Kebun Teh Sirah Kencong: Taman Persembahan Keindahan Alam Blitar

Kebun Teh Sirah Kencong: Taman Persembahan Keindahan Alam Blitar
info gambar utama

Beberapa dari kita mungkin hanya tahu 'segelintir' wisata yang ada di Malang. Namun, sekitar 80 km ke arah barat dari kota Malang, terdapat kota Blitar yang memiliki beragam tempat wisata yang tak kalah indah. Salah satunya adalah Perkebunan Teh Sirah Kencong, Blitar.

Perkebunan Teh Sirah kencong merupakan perkebunan teh milik PTPN XII. Kebun teh ini terletak di desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Harga tiket masuknya juga terjangkau, yaitu 20 ribu rupiah saja. Hal itu membuat Kebun Teh Sirah Kencong dapat dijadikan pertimbangan utnuk tempat liburan di akhir pekan. Tentunya, wisata ini cocok untuk kawan GNFI yang senang berwisata di alam terbuka.

Tak hanya menyajikan hamparan kebun teh yang luas, ada beberapa hal yang dapat disorot dari wisata alam ini, antara lain,

Tempat Wisata Alam yang Dekat dengan Kota

Apabila teman GNFI memiliki sedikit waktu, tetapi tetap ingin mengunjungi tempat wisata Perkebunan Teh Sirah Kencong, dari pusat kota Malang, kamu dapat menggunakan kereta api lokal dari stasiun Malang Kota Lama atau stasiun Malang Kota Baru menuju Stasiun Wlingi.

Tak perlu khawatir dengan biaya tiket yang mahal, kawan hanya membutuhkan kurang dari 30 ribu rupiah saja untuk membeli tiket pulang dan pergi sekaligus. Selain harga tiketnya yang murah, selama perjalanan antara Malang hingga ke Blitar, kawan akan disuguhi berbagai pemandangan pegunungan yang ciamik serta waduk yang indah.

Akses Jalan Menuju Tempat Wisata yang Mudah

Akses jalan menuju Perkebunan Teh Sirah Kencong saat ini sudah sangat baik dan mudah untuk diakses bagi kendaraan kecil seperti mobil dan motor. Selain itu, di jalan menuju destinasi ini, kawan akan disuguhi oleh banyak sekali panorama yang luar biasa.

Udaranya yang segar dan ramah polusi dapat memberikan sensasi melegakan saat menuju tempat wisata alam ini. Pemandangannya yang menarik mungkin akan membuat beberapa pengunjung ingin berhenti sejenak untuk menikmatinya.

Terdapat hamparan lembah padi hijau yang menyegarkan dan peternakan sapi perah yang sangat besar dan luas. Kawasan hutan jati di sana sangat rimbun, disertai hutan pinus yang menyejukkan. Nah, Perkebunan Teh Sirah Kencong sendiri terletak di puncaknya.

Wisata Kuliner di Perkebunan Teh Sirah Kencong

Nasi Pecel Blitar dan Segelas Teh
info gambar

Jika kawan lapar di tempat wisata, tidak perlu khawatir, karena banyak tersedia tempat makan yang harganya terjangkau. Salah satunya di antaranya adalah warung nasi pecel blitar yang sangat lezat di kawasan ini.

Letaknya memang tersembunyi, tetapi tidak kalah indah dari kafe-kafe di kota yang sering kamu temui. Kawan bisa menikmati nasi pecel khas Blitar tersebut sambil menikmati keindahan alam dari ketinggian 1046 MDPL.

Berbeda dengan nasi pecel dari Surabaya, nasi pecel khas Blitar memiliki rasa yang manis dan gurih, serta kacang yang digiling lebih halus. Ditemani dengan teh hangat hasil olahan pabrik setempat, aroma khas dan kehangatannya dapat mengurangi rasa dingin. Selain warung nasi pecel, ada pula kafe yang dikelola oleh PTPN. Mereka menjual banyak minuman hangat dan makanan serta menjual produk-produk hasil olahan Perkebunan Teh Sirah Kencong.

Tempat Foto Menarik di Atas Kebun Teh

Destinasi wisata alam ini telah menyediakan banyak tempat foto yang menarik serta indah, salah satunya adalah tempat foto gitar raksasa yang terletak di atas gunung. Titik lokasi tersebut bahkan dapat membuat pengunjung melihat seluruh area Perkebunan Teh Sirah Kencong yang sangat luas. Selain tempat foto gitar raksasa, Kawan juga akan menemukan hal menarik lainnya, yakni Candi Hindu Sirah Kencong yang ada di area ini.

Wisata Air Terjun yang Menyejukkan

Air Terjun Sirah Kencong
info gambar

Selain tempat foto yang estetik, Kawan juga dapat mendaki ke atas untuk menikmati wisata alam air terjun Sirah Kencong. Untuk masuk ke dalam wilayah ini, kamu hanya perlu membayar 5 ribu rupiah saja.

Jika lelah untuk mendaki, ada opsi tukang ojek yang sigap untuk mengantar kawan ke wisata air terjun. Lokasi ini masih sangat alami. Selama berada di area pendakian menuju air terjun, pengunjung akan disuguhi dengan indahnya vegetasi tumbuhan yang beragam dan menyejukkan. Kawan juga akan mendengarkan suara-suara hewan yang berasal dari habitat aslinya.

Area pemandian yang bersumber dari mata air tersebut memberikan pengalaman berkesan tersendiri, apalagi kita juga bisa berenang bersama ikan mas koi di air yang jernih.

Kebun Teh Sirah Kencong menyuguhkan banyak hal yang menarik. Tak heran jika wisata alam ini banyak dikunjungi oleh masyarakat daerah maupun luar daerah Blitar. Kamu tertarik mencoba?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

AP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini