4 Aplikasi agar Kegiatan Belajar Makin Produktif

4 Aplikasi agar Kegiatan Belajar Makin Produktif
info gambar utama

#FutureSkillsGNFI

Hai, Goodmates! Gimana nih kabarnya? Semoga baik-baik aja ya. Pernah gak sih Goodmates merasa malas? Jadi, ingin rebahan mulu. Setiap mau belajar, pasti ada saja hal yang membuatmu terdistract.

Ada notifikasi Instagram follback dari mantan langsung buka handphone atau Ibu memintamu ke warung untuk beli gula. Habis itu, seluruh fokus dan motivasi buat belajar pun buyar seketika.

Maka dari itu, aku mau kasih tahu= 4 aplikasi yang bisa bikin belajar semakin produktif. Let’s go!

  1. Sejuta Cita

|Foto: play.google.com

Pertama, ada aplikasi berbasis mobile bernama Sejuta Cita. Tahukah Goodmates? Aplikasi keren ini buatan tangan anak bangsa. lho. Di sini Goodmates akan menemukan berbagai jenis event, baik gratis ataupun berbayar, mulai dari webinar, kompetisi, ataupun informasi seputar beasiswa. Selain itu, tersedia tersedia pula banyak buku yang bisa Goodmates baca secara gratis. Nah, jika ingin membaca lebih lanjut, Goodmates bisa aktifkan fitur premiumnya.

  1. TED

|Foto: play.google.com

Posisi kedua ada TED (Technology, Entertainment, and Design). Goodmates akan disuguhkan dengan banyak video yang diisi oleh banyak narasumber terbaik yang menginspirasi.Topik pembahasannya pun juga beragam, mulai dari technology, business, hingga self growth.

Di aplikasi ini pula, Goodmates bisa mendengarkan podcast atau rekaman diskusi berbentuk audio yang membahas suatu topik tertentu yang bisa Goodmates dengarkan kapan pun. Paling penting, Goodmates tidak perlu membayar biaya di aplikas ini.

Selain melalui aplikasi di smartphone, Goodmates boleh juga mengunjungi TED di website miliknya, yaitu https://ed.ted.com/ atau kanal YouTube dengan nama TED. Di samping video dan audio, Goodmates bisa sekaligus belajar listening bahasa Inggris. Ibarat kata pepatah, 'sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui' Goodmates bisa meraup banyak ilmu baru di sini.

  1. Ipusnas

|Foto: play.google.com

Buat Goodmates yang masih takut berpergian keluar akibat pandemi, tetapi rasa hati ingin pergi ke perpustakaan, ini dia solusinya! Perpustakaan Nasional Republik Indonesia kini resmi meluncurkan aplikasi perpustakaan digital. Tak disangka, aplikasi ini bahkan sudah ada sejak 16 Agustus 2016, lho.

Ipusnas ini solusi terbaik bagi persoalan literasi yang ada di Indonesia. Apalagi, masa pandemi seperti sekarang membuat kebutuhan akan literasi semakin meningkat. Bukankah pemerintah mengimbau masyarakat untuk tetap berdiam di rumah saja? Maka dari itu, sudah saatnya Goodmates mengisi waktu dengan membaca koleksi buku dari perpusnas hanya melalui handphone.

Ipusnas menyediakan ribuan buku yang bisa Goodmates pinjam dan baca kapan saja. Goodmates bisa meminjam buku dengan maksimal 5 buku sehari dengan batas waktu peminjaman selama 3 hari.

  1. Math Tricks Workouts

|Foto: play.google.com

Workout? Matematika? Oh tidak! Tenang, ini bukan lomba olimpiade atau soal matematika kala UTBK tiba kok. Aplikasi ini cuma kasih Goodmates trik cara menyelesaikan perhitungan matematika dengan cepat. Jadi, nggak ada lagi deh anggapan kalau matematika itu sulit.

Ada pertambahan, perkalian, pengurangan, persenan, hingga kuadrat yang bisa Goodmates pilih untuk latihan. Menariknya, aplikasi ini tidak membutuhkan sinyal internet dan tidak membutuhkan biaya.

Nah, itu adalah keempat aplikasi untuk membantu Goodmates untuk lebih produktif lagi. Belajar itu mudah Goodmates, tetapi yang susah itu adalah niatnya. Maka dari itu, habis membaca ini, segera buka handphone, laptop, atau bukumu untuk belajar.

Ingat, masa depan itu ada di tanganmu. Kalau sekarang saja sudah malas mempelajari hal baru atau mengembangkan diri, maka impian akan 'masa depan indah' itu hanya ada dalam mimpi.

 

Referensi:Ipusnas | Indotecno Web

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini