Latih Kepemimpinan Perempuan Melalui Komunitas Women's Space, Kawan Mau Bergabung?

Latih Kepemimpinan Perempuan Melalui Komunitas Women's Space, Kawan Mau Bergabung?
info gambar utama

Apakah Kawan ingin mengikuti komunitas khusus perempuan yang bergerak di bidang kepemimpinan atau leadership? Dilansir dari pressrelease.kontan.co.id, ParagonCorp meluncurkan komunitas untuk melatih kepemimpinan perempuan. Untuk teman-teman yang belum tahu soal ParagonCorp, mereka adalah grup perusahaan asal Indonesia yang fokus dalam memproduksi skincare halal.

Komunitas tersebut bernama Women's Space. Women's Space hadir sebagai wadah bagi perempuan dalam mengembangkan dirinya di bidang kepemimpinan, pengetahuan, dan skill yang relevan serta bermanfaat bagi pembangunan nasional.

“Women’s Space hadir sebagai ruang berkembang bagi para perempuan untuk memaksimalkan kapasitas yang dimilikinya untuk memberikan kebermanfaatan. Program ini lahir sebagai wujud komitmen ParagonCorp untuk menguatkan pilar CSR pemberdayaan perempuan. Ekosistem kami sangat dekat dengan perempuan," ucap founder ParagonCorp, Ibu Nurhayati Subakat, yang dilansir dari kontan.co.id.

Peluncuran komunitas tersebut dilaksanakan pada 28 Januari 2023. Selama peluncurannya, Owner & VP Research and Development ParagonCorp, Sari Chairunnisa, mengatakan bahwa banyak komunitas perempuan yang bergerak di bidang spesifik, seperti wirausaha, kecantikan, lingkungan, dan pendidikan.

Women's Space
info gambar

Dengan begitu, ia ingin Women's Space dapat memberikan wadah bagi perempuan untuk mengembangkan berbagai bakat dan kemampuannya. Hal inilah yang membuat komunitas tersebut begitu spesial.

"Kalau di sini topiknya tidak terlalu spesifik. Kita semua bisa bergabung, apapun concern dan profesinya," ujar Sari.

Di sisi lain, inisiasi pendirian Women's Space juga didasarkan atas jumlah karyawan ParagonCorp yang mayoritas perempuan. Menurut Sari, jumlah karyawan di ParagonCorp sekitar 88%. Mereka berasal dari perempuan muda dan ibu rumah tangga. Selain itu, produk kosmetik dari ParagonCorp mayoritas ditunjukkan untuk perempuan.

Dengan begitu, ParagonCorp ingin membangun lingkungan kerja secara kekeluargaan dan memberikan kenyamanan bagi perempuan. Dalam komunitas tersebut, perempuan saling mengembangkan diri sekaligus mendukung satu sama lain. Hal inilah yang mendorong Women's Space untuk menjadi ruang terindah bagi perempuan.

Dalam kesempatan yang sama, Executive Director Indorelawan, Marsya Nurmaranti, mengapresiasi usaha ParagonCorp dalam membangun komunitas untuk perempuan. Menurutnya, Indorelawan juga memiliki anggota yang mayoritas perempuan sebesar 60%.

"Melalui komunitas ini, pasti nanti menemukan value-nya sehingga memiliki kepercayaan diri," jelas Marsya.

Sekedar informasi, acara launching berlangsung di Ganara Art Space, Ashta District 8, DKI Jakarta. Acara ini dihadiri oleh berbagai penggiat perempuan, seperti Nur Asia Uno (Tokoh Penggiat Pemberdayaan Perempuan dan Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI), dr. Sari Chairunnisa, Sp.KK (Owner & VP Research and Development ParagonCorp), Analisa Widyaningrum (Psikolog & Womanpreneur), Tita Djumaryo (Collaborator & Founder Ganara Art), serta Marsya Nurmaranti (Executive Director Indorelawan).

Launching tersebut diiringi dengan roadshow yang bertajuk "Leaderful Journey" di Jakarta. Bagi Kawan yang berminat, Women's Space akan menghadirkan beberapa program pengembangan diri, seperti wirausaha, karir, kepemimpinan, parenting, digital content, serta Women's Space Movement (Gerakan kebaikan yang berkolaborasi dengan komunitas dan individu perempuan dalam lingkup Women's Space).

Woman's Space bermitra dengan Ganara Art sehingga terdapat kelas seni. Nur Asia Uno mendukung adanya komunitas Woman's Space karena dapat menciptakan lingkungan kreatif bagi perempuan.

“Women’s Space ini bagus banget ya dimana acara ini digabungkan dengan art. Buat saya, Women’s Space ini merupakan suatu inovasi yang bagus sekali untuk bisa membawa para perempuan di masa depan dan sekarang untuk bisa memberikan inovasi dan semua ide-ide kreatifnya. Sukses kepada Wardah dan ParagonCorp. Mudah-mudahan nanti akan ada lagi Women’s Space di tempat-tempat yang lain supaya semua bisa menikmati,” ujar Nur Asia Uno yang dilansir dari pressrelease.kontan.co.id.

Sari Chairunnisa juga menambahkan bahwa setiap perempuan bisa menjadi pemimpin dan pilar bangsa.

“Sejatinya setiap perempuan bisa menjadi pemimpin yang dimulai dengan memimpin dirinya sendiri. Di Women’s Space semua perempuan dari beragam latar belakang bisa berkumpul dalam suatu ruang untuk memberikan kebermanfaatan. Mudah-mudahan Women’s Space dapat menjadi safe space bagi leaderful woman untuk saling support," tambah dr. Sari Chairunnisa, Sp.KK.

Sebagai informasi, event tersebut masih berjalan hingga sekarang (4/2-25/2) dengan mengadakan roadshow ke 4 kota besar lainnya seperti, Yogyakarta, Palembang, Makassar, dan Surabaya. Rencananya, acara ini dilaksanakan mulai 4 Februari-25 Februari 2023. Siapapun yang masih berusia produktif, antara 24-40 tahun bisa ikutan juga, lo!

Referensi: pressrelease.kontan.co.id| antaranews.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini