Butuh Waktu Menyendiri? Ini 7 Kegiatan Me Time yang Bisa Kawan Lakukan

Butuh Waktu Menyendiri? Ini 7 Kegiatan Me Time yang Bisa Kawan Lakukan
info gambar utama

Kawan pasti pernah, kan, merasa stres dan lelah setelah mengerjakan tugas atau pekerjaan? Mungkin inilah saatnya Kawan harus melakukan kegiatan me time!

Perlu diketahui, me time bukan hanya tentang menghabiskan waktu sendiri. Me time harus memberikan dampak positif bagi tubuh agar tingkat stres berkurang.

Layaknya baterai, tubuh kita perlu dicas ulang agar daya kembali penuh. Proses pengisian daya itu bisa dengan memusatkan perhatian terhadap suatu kegiatan yang hanya melibatkan diri sendiri.

Kira-kira kegiatan apa saja, ya, yang bisa dilakukan ketika me time? Simak informasi berikut ini, yuk!

Belum Pernah Ikut Kegiatan Volunteer? Mungkin Kisah Ini Bisa Jadi Referensi!

1. Jalan Kaki di Sekitar Rumah

Jalan Kaki di Sekitar Rumah | Foto: Tiana/Pexels
info gambar

Selain menyehatkan, jalan kaki terbukti bagus untuk kesehatan mental, terutama stres dan kecemasan. Tidak usah jauh-jauh, Kawan bisa berjalan kaki di sekitar rumah.

Jalan kaki di sekitar rumah juga banyak manfaatnya, lho. Mungkin kita bisa menemukan tempat baru yang mulanya kita tidak tahu. Bisa jadi kita bertemu tetangga baru yang belum sempat bertegur sapa karena sibuk bekerja.

Berjalan kaki selama 15 menit setiap hari juga meningkatkan suasana hati dan membuat tidur lebih nyenyak.

2. Menonton Film

Menonton Film | Foto: Andrea Piacquadio/Pexels
info gambar

Buat me time yang menyenangkan dengan menonton film!

Tak ada salahnya pergi ke bioskop sendirian dan menikmati waktu. Kalau mau lebih private, Kawan juga bisa menonton film di rumah melalui aplikasi streaming online. Sesuaikan dengan kebutuhan Kawan, ya!

3. Olahraga Ringan

Olahraga | Foto: Pixabay/Pexels
info gambar

Berolahraga memang sedikit melelahkan, tetapi ampuh untuk membuat suasana hati menjadi lebih baik. Tidak perlu latihan berat, olahraga ringan pun sudah cukup, seperti jogging, skiping, atau yoga.

Melalui olahraga, tubuh kita akan memproduksi hormon endorfin yang menghilangkan rasa sakit secara alami. Selain lebih rileks, tubuh dan pikiran Kawan pun akan lebih sehat.

4 Aplikasi agar Kegiatan Belajar Makin Produktif

4. Menulis Jurnal

Menulis Jurnal | Foto: Pixabay/Pexels
info gambar

Tulis perasaan hati dan situasi saat ini ketika me time, yuk! Menulis jurnal bermanfaat untuk menciptakan kesadaran diri terhadap apa yang sudah Kawan lalui.

Kawan bisa menuliskan segala perasaan dan ungkapan hati tanpa merasa dihakimi. Setelah menulis, coba baca kembali.

Menulis jurnal merupakan kegiatan me time yang ampuh untuk berterima kasih kepada diri sendiri. Kegiatan me time jadi lebih bermanfaat, kan?

5. Tidur

Tidur | Foto: Ivan Oboleninov/Pexels
info gambar

Kurang tidur selama bekerja? Kalau begitu, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu me time Kawan untuk tidur.

Fungsi tidur bukan hanya istirahat, tetapi juga memperbaiki suasana hati dan mengurangi kecemasan. Saat kita tidur, otak akan membersihkan racun yang terbentuk selama berpikir dan beraktivitas.

Namun, jangan tidur kelamaan, ya! Tidur terlalu lama bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

6. Bersih-bersih Rumah

Bersih-bersih Rumah | Foto: Karolina Grabowska/Pexels
info gambar

Me time dengan membersihkan rumah? Bisa! Proses membersihkan rumah bisa sangat menyenangkan, lho.

Melansir dari Kemkes, sebuah studi dari jurnal Personality and Social Psychology Bulletin mengungkapkan wanita yang rumahnya bersih dan tidak berantakan ternyata punya hormon kortisol pembentuk stres, yang lebih rendah.

Telanjur jadi Mahasiswa Kupu-Kupu? Yuk, Lakukan Kegiatan Ini Agar Lebih Produktif!

7. Mandi

Mandi | Foto: RODNAE Productions/Pexels
info gambar

Manfaat mandi tak hanya membersihkan diri dari kotoran, tetapi juga membersihkan pikiran dan mengisi daya tubuh. Cocok untuk me time!

Mandi merangsang produksi hormon rasa nyaman, yakni endorfin. Sebuah studi pun mengatakan mandi berfungsi sebagai antidepresan.

Nah, itu dia kegiatan me time yang bisa Kawan lakukan. Jaga kesehatan mental kita untuk menjalani hidup yang lebih baik dan produktif. Jadi, Kawan mau coba kegiatan me time yang mana?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

F
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini