukisan yang ada di dinding kafe-kafe atau tempat umum lainnya, biasanya orang akan lebih mengenal karya tersebut dengan sebutan graffiti. Namun, tidak banyak yang mengetahui bahwa bisa jadi, gambar tersebut termasuk dalam kategori seni lukisan mural.

Wait, mural itu apa, sih? Melansir dari laman Imural, kata tersebut sebetulnya berasal dari bahasa latin, yaitu kata “Murus” yang berarti dinding. Secara luas, pengertian mural adalah menggambar atau melukis di atas media dinding, tembok, atau media luas lainnya yang bersifat permanen. Jadi, kita bisa menyebut mural sebagai lukisan dinding juga, guys!

Agar Kawan bisa memahami lebih dalam tentang lukisan yang satu ini, yuk, cek dulu 5 fakta menarik tentang mural! Selain akan menambah wawasan tentang dunia seni gambar, siapa tahu, bisa menggugah semangat Kawan GNFI untuk melahirkan karya tersebut juga. Check this out!

1. Menggunakan sari buah sebagai tinta

Lucas Kapla/Unsplash
info gambar

Tahukah kamu, bahwa mural ternyata sudah ada sejak dahulu kala? Tepatnya pada 31.500 tahun yang lalu alias di zaman prasejarah, lukisan ini sudah lahir di sebuah daerah di bagian selatan negara Perancis.

Kala itu, lukisan pertama mural adalah gambar sebuah gua Lascaux yang merupakan tempat bebatuan di Lembah Dordogne. Nah, karena pada masa itu belum dikenal yang namanya tinta, pelukis mural memanfaatkan sari buah-buahan sebagai cat airnya. Wow, kreatif banget, nih!

2. Lukisan mural paling terkenal

Salah satu mural paling terkenal dunia| Jules Verne Times Two/Wikimedia Commons
info gambar

Kawan GNFI pasti sudah sering mendengar tentang pelukis tersohor, Pablo Picasso, kan? Ternyata, seniman dengan aliran kubisme dan surealisme tersebut juga memiliki lukisan dinding yang sangat terkenal, lo!

Bernama Guernica y Luno, gambar dari cat minyak ini dibuat dengan tujuan memperingati peristiwa pengeboman oleh Jerman di sebuah kota kecil di Spanyol. Disebutkan juga bahwa mural itu menjadi karya lukis anti-war paling kuat dalam sejarah.

3. Mural vs Graffiti ternyata berbeda

Marty O Neill/Unsplash
info gambar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, banyak orang yang sering salah mengartikan mural sebagai graffiti. Faktanya, meski keduanya sama-sama menggunakan media permanen seperti dinding, tetapi pada graffiti lebih menekankan pada kata atau simbol tertentu dengan memanfaatkan komposisi warna, bentuk, corak, hingga garis. Itulah mengapa, biasanya street art tersebut bisa kita baca, selain tentunya dinikmati keindahannya.

Berbeda dengan mural, yang konsepnya adalah lukisan dinding tanpa batasan tertentu. Jadi, kamu bisa berkreasi seluas mungkin selama media gambar yang digunakan adalah tempat permanen.

Baca juga: Lomba Karya Mural Digital Bank Indonesia-ASEAN Berhadiah Puluhan Juta Rupiah!

4. Pelukis mural dari Indonesia yang mendunia

Sinta Tantra (pelukis mural) sedang melakukan sebuah wawancara | Blinkythreeten/Wikimedia Commons
info gambar

Ada banyak sekali seniman lukisan dinding di negara kita. Bahkan, karya-karya mereka sudah mendunia, lo! Kak Sinta Tantra adalah salah satunya. Situs Sampai Jauh menuliskan bahwa wanita asal Bali tersebut sudah melahirkan berbagai karya luar biasa dan dipajang di ruang publik sejumlah negara, seperti Inggris, Perancis, dan Amerika Serikat.

Bahkan, sebuah jembatan di atas Sungai Thames, London, dan Bristol Royal Children’s Hospital adalah beberapa goresan dari tangannya yang cerdas!

Lain halnya dengan Kak Naufal Abshar, seniman Indonesia lainnya yang bahkan sudah pernah mengadakan pameran tunggal di sebuah galeri di Singapura. Lukisan-lukisan lainnya juga sudah dibeli para kolektor seni asal negara-negara lain, hingga ke Afrika Selatan. Wow!

5. George Town, Malaysia, kota kecil kaya mural

Salah satu sudut kota George Town, Penang, Malaysia | Ian/Unsplash
info gambar

Jika suatu saat kamu sedang berlibur di negara tetangga, Malaysia, sempatkanlah untuk mampir di kota George Town. Di sana, kamu akan dengan mudah menjumpai berbagai mural nan indah di banyak spot.

Perjalanan mengubah daerah tersebut menjadi “Kota Mural” dimulai sejak tahun 2012, di mana seniman kelahiran Lithuania bernama Zacharevic dan Julia Volchkova dari Rusia membuat sebuah proyek seni jalanan yang diselenggarakan bersama dengan Festival George Town 2012. Mereka membuat kota ini menjadi galeri seni terbuka bagi para turis yang sedang berlibur di sana.

Selain Malaysia, sebetulnya masih banyak lagi beberapa destinasi wisata yang kaya akan kesenian muralnya, seperti Yangon (Myanmar), Rotterdam (Belanda), São Paulo (Brazil), dan Melbourne Australia. Tertarik mengunjungi ke sana?

So, itulah tadi 5 fakta unik tentang karya seni lukisan dinding alias mural. Bagaimana menurut kamu, adakah hal menarik yang bisa kamu temukan dari tulisan di atas?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Siti Nur Arifa lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Siti Nur Arifa.

Terima kasih telah membaca sampai di sini