Museum Mini Sisa Hartaku di Yogyakarta

Museum Mini Sisa Hartaku di Yogyakarta
info gambar utama

Kawan GNFI pasti sudah tak asing dengan Kota Yogyakarta, kan? Yogyakarta adalah kota dengan seribu wisata. Banyak sekali jenis wisata yang ada di sana, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, dan masih banyak lagi.

Kali ini, kita akan membahas mengenai wisata alam di Yogyakarta nih, Kawan GNFI! Kamu pasti tahu dong, gunung yang terkenal di daerah Yogyakarta? Tentu saja Gunung Merapi! Namun, ternyata ada sebuah fakta menarik dari Gunung Merapi, loh. Gunung Merapi terletak di dua provinsi, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Daerah di dekat Gunung Merapi terasa sangat sejuk dan indah. Terdapat banyak sekali wisata di dekat Gunung Merapi.

12 Jenis Mamalia di Gunung Merapi Perlu Perlindungan

Untuk berkeliling di dekat Gunung Merapi, kita dapat menyewa mobil jeep. Dengan mobil jeep ini, kita dapat berkeliling menyusuri jalanan di lereng Gunung Merapi dan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah di sana, seperti Rumah Mbah Maridjan, Museum Sisa Hartaku, dan Bunker Kaliadem.

Di Rumah Mbah Maridjan kita dapat berkeliling di sekitar rumah seorang tokoh masyarakat yang pernah menjadi juru kunci Gunung Merapi. Museum Sisa Hartaku berisi peninggalan-peninggalan sisa erupsi Gunung Merapi. Ketika berada di Museum Sisa Hartaku, kita dapat ikut merasakan suasana mencekam terjadinya erupsi Merapi saat itu.

Sedangkan Bunker Kaliadem merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk berlindung ketika ada erupsi sebelumnya dan yang membuat ikonik adalah adanya batu besar di dalam Bunker Kaliadem. Kawan GNFI akan mendapat pengalaman baru dan berharga dari kegiatan mengelilingi Gunung Merapi ini.

Daerah di dekat Gunung Merapi, terutama Kaliurang juga merupakan tempat wisata yang disukai oleh masyarakat. Kaliurang merupakan tempat wisata yang di dalamnya terdapat air terjun, taman bermain, dan kuliner sate kelinci yang terkenal.

Erupsi Gunung Merapi dan Kisah Sang Juru Kunci Mbah Maridjan

Selain itu, terdapat juga penyewaan skuter yang digemari oleh para anak muda. Dengan harga yang terjangkau, Kawan GNFI dapat berkeliling di sekitar Kaliurang dengan mengendarai skuter bersama kawan-kawan. Kawan GNFI dapat menikmati pemandangan yang indah dengan menaiki skuter, terdengar asyik, ya! Kawan GNFI harus mencoba kegiatan seru ini. Di sekitar Kaliurang juga terdapat banyak café yang menyuguhkan pemandangan indah.

Tidak hanya itu, kurang lengkap rasanya jika tidak pergi ke museum di dekat Gunung Merapi, yaitu Museum Ullen Sentalu. Di sana, terdapat berbagai koleksi narasi dan juga koleksi tetap yang sangat beragam dan bersejarah. Kawan GNFI akan didampingi oleh tour guide ketika memasuki Ullen Sentalu yang akan menceritakan koleksi yang ada di sana.

Setelah mengunjungi Museum Ullen Sentalu, Kawan GNFI tidak akan menyesal karena tidak hanya mendapat pengetahuan baru, tetapi juga pengalaman yang menarik. Terdapat sebuah restoran di dalam Museum Ullen Sentalu, yaitu Beukenhof yang bertema klasik. Restoran ini juga menjadi incaran para wisatawan yang datang ke Museum Ullen Sentalu.

Ternyata banyak sekali tempat wisata yang dapat dikunjungi di daerah Gunung Merapi, ya! Mulai dari menyewa jeep bersama keluarga ataupun teman yang akan memberikan sebuah pengalaman tidak terlupakan dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah di sana.

Museum Gunungapi Merapi di Sleman, Daya Tarik Wisata tentang Gunung dan Gempa

Wisata Kalirang yang sejuk dan memanjakan mata. Dan juga wisata bersejarah dengan mengunjungi Museum Ullen Sentalu. Itu hanya beberapa dari sekian banyak tempat wisata di Yogyakarta. Masih banyak tempat wisata lain yang ada di Yogyakarta. Yogyakarta menunggu Kawan GNFI untuk datang dan berkunjung ke tempat wisata yang ada!

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

FR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini