Jalan-jalan di Kampung Wisata Batik Kauman, Solo

Jalan-jalan di Kampung Wisata Batik Kauman, Solo
info gambar utama

Kampung Wisata Batik Kauman merupakan salah satu sentra batik sekaligus kawasan rekreasi dan edukasi yang wajib Kawan GNFI kunjungi di kota Solo. Gerbang utama Kampung Wisata Batik Kauman terletak di lokasi yang strategis di tengah kota, tepatnya di Jl. Wijaya Kusuma, Kauman, Kec. Pasar Kliwon, Surakarta.

Kampung Wisata Batik Kauman dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun moda transportasi umum seperti BST (Batik Solo Trans). Untuk menuju ke Kampung Wisata Batik Kauman, Kawan GNFI dapat memilih bus koridor 1 atau 2.

Berjalan menyusuri Kauman tidak ubahnya seperti berjalan menyusuri lorong waktu. Sebagai perkampungan batik tertua di Solo, perkampungan ini banyak menyimpan cerita historis. Kauman berasal dari kata kaum yang mengacu kepada para kaum atau abdi dalem pamethakan yang bertugas membantu raja untuk mengurusi bidang agama.

Pesona Wisata Air Terjun Kakek Bodo yang Eksotis
Sumber foto pribadi
info gambar

Para kaum tersebut lalu diberikan tempat tinggal di sekitar Masjid Agung oleh keraton, yang pada hari ini dikenal dengan Kampung Kauman. Penduduk Kauman sendiri sudah mengenal tradisi membatik semenjak tradisi tersebut mulai eksis di era Pakubuwono III. Kauman kemudian dijadikan Kampung Wisata Batik pada tahun 2006.

Sebagai kampung wisata, banyak hal dan tempat-tempat menarik yang ditawarkan di Kauman yang tentunya sudah dilengkapi fasilitas umum bagi para pengunjungnya, seperti lokasi parkir, toilet, langgar dan mushola, wastafel, dan ruang ganti kostum untuk Kawan GNFI yang akan melakukan sesi pemptretan di area Kampung Wisata Batik Kauman.

Untuk jalan-jalan atau blusukan di Kauman, saya cenderung merekomendasikan kawan GNFI untuk berjalan kaki saja. Selain karena kawasan Kauman yang merupakan himpunan gang-gang kecil, berjalan kaki juga mampu membuat kita lebih menikmati suasana Kauman dengan mengamati segala detailnya.

Sembari menikmati nuansa klasik dan estetik di Kauman, ada banyak hal seru dan menarik yang dapat Kawan GNFI coba dan temukan, lho! Kira-kira apa saja, ya?

Menikmati Kelezatan Kopi Toraja dari Selimut Kabut di Negeri di Atas Awan

Berburu Batik dan Belajar Membatik

Hal pertama yang dapat dilakukan di Kampung Wisata Batik Kauman tentunya adalah berburu batik. Beragam jenis dan corak batik dengan rentang harga yang bervariasi dapat Kawan GNFI temukan di sini mengingat setidaknya terdapat lebih dari 30 industri batik rumah tangga di kampung ini. Selain membeli batik, Kawan GNFI juga dapat melihat bagaimana proses membatik dan belajar membatik di beberapa showroom yang menyediakan workshop membatik.

image source from: https://solo.tribunnews.com/2016/06/20/kampung-wisata-batik-kauman-ini-berada-di-lokasi-strategis-di-solo
info gambar

Hunting Foto

Kauman dan seisinya merupakan objek foto yang menawan. Khusus untuk Kawan GNFI yang gemar berburu foto, jangan lupa untuk mengunjungi kawasan yang satu ini, ya! Karena warna-warni setiap sudut kawasan Kauman yang indah dengan latar bangunan-bangunan klasik nan antik dengan arsitektur Jawa-Belanda, joglo, dan limasan tentunya membuat siapa pun yang melihatnya tertarik untuk mengambil gambar. Lorong-lorong dan gang-gang kecil juga tidak menariknya lo, kawan GNFI!

Geguduh, Pisang Goreng Khas Lampung
Sumber foto pribadi
info gambar

Kulineran

Setelah lelah jalan-jalan keliling Kauman, tentunya tubuh perlu asupan tenaga. Untuk perkara yang satu ini, Kawan GNFI tidak perlu khawatir, karena banyak tempat kulineran bertebaran di Kauman yang bisa dikunjungi, mulai dari café dan coffee shop kekinian hingga rumah makan yang menyajikan menu-menu tertentu.

Untuk café dan coffe shop, kawan-kawan GNFI dapat mencoba mengunjungi Huna Coffee, Kooken Café&Resto, Pelipur Kopi, WESJA Indonesia, dan Ndalem Kartowikoro 1835 Coffee&Eatery yang terletak di sepanjang Jl. Wijayakusuma, tidak jauh dari gapura utama.

Kawan GNFI juga dapat mengunjungi spot kuliner rumahan lainnya yang ada di sudut-sudut Kampung Batik Kauman, beberapa rekomendasi di antaranya adalah: WM. Gudeg nDelik, Gudeg Mosok, Warung Bakmi “Kauman”, Sate Ayam Pak Dul, Es Teler dan Soto Ayam Kampung Haji Bakri, Es Cakra Dung-dung, Es Buah Bunuh Diri, WM. Mbak Masnah, dan Tengkleng Klewer Ibu Edi.

Sumber foto pribadi
info gambar

Itulah rekomendasi kegiatan yang dapat Kawan GNFI coba ketika jalan-jalan mengunjungi Kampung Wisata Batik Kauman. Menarik, bukan? Jadi, jangan lupa untuk menambahkan Kampung Wisata Batik Kauman ke dalam daftar tempat yang harus dikunjungi oleh Kawan GNFI, ya!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini