Yuk, Intip 5 Universitas Favorit Mahasiswa Indonesia di Benua Amerika

Yuk, Intip 5 Universitas Favorit Mahasiswa Indonesia di Benua Amerika
info gambar utama

Indonesia memiliki sejarah panjang dalam mengirimkan mahasiswa ke universitas yang ada di benua Amerika untuk melanjutkan studi. Menurut data dari Institute of International Education (IIE), terdapat sebanyak 10.360 mahasiswa Indonesia yang belajar di benua Amerika dan sebagian besar dari mereka mengejar gelar sarjana maupun pascasarjana pada tahun 2020.

Berangkat dari data lapangan tersebut, sejak beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia telah mengupayakan kerjasama dengan universitas yang ada di benua Amerika untuk memberikan kesempatan belajar yang lebih baik bagi mahasiswa Indonesia. Ini termasuk program beasiswa, seperti program Fulbright, program LPDP, dan program beasiswa lainnya dari berbagai universitas yang ada di benua Amerika.

Universitas di benua Amerika menjadi salah satu pilihan populer untuk mengejar pendidikan yang lebih tinggi dan mengembangkan karir di masa depan. Namun, sebelum memilih universitas mana yang akan dijadikan tempat untuk melanjutkan studi, penting untuk Kawan GNFI mengetahui seberapa besar jumlah alumni dari universitas tersebut dan ada baiknya mengetahui profil alumni yang telah berhasil.

Berdasarkan data yang sudah dikumpulkan oleh tim Indo Gakusei, berikut ini adalah 5 universitas favorit yang ada di benua Amerika dimana memiliki banyak alumni Indonesia dengan notable alumni Indonesia yang inspiratif:

1. University of California, Berkeley (UCB)

University of California adalah salah satu universitas favorit bagi mahasiswa Indonesia terlihat dari jumlah alumni sebanyak 1.268 orang dari Indonesia. Salah satu alumni suksesnya dari Indonesia adalah Farandy Ramadhana yang merupakan CTO & co-founder Segari, situs belanja online bahan segar berkualitas.

2. Harvard University

Harvard University adalah universitas terkemuka di benua Amerika yang terkenal karena inovasi teknologi dan bisnis. Universitas Harvard merupakan favorit kedua dengan memiliki alumni dari Indonesia sebanyak 688 orang. Notable alumni Indonesianya adalah Nadiem Makarim yang saat ini sukses sebagai CEO Gojek, yang merupakan sebuah perusahaan teknologi yang melayani angkutan melalui jasa ojek.

3. Stanford University

Stanford University adalah universitas terbaik dunia yang mencapai turing Awards dan nobel paling banyak. Stanford University memiliki alumni dari Indonesia sebanyak 477 orang. Adamas Belva Syah Devara yang merupakan co-founder Ruangguru adalah salah satu alumni yang sukses dari kampus ini.

4. University of California, Los Angeles (UCLA)

UCLA adalah universitas terbaik di benua Amerika dalam ilmu teknik dan teknologi. Universitas ini menjadi favorit yang ketiga dengan memiliki 467 alumni yang berasal dari Indonesia. Notable alumninya adalah Haryanto Tanjo co-founder dan CEO dari startup finansial teknologi, Moka.

5. Columbia University

Columbia University adalah salah satu universitas Ivy League terkemuka di Amerika yang menjadi favorit kelima dengan memiliki alumni dari Indonesia sebanyak 445 orang. Salah satu alumni Indonesianya adalah Jhon Rasjid, yang merupakan co-founder Sociolla, yang kini mejadi website destinasi utama untuk mencari produk kecantikan terpercaya.

Data di atas dikumpulkan dari data 100 universitas QS World University Rankings 2023. Sementara, data jumlah alumni Indonesia dari tahun 1900-2023 di ambil dari channelsocial media LinkedIn Official akun universitas. Notable alumni diambil dari LinkedIn, detik.com dan Instagram komunitas alumni Association Indonesia setiap universitas.

Untuk Kawan GNFI yang ingin mengejar impian, kuliah di Amerika dapat memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman internasional yang berharga dan memperluas jaringan profesional di masa depan. Dengan banyaknya kesempatan magang dan pengembangan karir yang tersedia, Kawan GNFI dapat mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin masa depan di bidang yang Kawan GNFI minati.

Jangan ragu untuk mencari informasi lebih lanjut tentang program-program studi dan universitas di benua Amerika dan siapkan diri untuk mengejar impian Kawan GNFI dengan tekad serta kerja keras.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini